Inilah 5 Manfaat Daun Mangga yang Bisa Anda Rasakan

by | Jun 26, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Siapa sih yang tidak suka dengan buahan manis yang mampu menggugah selera makan? Apakah Anda tahu dengan buah tropis yang terasa manis bernama mangga? Tentunya semua orang Indonesia sudah tahu dengan buah mangga yang manis ini! Apakah Anda tahu bahwa daun mangga juga bisa dikonsumsi? Daun mangga yang bisa dikonsumsi adalah daun muda yang berwarna hijau dengan tekstur lembut. Apa saja manfaat daun mangga bagi kesehatan?

Anda harus tahu bahwa daun mangga muda memiliki kandungan gizi tinggi dan bisa dimasak serta dikonsumsi oleh beberapa negara menurut kebudayaan masing-masing juga. Bahkan, daun mangga muda bisa dijadikan sebagai bahan suplemen atau tambahan di dalam teh. 

Daun Mangifera indica untuk spesies mangga tertentu bisa digunakan untuk praktik penyembuhan layaknya Ayurveda dan pengobatan tiongkok dalam bertahun-tahun lamanya. Walaupun sebenarnya, segala bagian yang ada di pohon mangga digunakan untuk pengobatan tradisional. Tetapi, penggunaan daun mangga sendiri lebih diunggulkan. 

Manfaat Penggunaan Daun Mangga 

Anda sudah tahu bahwa banyak manfaat yang ada di dalam daun mangga muda, khususnya untuk pengobatan tradisional dan diabetes. Tetapi, kali ini ada penjelasan spesifik mengenai manfaat dari penggunaan daun mangga. Inilah manfaat daun mangga, diantaranya sebagai berikut:

  • Banyak Senyawa 

Faktanya, daun mangga memiliki banyak senyawa. Apa saja sih senyawa yang ada di dalam daun mangga? Senyawa yang ada pada daun mangga muda adalah polifenol dan terpenoid. 

Apa sih itu senyawa polifenol? Polifenol adalah senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa ini berperan penting untuk meningkatkan bakteri baik di usus dan membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta kanker. 

Sementara itu, apakah itu terpenoid? Terpenoid penting untuk penglihatan yang optimal dan kesehatan kekebalan tubuh. Senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan, yang mampu melindungi sel-sel dari radikal bebas.

Memang kedua senyawa polifenol dan terpenoid ada di dalam berbagai macam tanaman, tetapi berbeda lagi di daun mangga karena kedua senyawa yang terkandung di sini cukuplah tinggi. Jadi, Anda bisa banyak mendapatkan manfaat ketika mengkonsumsi daun mangga. 

  • Memiliki sifat anti-inflamasi 

Di dalam daun mangga terdapat sifat anti-inflamasi mangiferin. Sifat yang ada di dalam daun mangga bisa mengurangi potensi kerusakan pada otak, layaknya alzheimer dan parkinson. Jadi, daun mangga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pada bagian otak terutama. Anda bisa mencampurkan beberapa olahan makanan dengan daun mangga. 

  • Mengurangi penimbunan lemak tubuh

Anda harus tahu, bahwa daun mangga muda yang dimasukkan ke dalam olahan masakan akan memberikan manfaat yang signifikan terhadap masalah obesitas. Dengan adanya ekstrak daun mangga muda, maka membantu Anda untuk mengelola risiko terkena obesitas, diabetes, dan juga sindrom metabolik yang tentu akan mengganggu metabolisme lemak tubuh. 

Senyawa apakah yang membuat daun mangga dapat mengganggu metabolisme lemak? Senyawa yang membantu adalah adiponectin. Adiponektin adalah protein sel yang mempunyai peran untuk metabolisme lemak dan pengaturan gula dalam tubuh. Bahkan tingkat yang lebih tinggi, dapat melindungi dari obesitas dan penyakit kronis yang berhubungan dengan obesitas. 

  • Sifat Anti-kanker

Anda harus tahu bahwa mangiferin di dalam daun mangga mungkin memiliki potensi antikanker, karena memerangi stres oksidatif dan melawan peradangan. Terlihat dari sebuah Studi tabung menunjukkan efek spesifik terhadap leukemia dan kanker paru-paru, otak, payudara, leher rahim, serta prostat. 

Bahkan tidak hanya daun mangga saja yang memiliki sifat anti-kanker, kulit dari mangga juga memilikinya. Kulit yang memiliki sifat anti-kanker karena lignan di dalamnya yang merupakan jenis polifenol. Senyawa-senyawa yang ada di dalam daun atau kulit mangga berfungsi untuk memerangi kanker. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Beras Mentah Bolehkah Dimakan?
Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih?
Peran Extract Huperzine A untuk Meningkatkan Daya Ingat
8 Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc
Kenali Manfaat Vitamin B3 Bagi Kesehatan
Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh

  • Membuat kulit tubuh lebih sehat 

Pasti setiap perempuan ingin mendapatkan kulit tubuh yang sehat? Iyah, dan itu terjadi juga untuk laki-laki yang ingin juga memiliki kulit sehat. Ternyata ekstrak daun mangga memiliki manfaat untuk kulit tubuh. Ekstrak ini akan membantu untuk mengurangi penuaan dini, penyebabnya adalah antioksidan di dalam tubuh. 

Tidak hanya itu saja, daun mangga muda ini mampu meningkatkan kolagen tubuh serta memperpanjang waktu untuk menampilkan kerutan pada tubuh. 

Bagaimana sih efek penggunaan ekstrak daun mangga? Tidak ada efek yang membahayakan ketika Anda menggunakannya sesuai dengan standar tidak berlebihan. Aman-aman saja ketika serbuk daun mangga dikonsumsi oleh tubuh. 

Ketika Anda ingin mendapatkan keamanan tubuh, ketika menggunakan daun mangga di dalam makanan. Maka bisa konsultasikan hal ini kepada penyedia layanan kesehatan atau bisa dikatakan dokter. Anda bisa berdiskusi mengenai daun mangga baik segi dosis ataupun interaksi dengan obat yang lain. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan manfaat dengan risiko yang ada. 

Pada intinya, manfaat daun mangga adalah untuk kesehatan kulit, saluran pencernaan, dan obesitas. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut sekarang juga, dengan mengkonsumsi daun mangga. 

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang.