fbpx

Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Mencuci Tangan!

by | Oct 15, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Tahukah Anda, kedua tangan kita memainkan peranan penting dalam penularan penyakit. Ya, berbagai patogen penyebab penyakit menular bisa menyebar melalui orang satu ke orang lainnya hanya melalui tangan. Penyakit tersebut termasuk infeksi virus Salmonella yang mengakibatkan gangguan pencernaan ataupun influenza penyebab flu. Nah, infeksi yang menyerang saluran pencernaan dan pernapasan bisa berakibat fatal, terutama pada anak-anak, lansia, maupun orang-orang dengan sistem imun lemah. Cuci tangan adalah cara paling mudah dan efektif untuk mencegah sejumlah penyakit ini.

 

Mengapa kita harus mencuci tangan?

Ada banyak orang yang berpikir bahwa mencuci tangan sesering mungkin akan membuang waktu mereka. Padahal, sejumlah virus dan bakteri dapat hidup di permukaan benda dalam waktu yang lama. Inilah sebabnya cuci tangan menjadi penting dilakukan, apalagi di masa pandemi Covid.

Meski tangan Anda bersih, Anda masih punya kemungkinan untuk tertular penyakit. Virus, bakteri, dan parasit adalah organisme mikroskopik yang tidak kasat mata. Maksudnya adalah, Anda tidak bisa melihat mikroorganisme ini dengan mata telanjang. 

Diperlukan alat tersendiri untuk memastikannya. Meski demikian, bukan berarti mereka tidak ada, lho. Anda tidak akan pernah tahu ada berapa banyak kuman penyakit yang ada di kamar mandi, serta siapa saja yang sedang sakit di sekeliling Anda.

Malahan mikroorganisme ini tersebar di mana-mana. Termasuk dalam benda-benda terdekat Anda, yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi. Baik handphone, laptop, meja, sepatu, ataupun tas.

Bakteri bisa juga menempel karena berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Entah itu akibat Anda tidak menutup hidung dan mulut ketika batuk maupun bersin. Patogen pun bisa menyebar setelah Anda melakukan kontak fisik dengan hewan. 

Seperti yang juga dijelaskan oleh dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Salah satu cara penularan yang sering adalah ketika seseorang yang sakit batuk atau bersin. Tetesan kecil atau droplet kuman mendarat di tempat-tempat seperti gagang pintu, telepon, handle grip, tombol lift, dan lain-lain,”

Ia kemudian melanjutkan, “Atau orang yang sakit batuk atau bersin ke tangan mereka dan kemudian menyentuh benda-benda itu. Kemudian kita datang menyentuh benda yang sama dan selanjutnya, tanpa disadari, kita mungkin menyentuh hidung dan mulut,”

Jadi, kuman penyakit bisa saja menyebar di dalam rumah kalau Anda dan anggota keluarga lainnya tidak terbiasa mencuci tangan. 

Proses berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Kalau kuman sudah masuk ke dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun alias kekebalan tubuh.

Untuk itulah, selalu cuci tangan Anda setelah beraktivitas, karena kuman tersebar di mana-mana walaupun mereka tak kasat mata.

Respons sistem imun dalam melawan serangan bakteri, virus, dan kuman lainnya bisa membuat Anda sakit. Maka, satu-satunya cara efektif untuk tetap sehat yaitu dengan mencuci tangan secara baik dan benar.

Menurut CDC, manfaat lain dibalik pentingnya cuci tangan adalah:

1. Mengurangi kemungkinan kotoran dan kuman-kuman mencemari makanan serta minuman Anda.

Patogen penyebab penyakit dapat berkembang biak dengan sangat cepat pada beberapa makanan dan minuman di kondisi-kondisi tertentu. Akibatnya, Anda mungkin dapat tertular yang namanya food-borne disease.

 

2. Menghindari penyebaran bakteri lewat permukaan benda seperti pegangan tangga, meja, mainan, bahkan kloset. 

Perlu Anda ketahui, berbagai patogen penyebab penyakit menular dapat berkembang biak lebih cepat di tempat yang lembab dan minim sirkulasi udara.

