fbpx

Ingin Konsumsi Suplemen? Inilah 7 yang Layak Dipertimbangkan

by | Aug 3, 2020 | Vitamin | 0 comments

Kini, konsumsi suplemen menjadi cara populer dan relatif mudah untuk mengobati penyakit atau sekadar menjaga kesehatan dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyaknya produk suplemen di pasaran mungkin membuat Anda bingung, apa yang layak dikonsumsi.

Untuk memudahkan Anda memilih suplemen, di bawah ini adalah daftar vitamin dan mineral yang bisa dikonsumsi untuk memelihara kesehatan tubuh. Meski begitu, tetap konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum Anda mengonsumsi suplemen.

 

Daftar suplemen yang layak dikonsumsi

Pada dasarnya, suplemen dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami defisiensi nutrisi. Tetapi, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen sebagai pelengkap asupan dari makanan. Daftar berikut ini bisa dijadikan panduan untuk memilih multivitamin

 

1. Kalsium

Mineral ini penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Makin besar kepadatan tulang yang terbentuk sejak dini, maka makin rendah risiko mereka untuk mengalami gangguan tulang, seperti osteoporosis, di masa tua nanti.

Di pasaran, tersedia berbagai jenis bentuk suplemen kalsium, salah satunya adalah calcium pantothenate berupa garam kalsium yang sekaligus mengandung asam pantotenat atau vitamin B5. Suplemen ini dipercaya dapat meredakan gejala osteoarthritis.

 

2. Vitamin C

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel dari kerusakannya. Bahkan vitamin C juga terbukti mampu memperbaiki antioksidan lain di dalam tubuh, termasuk alpha-tocopherol (vitamin E).

Kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi scurvy yang ditandai dengan gejala berupa mudah lelah, anemia, gusi berdarah, dan luka yang sulit sembuh.

Konsumsi suplemen secara oral atau suntik diutamakan untuk mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin C, termasuk skorbut atau scurvy

 

3. Vitamin B kompleks

Semua vitamin B penting untuk proses metabolisme, pembentukan energi, dan menjaga kesehatan jantung serta sistem saraf. Meski begitu, masing-masing vitamin B mempunyai manfaat yang lebih unggul dibandingkan satu sama lain.

Dalam bentuk suplemen, vitamin B1 mampu menjaga kesehatan otak, rambut, kulit, dan otot. Sedangkan vitamin B3 dapat memelihara kesehatan sel-sel darah, otak, sistem saraf, dan kulit. Sementara vitamin B6 berperan penting dalam mengatur nafsu makan, suasana hati, dan aktivitas tidur.

Vitamin B12 bisa membantu melindungi sel saraf, produksi sel darah merah, serta menunjang tumbuh kembang. Suplemen vitamin B2 dikatakan bisa mengatasi anemia, meredakan migrain, menurunkan kadar asam amino (homocysteine) yang terlalu tinggi di dalam darah, dan mencegah katarak.

 

4. Vitamin D

Vitamin D memainkan peran penting di dalam tubuh, termasuk pembentukan tulang dan pemeliharaan strukturnya, fungsi kognitif, kesehatan dan fungsi sendi, serta sistem imun, pengaturan kadar gula darah hingga suasana hati.

Kebutuhan vitamin D yang terpenuhi juga disebut-sebut bisa membantu mencegah terjadinya osteoporosis, penyakit jantung, bahkan kanker. Jika kadarnya di dalam tubuh berkurang, risiko kematian akibat penyakit makin tinggi.

Konsumsi suplemen vitamin D bermanfaat untuk:

  • Hipofosfatemia atau kelainan tulang akibat rendahnya fosfat dalam darah.
  • Sindrom fanconi yang bisa mengarah kepada kerusakan tulang serta ginjal.
  • Hipoparatiroid, yaitu kadar mineral dalam darah yang rendah akibat kadar hormon paratiroid yang juga rendah.
  • Osteomalasia atau kondisi tulang yang lunak dan mudah patah.
  • Osteodistrofi, yakni kelainan tulang pada penderita penyakit ginjal.
  • Rakitis yang merupakan kelainan pertumbuhan tulang.
  • Defisiensi vitamin D.

 

5. Vitamin E

Fungsi utama vitamin E adalah memelihara kesehatan dan fungsi mata, organ reproduksi, otak, kulit, serta darah. Disamping itu, vitamin E juga memiliki zat antioksidan yang mampu merusak rantai radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakannya.

Paparan radikal bebas yang berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan kanker. Konsumsi suplemen vitamin E yang mengandung antioksidan diyakini dapat melindungi tubuh dari penyakit tersebut. Hal yang perlu diingat bahwa suplemen vitamin ini hanya pelengkap dan bukan pengganti asupan makanan sepenuhnya.

Konsumsi suplemen secara oral atau suntik diutamakan untuk mencegah dan mengatasi defisiensi vitamin ini, juga AVED—gangguan gerakan tubuh akibat kekurangan vitamin E berat.

 

6. Zinc

Zinc dibutuhkan tubuh untuk menunjang kerja dan fungsi sistem imun, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Disamping itu, mineral ini juga membantu memecah karbohidrat, protein, serta lemak menjadi energi. 

 

7. Asam folat

Kebutuhan vitamin B9 pada ibu hamil dan menyusui harus terpenuhi. Maka dari itu, konsumsi suplemen asam folat wajib hukumnya bagi kelompok ini. Asam folat berguna untuk mencegah risiko kecacatan pada janin, seperti spina bifida dan anencephaly, serta mencegah preeklampsia pada ibu hamil.

 

Semua vitamin dan mineral ini bisa dikonsumsi masing-masing. Anda juga bisa memilih produk suplemen yang sudah mengandung ke-7 vitamin ini. Vitazet menjadi salah satu suplemen yang direkomendasikan jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari beberapa vitamin sekaligus. Anda dapat menemukan dan membeli Vitazet di Jovee Official Store.

Konsumsi multivitamin bukan tanpa risiko dan bisa menyebabkan keracunan dalam pemakaian dosis tinggi. Sebaiknya minta saran dari dokter jika Anda ingin memberikan tambahan suplemen. 

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. 

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

 

  1. Cleveland Clinic. 2014. Do You Really Need to Take Vitamin D Supplements?
  2. Gabrielle K. 2020. According to Nutritionists, These Are the 7 Ingredients Your Multivitamin Should Have.
  3. Kathleen M. Z. 2010. The Benefits of Vitamin C.
  4. Mayo Clinic. 2017. Vitamin C.
  5. Mayo Clinic. 2017. Vitamin E.
  6. Melinda R. 2020. Vitamin C.
  7. Melinda R. 2020. Vitamin D.
  8. Melinda R. 2020. Vitamin E.
  9. National Institute of Health Office of Dietary Supplements. 2018. Vitamin B12.
  10. NIH. 2020. Vitamin C.
  11. NIH. 2020. Vitamin E.
  12. NHS Choices UK. 2107. Health A-Z. Vitamin E.

Tersedia di Jovee shop

Vitamin D for Daylight by JOVEE

Focus Basic - Huperizine & Magnesium untuk meningkatkan fokus

Bone’s Friend – Vitamin D3 & Kalsium menjaga kepadatan tulang

Bone’s Friend - Vitamin D3 & Kalsium menjaga kepadatan tulang

Every Day Vit Plus – Multivitamin & Omega 3 untuk daya tahan tubuh

Every Day Vit Plus - Multivitamin & Omega 3 untuk daya tahan tubuh

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional