Inilah Manfaat Fosfor bagi Tubuh dan Sumber Gizinya

by | May 20, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz

Apakah yang Anda ketahui tentang fosfor? Secara umum, fosfor dikenal sebagai mineral untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi selain kalsium. Memang benar, sebab 85% fosfor di dalam tubuh tersimpan di tulang dan gigi. Sedangkan, sebagian kecilnya tersimpan dalam sel dan jaringan tubuh. 

Tahukah Anda, mineral fosfor memiliki banyak fungsi? Diantaranya, fosfor membantu tubuh mengurangi nyeri otot setelah berolahraga, menyimpan serta menggunakan energi, dan masih banyak lagi. Nah, apa sajakah peran fosfor bagi tubuh? Yuk cari tahu selengkapnya pada ulasan berikut.

Membantu Pembentukan DNA

Manfaat fosfor lain didalam tubuh adalah membantu pembentukan DNA dan RNA. Ya, tanpa adanya fosfor, tubuh tidak akan bisa membentuk DNA dan RNA untuk menyimpan informasi genetik, bahkan dengan kadar fosfor yang kurang sekalipun. Jadi, mineral fosfor ini sangat penting dan harus Anda penuhi karena hampir setiap sel dalam tubuh terdapat DNA. Hal ini juga diperlukan untuk proses pembentukan sel-sel baru dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Fungsi Otot dan Saraf

Untuk membantu otot bekerja, mineral fosfor bersama kalsium bekerja sama untuk menjaga jantung berdetak supaya tetap teratur, membantu komunikasi saraf yaitu pengiriman sinyal ke otak, dan membantu otak dalam merespon berbagai rangsangan dari luar tubuh. Inilah mengapa fosfor mampu mengurangi rasa nyeri saat olahraga karena fungsinya terhadap otot jantung.

Mempertahankan Kadar pH atau Keseimbangan Asam Basa

Manfaat fosfor bagi tubuh lainnya adalah mempertahankan keseimbangan asam-basa (pH) dalam tubuh. Tentu, keseimbangan pH sangat penting guna mendukung semua bagian tubuh supaya bekerja sesuai dengan fungsinya. Bahkan, fosfor juga membantu tubuh dalam menggunakan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin D, yodium, magnesium, hingga seng. Lebih lanjut, fosfor ikut berperan dalam pengaturan penyimpanan dan penggunaan energi.

Mengoptimalkan Metabolisme dan Pembentukan Sel

Fosfor juga memiliki manfaat dalam proses metabolisme supaya tetap lancar. Keberadaan fosfor berperan dalam proses pemecahan karbohidrat dan lemak didalam sistem pencernaan, sehingga lemak dapat terdistribusi dalam tubuh untuk pembentukan sel. Selain itu, enzim pada metabolisme energi juga dibantu oleh fosfor dalam penyerapannya. Vitamin B akan aktif bila tersedia fosfat dalam tubuh. Fosfor dalam bentuk fosfolipid membantu protein dan lemak untuk didistribusikan dalam tubuh dan membentuk membran sel. Dengan kata lain, fosfor membantu mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh serta pembentukan sel dalam tubuh.

Sumber Gizi Fosfor

Setiap orang memiliki kebutuhan fosfor yang berbeda-beda, mulai dari 500 mg/hari untuk anak-anak, 1200mg/hari untuk remaja, hingga 700 mg/hari untuk orang dewasa. Nah, untuk memenuhi kebutuhan mineral fosfor dalam tubuh, Anda bisa mendapatkannya melalui daging ayam, ikan, susu dan produk olahannya, telur, kacang-kacangan, kentang, bawang putih, dan buah kering seperti kismis.

Bahaya Penumpukan Fosfor dalam Tubuh

Ya, meskipun perolehan fosfor dari makanan dan minuman mudah, jumlah fosfor dalam tubuh harus seimbang. Dengan kata lain, tidak boleh kekurangan dan tidak boleh berlebihan. Apabila terjadi penumpukan fosfor dalam tubuh, sudah berarti akan terjadi gangguan kesehatan. Kondisi dimana kadar fosfor dalam tubuh berlebihan disebut hiperfosfatemia. Penyebabnya oleh beberapa kondisi atau penyakit tertentu seperti gagal ginjal kronis, hipoparatiroid, dan diabetes yang tidak terkontrol. Selain itu, kelebihan fosfor dalam tubuh dapat menyebabkan abnormalitas kepadatan tulang, sehingga tulang berisiko keropos karena interaksi berlebihan antara kalsium dan fosfor dalam tulang.

Untuk itu, jika Anda mengalami gejala penumpukan fosfor, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah itu, biasanya dokter akan memberikan pengobatan dan menyarankan pola makan sehat untuk membatasi jumlah fosfor yang dikonsumsi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kromium, Mineral Penyeimbang Gula Darah dan Sumber Makanannya
Mengenal Molybdenum, Mineral Mikro yang Penting bagi Tubuh
Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
Karbohidrat: Jenis dan Mafaatnya
Inilah Manfaat Kalium bagi Tubuh dan Bahaya Defisiensinya

Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan

Bahaya Kekurangan Fosfor

Tidak hanya penumpukan fosfor dalam tubuh saja yang berbahaya, melainkan kekurangan fosfor juga. Kondisi ini biasanya terjadi karena faktor kesehatan atau obat-obatan. Untuk kondisi kesehatan, seperti diabetes, sementara obat-obatan, seperti diuretik, antasida, dan lainnya yang menyebabkan kadar fosfor dalam tubuh berkurang. Inilah yang mengakibatkan seseorang kurang nafsu makan, nyeri tulang dan sendi, napas tidak teratur, dan pertumbuhan tulang yang buruk pada anak.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sumber makanan dengan gizi seimbang supaya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Disamping itu, konsumsi suplemen juga diperlukan seperti vitamin A untuk kesehatan mata,  iron untuk membantu pembentukan sel darah merah, hingga multivitamin untuk memelihara kesehatan tubuh. Tahukah Anda, didalam multivitamin ini mengandung 13 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah dan mengobati defisiensi vitamin akibat diet yang buruk, penyakit tertentu, meningkatkan sistem imun, dan membantu meningkatkan daya ingat. Menariknya, kini Anda bisa mendapatkan paket suplemen sesuai kondisi kesehatan terkini melalui aplikasi Jovee. Terlebih dulu, instal aplikasi Jovee dan cari tahu paket suplemen terbaik untuk Anda.