fbpx
BerandaGaya Hidup SehatPentingnya Mencuci Tangan Sesudah dari Toilet

Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu cara langkah penting untuk mencegah infeksi penyakit dan menyebarkan kuman ke orang lain. Tangan yang kotor menjadi tempat yang nyaman bagi patogen penyebab penyakit, termasuk virus corona. Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa cara cuci tangan yang benar itu menggunakan air mengalir dan sabun. Dengan rutin mencuci tangan, secara tidak langsung Anda akan meminimalisir kemungkinan penyebaran penyakit.

Inilah Alasannya Anda Harus Cuci Tangan Sesudah dari Toilet

Waktu yang tepat untuk cuci tangan

Pada dasarnya, cucilah tangan Anda ketika terlihat kotor. Dilansir dari laman resmi UNICEF dan CDC, pastikan Anda mencuci tangan di waktu-waktu berikut:

  • Sebelum makan. Anda juga perlu membersikan tangan sebelum, selama, dan sesudah memasak.
  • Sesampainya di rumah setelah beraktivitas di luar. Anda tidak akan pernah tahu apa saja yang Anda sentuh di luar rumah. Terlebih lagi, jika Anda habis mengunjungi tempat umum misalnya pasar atau tempat ibadah.
  • Sesudah memegang hewan, walaupun binatang peliharaan Anda sekalipun.
  • Sebelum dan setelah mengunjungi orang sakit.
  • Setelah Anda batuk, bersin, dan membuang ingus. Apalagi, di masa pandemi ini.
  • Sesudah menggunakan toilet dan membuang sampah.
  • Setelah mengganti popok bayi atau membantu anak menggunakan toilet.

Tidak mencuci tangan setelah dari kamar mandi dapat menyebarkan kuman

Cuci tangan adalah salah satu cara untuk mencegah masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Tetapi, banyak orang yang seringkali tidak sadar pentingnya cuci tangan setelah dari toilet. Padahal kamar mandi adalah sarangnya kuman-kuman penyebab penyakit menular.

Sebagai contoh, Anda sedang mengalami diare dan Anda tidak cuci tangan setelah buang air besar. Lalu, Anda melakukan rutinitas di rumah seperti biasanya. Bila anggota keluarga Anda menyentuh barang-barang yang Anda sentuh sebelumnya, pastilah kuman akan berpindah ke tangannya. Nah, kalau ia makan tanpa cuci tangan, kemungkinan besar ia akan terinfeksi penyakit yang sama dengan Anda.

Feses manusia dan hewan merupakan wadah virus dan bakteri berbahaya. Mulai dari Salmonella, Escherichia coli, dan norovirus penyebab diare. Bukan cuma itu, beberapa infeksi pernapasan seperti adenovirus pun bisa menyebar lewat kotoran tersebut. Tidak mencuci tangan setelah dari toilet pun bisa menjadi cara lain penularan penyakit flu, hepatitis A, bronkiolitis, hingga meningitis.

Selain dari feses, penyebaran kuman penyakit dapat pula terjadi melalui sentuhan tutup kloset, selang, gagang flush, kran wastafel, hingga gagang pintu kamar mandi.

Ini dia alasan Anda harus cuci tangan setelah menggunakan kamar mandi

Sejumlah virus dan bakteri dapat hidup di permukaan benda dalam waktu yang lama. Meski tangan Anda bersih, Anda masih punya kemungkinan untuk tertular penyakit. Virus, bakteri, dan parasit adalah organisme mikroskopik yang tidak kasat mata. Anda tidak akan pernah tahu ada berapa banyak kuman penyakit yang ada di kamar mandi, serta siapa saja yang sedang sakit di sekeliling Anda.

Jadi, kuman penyakit bisa saja menyebar di dalam rumah kalau Anda dan anggota keluarga lainnya tidak terbiasa mencuci tangan. Selain itu, berbagai patogen penyebab penyakit menular dapat berkembang biak lebih cepat di kamar mandi karena lembab dan minim sirkulasi udara. Itulah mengapa risiko terinfeksi penyakit akan makin tinggi jika Anda tidak cuci tangan setelah dari toilet.

Mengapa kita harus mencuci tangan setelah BAB?

Tak hanya toilet, urin dan feses juga mengandung banyak sekali bakteri, kuman, jamur, dan bakteri. Inilah mengapa mencuci tangan baik setelah BAK atau BAB sangat penting untuk mencegah penularan penyakit seperti diare, thypus, disentri, cacingan, hingga penyakit kulit dan infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Hindari mencuci tangan hanya dengan air mengalir, dan gunakanlah sabun cuci tangan. Apa fungsi sabun di toilet? Sabun merupakan senyawa terbaik untuk mengikat dan melarutkan semua kotoran, bakteri, dan kuman dari tangan kamu. Ini sebabnya hampir seluruh toilet umum disarankan untuk menyediakan sabun di toilet, agar kesehatan dan kebersihan pengguna umum tetap terjaga.

Cara mencuci tangan yang benar

Untuk menghilangkan semua jejak virus di tangan Anda, gosokan dan bilasan singkat saja tidak cukup. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cuci tangan yang benar adalah:

  • Basahi seluruh permukaan tangan dengan air yang mengalir.
  • Oleskan sabun pada tangan Anda.
  • Gosok sabun ke semua bagian tangan, termasuk telapak, punggung tangan, sela-sela jari, bawah kuku hingga pergelangan tangan. Lakukan tahap ini setidaknya selama 20 detik.
  • Bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu.

Demikianlah beberapa informasi terkait pentingnya mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi. Cuci tangan adalah salah satu langkah terbaik dan mudah untuk menghindari penyebaran kuman penyakit. Pastikan tangan Anda benar-benar bersih dengan mengikuti cara cuci tangan yang benar di atas. Selain menjaga kebersihan, jangan lupa perkuat diri kamu dari dalam. Konsumsi multivitamin seperti Theragran 4 Tab – Tablet Pemulih Daya Tahan Tubuh (Rp21.433) untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

ciri-ciri orang vegetarian

Seperti Apakah Ciri-ciri Orang Vegetarian?

Gaya Hidup Sehat   20/04/2023

Menu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gaya Hidup Sehat   30/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Gaya Hidup Sehat   27/02/2023

Bye Bye Acne, Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

Kesehatan Kulit   31/01/2023