 

3. Mencegah masuknya kuman penyebab penyakit melalui sentuhan pada mata, pipi, hidung, dan mulut. 

“Dengan mencuci tangan kita menghilangkan kuman atau virus yang menempel di tangan sebelum kita menyentuh hidung dan mulut kita.” tambah dr. Irma.

 

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Bagaimana bisa? Menggunakan air mengalir yang bersih dan sabun untuk cuci tangan adalah faktor yang paling penting untuk menjaga kesehatan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, mencuci tangan bisa mencegah masuknya patogen penyebab penyakit. Artinya, kalau kuman-kuman tersebut tidak masuk ke dalam tubuh, sistem imun akan selalu terjaga.

 

5. Meminimalisir kemungkinan penularan diare dan infeksi saluran pernapasan, kulit, hingga mata.

 

6. Menjaga kebersihan lingkungan.

Baik itu lingkungan kerja ataupun rumah Anda sendiri. Manfaat cuci tangan ini seringkali disepelekan. Walaupun alat-alat dan furnitur kantor serta rumah Anda tampak bersih, bukan berarti tidak ada kuman yang menempel. Karenanya, Anda perlu mencuci tangan guna mencegah penyebaran kuman tersebut.

Baca juga: Berbagai Penyebab Diare pada Anak Beserta Gejalanya

 

Kapan saja waktu yang tepat untuk cuci tangan?

Pada dasarnya, cucilah tangan Anda ketika terlihat kotor. Tetapi, melansir dari laman resmi UNICEF dan CDC, pastikan Anda mencuci tangan di waktu-waktu berikut ini:

  • Sebelum makan. Anda juga perlu membersikan tangan sebelum, selama, dan sesudah memasak.
  • Sesampainya di rumah setelah beraktivitas di luar. Anda tidak akan pernah tahu apa saja yang Anda sentuh di luar rumah. Terlebih lagi, jika Anda habis mengunjungi tempat umum misalnya pasar atau tempat ibadah.
  • Sesudah memegang hewan, walaupun binatang peliharaan Anda sekalipun.
  • Sebelum dan setelah mengunjungi orang sakit.
  • Setelah Anda batuk, bersin, dan membuang ingus. Apalagi, di masa pandemi ini. 
  • Sesudah menggunakan toilet dan membuang sampah.
  • Setelah mengganti popok bayi atau membantu anak menggunakan toilet.

 

Bagaimana cara cuci tangan yang benar?

Untuk menghilangkan semua jejak virus di tangan Anda, gosokan dan bilasan singkat saja tidak cukup. Ikuti cara cuci tangan yang benar menurut WHO dan CDC di bawah ini, yaitu:

  • Basahi seluruh permukaan tangan dengan air yang mengalir.
  • Oleskan sabun pada tangan Anda.
  • Gosok sabun ke semua bagian tangan, termasuk telapak, punggung tangan, sela-sela jari, bawah kuku hingga pergelangan tangan. Lakukan tahap ini setidaknya selama 20 detik.
  • Bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu.

Demikianlah beberapa informasi terkait serta manfaat yang dapat diperoleh serta alasan dibalik pentingnya mencuci tangan. Cuci tangan adalah salah satu langkah terbaik dan mudah untuk menghindari penyebaran kuman penyakit. Jadi, pastikan tangan Anda benar-benar bersih dengan mengikuti cara cuci tangan yang benar di atas.

Baca juga:

Pentingnya Mencuci Tangan Sesudah dari Toilet

6 Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi:

CDC. 2020. When and How to Wash Your Hands.

CDC. 2020. Show Me the Science – Why Wash Your Hands?

UNICEF. 2020. Fakta penting tentang cuci tangan pakai sabun untuk melindungi Anda dari coronavirus (COVID-19).

Department of Health & Human Services, State Government of Victoria, Australia. 2015. Handwashing – why it’s important.

ALSCO. 2017. 6 Benefits of Proper Hand Washing.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional