fbpx
BerandaMakanan SehatHati-hati, Minum Soda Berlebihan Bisa Sebabkan Masalah Ini!

Banyak orang yang menggemari minuman soda. Tetapi, tidak sedikit pula yang sudah menyadari betapa bahayanya minum soda bagi kesehatan. Meski sudah banyak produk yang mencantumkan klaim rendah kalori, tetap saja minuman bersoda mengandung pemanis buatan. Misalnya saja aspartam, sukralosa, hingga asesulfam-k. Konsumsi soda berlebihan tentu berdampak negatif bagi tubuh Anda.

Hati-Hati, Minum Soda Berlebihan Bisa Sebabkan Masalah Ini!

Apa yang terjadi pada tubuh Anda setelah minum soda?

Minuman soda disukai oleh sejumlah kelompok masyarakat karena rasanya yang manis. Padahal, banyak studi yang sudah menunjukkan bahaya minum minuman ini. Soda mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, seperti obesitas, yang kemudian berujung pada penyakit kronis yang lebih parah. Kalau penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan ginjal merupakan dampak jangka panjang dari minum soda, apa sih efek kebanyakan minum soda secara langsung bagi tubuh?

30 menit pertama, gula darah mulai meningkat

Biasanya, satu kaleng minuman bersoda mengandung setidaknya 10 – 15 sendok teh gula. Artinya, Anda sudah menambahkan 160 – 240 kalori. Jumlah gula tersebut seharusnya menjadi kebutuhan gula dalam satu hari. Bahkan, sebetulnya sedikit melebihi kebutuhan harian. Pada 10 menit pertama, kamu mungkin akan merasa mual setelah minum soda.

Kadar gula yang terkandung dalam soda tentu akan mempengaruhi kadar gula dalam darah Anda. Dua puluh menit setelah Anda mengonsumsi minuman bersoda, gula darah Anda meningkat sangat cepat. Selanjutnya, tubuh akan memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang lebih banyak guna merespons peningkatan gula darah ini. Hal ini juga terjadi jika Anda meminum minuman manis lainnya.

Gula darah yang berlebihan ini dapat menumpuk dan menyebabkan insulin tidak bisa mengolahnya. Kondisi ini disebut resistensi hormon insulin, yang dapat berujung pada penyakit diabetes melitus tipe 2. Kadar gula yang terlalu banyak dalam tubuh juga akan diubah oleh insulin menjadi cadangan lemak. Tidak heran kalau berat badan Anda naik drastis dalam dalam beberapa hari.

10 menit berikutnya, tekanan darah ikut naik

Selain gula, soda juga mengandung kafein. Zat ini akan sepenuhnya diserap oleh tubuh dalam waktu 40 menit setelah Anda meminumnya. Efek negatif yang ditimbulkan kafein dalam soda ini adalah pupil mata yang membesar serta tekanan darah yang meningkat. Akibatnya, tubuh menjadi terasa lelah.

Efek minum soda untuk wanita juga berdampak buruk bagi siklus menstruasi. Minum soda saat haid akan memperburuk gejala tidak nyaman dari menstruasi. Konsumsi kafein tinggi dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan risiko kanker payudara. Bukan cuma itu, gejala serta frekuensi PMS juga bisa semakin parah sebagai akibat dari banyak minum soda lho, Jovians.

5 menit selanjutnya, Anda jadi kecanduan

Tubuh juga melepaskan hormon dopamin yang bertanggung jawab dalam menciptakan rasa senang dan kecanduan. Dampak ini menyerupai reaksi yang dihasilkan tubuh ketika Anda mengonsumsi heroin. Rasa senang efek kebanyakan minum soda ini akan membuat Anda ingin terus mengonsuminya.

15 menit kemudian, penyerapan nutrisi bisa terganggu

Tubuh membutuhkan mineral kalsium, magnesium, dan zinc untuk menunjang proses metabolisme zat gizi. Kadar mineral-mineral ini akan berkurang saat Anda minum soda. Kenapa begitu? Karena senyawa asam fosfor yang terdapat pada soda akan mengikat ketiga mineral tersebut, 1 jam setelah Anda meminumnya.

Akibatnya, pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda makan jadi terganggu. Jika hal ini terus berlanjut, Anda bisa saja mengalami defisiensi nutrisi tertentu.

Selain itu, gula pada soda pun dapat menghambat penyerapan air oleh ginjal. Alhasil, Anda akan sering buang air kecil setelah mengonsumsi minuman bersoda. Ketiga mineral di atas juga ikut terbuang melalui urin Anda.

Efek negatif soda yang dikonsumsi dalam jangka panjang

Sejumlah penelitian yang dilakukan para ahli menghubungkan konsumsi soda dengan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah penyakit jantung. Disamping itu, efek kebanyakan minum soda yang lain meliputi:

  • Karies gigi
  • Obesitas
  • Defisiensi vitamin
  • Serangan jantung
  • Penurunan kemampuan indera pengecap

Minum soda tentu bukanlah gaya hidup yang sehat. Kandungan gula, kafein, dan asam di dalamnya bisa menyebabkan beragam penyakit dan masalah kesehatan yang serius. Kalau Anda menginginkan minuman manis, cobalah buat jus buah segar atau minum susu. Keduanya jauh lebih bernutrisi dibandingkan dengan soda.

Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, konsumsilah suplemen daya tahan tubuh seperti IMBOOST FORCE COUGH 10 TABLET (Rp 122.600) agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-self-talk

Manfaat Positive Self Talk bagi Kesehatan Mental

Gaya Hidup Sehat   22/07/2022
cabin-fever-adalah

Mengenal Cabin Fever dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Sehat   18/07/2022
perbedaan-stres-dan-depresi

Stres dan Depresi, Apa Perbedaanya?

Uncategorized   13/07/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022