fbpx

Hidung Tersumbat? Berikut 9 Solusinya!

by | Oct 23, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Pada saat hidung tersumbat maka akan menyulitkan diri seseorang untuk bernafas. Selain menimbulkan hidung tersumbat ketika flu melanda juga membuat suara menjadi bindeng. Bahkan sampai ingus terus-menerus keluar dari lubang hidung. Perlu untuk diingat bahwa keberadaan dari ingus yang ada di dalam hidung memang bukan satu-satunya penyebab terjadinya hidung tersumbat. Peradangan pada pembuluh darah yang ada di sinus terkadang juga menjadi penyebab dari hidung tersumbat. Pada biasanya hal ini akan dialami oleh diri seseorang yang mengalami alergi, flu, infeksi sinus atau sedang pilek. Menjaga kelembaban pada saluran sinus dan hidung perlu dilakukan pada saat hidung mengalami tersumbat. Yuk, simak cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

 

Beragam Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat memang membuat diri seseorang merasa kurang nyaman. Terlebih lagi saat malam hari menjelang tidur. Sebab itulah saat Anda mendapati hidung mampet maka harus segera mengatasinya dengan cara yang tepat. Ada beberapa cara paling efektif yang bisa dilakukan supaya hidung yang mampet dapat segera teratasi. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung mampet:

 

1. Mengonsumsi Banyak Cairan

Cairan yang Anda konsumsi dalam jumlah yang banyak ternyata mampu membantu untuk mengencerkan lendir. Sehingga dapat melakukan pencegahan pada sinus yang tersumbat. Kehadiran dari cairan yang Anda konsumsi ternyata tidak hanya ampuh mengatasi hidung tersumbat saja. Akan tetapi juga dapat menjaga supaya tenggorokan tetap dalam kondisi yang lembab.

 

2. Menghirup Uap Hangat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menghirup uap hangat yang bisa Anda ambil dari air panci, kemudian masak sampai mendidih. Untuk uapnya bisa Anda hirup secara perlahan-lahan. Namun perlu diingat dengan baik saat proses ini dilakukan Anda harus menjaga antara panci dan wajah supaya bagian wajah tidak mengalami luka bakar atau melepuh.

 

3. Sering-sering Buang Ingus

Supaya hidung tersumbat dapat segera berakhir maka Anda harus lebih rajin membuang ingus yang ada di dalam hidung. Sebaiknya saat membuang ingus dilakukan secara perlahan karena apabila terlalu keras hal ini justru akan membawa kuman kembali masuk ke bagian telinga. Cara yang paling tepat ketika membuang ingus yaitu dengan menutup aliran udara menggunakan jari pada satu lubang hidung. 

 

4. Cuci Hidung dengan Air Garam

Mencuci hidung menggunakan air garam ternyata juga metode alami yang sangat ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Air garam dapat menghindari hidung tersumbat ternyata juga dapat menghilangkan bakteri maupun virus yang ada di dalam hidung. Untuk proses ini memang sangatlah sederhana namun setidaknya sangat ampuh membuat hidung yang tersumbat dapat teratasi dengan baik.

 

5. Mengonsumsi Minuman Panas

Saat hidung tersumbat Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang dingin. Akan tetapi minuman yang direkomendasikan yaitu minuman panas. Hal ini dikarenakan untuk minuman panas secara tidak langsung dapat meredakan hidung yang sedang tersumbat. Selain itu juga dapat mencegah dehidrasi dan menenangkan selaput yang sedang meradang.

 

6. Meninggikan Posisi Kepala

Pada saat Anda ingin tidur dengan posisi hidung yang tersumbat maka bisa menggunakan jumlah bantal yang lebih banyak supaya posisi tidur menjadi lebih nyenyak dan Anda pun juga terhindarkan dari ketidaknyamanan akibat hidung yang tersumbat.

 

7. Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat secara tidak langsung dapat mengatasi hidung yang tersumbat Karena untuk air hangat tersebut dapat digunakan untuk meminimalisir hidung yang tersumbat. Uap dari air hangat tersebut dapat menipiskan lendir yang terdapat di dalam hidung. Sebab itulah Anda selalu disarankan untuk mandi menggunakan air hangat supaya pernafasan menjadi lega dan terhindar dari hidung mampet.

 

8. Menggunakan Humidifier

Menggunakan pelembab udara atau humidifier dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Jenis mesin ini memang paling umum digunakan untuk mengubah air supaya menjadi uap dan hal ini dapat melembabkan ruangan. Bagi diri Anda yang menghirup udara lembab ini maka dapat menenangkan iritasi yang terjadi pada pembuluh darah atau jaringan yang mengalami pembengkakan. Sehingga untuk jumlah lendir yang terdapat di dalam hidung dapat dikurangi tentunya pernafasan Anda kembali normal dan lebih lega.

 

9. Meminum Obat

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk benar-benar menghilangkan hidung tersumbat yaitu dengan mengkonsumsi obat. Ada banyak sekali jenis obat yang bisa Anda konsumsi dan ditemukan di apotek. Apabila Anda belum mengetahui apa saja jenis obat yang perlu dikonsumsi Anda dapat menanyakannya kepada petugas apotek.

Kondisi hidung mampet memang sangat menyebalkan, terlebih lagi ketika malam hari menjelang tidur dapat mengganggu kenyamanan. Hal ini pun juga seringkali membuat diri seseorang tidak dapat tidur dengan pulas. Oleh karena itu beberapa cara yang ada di atas bisa Anda praktekkan ketika mendapati hidung mampet.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Brands