fbpx
BerandaVitamin & SuplemenIodine Adalah Zat Penting, Yuk Kenali Manfaatnya!

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

YUK KENALI MANFAAT IODINE DALAM KEHIDUPAN SETIAP HARI

Berbagai macam zat dan senyawa saat ini sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Salah satu zat yang penting ini adalah Iodine. Mungkin, bagi sebagian orang masih ada yang belum tahu apa itu Iodine ini, padahal sebenarnya zat ini sudah sering Anda jumpai termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, bagi Anda yang belum tahu wajib tahu seputar zat yang satu ini.

Apa Itu Iodine?

Secara umum, Iodine adalah zat kimia yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa sumber yang dapat membantu tubuh untuk memenuhi asupan zat ini sendiri bisa berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. 

Iodine sendiri di Indonesia lebih dikenal dengan nama Iodium atau Yodium. Dengan demikian, maka asupan zat ini bisa Anda dapatkan melalui garam yang mengandung Yodium lalu bisa ditambahkan ke masakan. Sebanyak ½ sendok teh garam telah mencukupi kecukupan iodium sehari-hari. Namun, hati-hati dalam penggunaannya, karena iodium dapat menguap dalam wadah terbuka dan terkena panas, sehingga tambahkan garam di tahap pemasakan terakhir agar iodium tidak menguap.

Iodine sendiri dapat ditemukan pada buah, dan sayur yang tumbuh di tanah dengan kadar iodine yang baik. Daging yang memiliki kadar iodine yang cukup juga dipengaruhi dari kandungan iodine pada tanaman yang dimakan hewan tersebut. Namun, tenang saja, kandungan iodine yang baik juga ditemukan pada hewan dan makanan laut. 

Fungsi Iodine

Iodine adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh terutama untuk kelenjar tiroid dalam diri seseorang untuk memproduksi beberapa hormon. Jika asupan Iodium pada kelenjar tiroid tidak terpenuhi dengan baik, maka dapat membuat sistem metabolisme di dalam tubuh ini akan memaksa kelenjar tiroid untuk bekerja lebih keras dalam hal memproduksi hormon. Jika hal ini terus terjadi, maka dapat menyebabkan gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY). Salah satu tandanya ialah pembesaran pada kelenjar tiroid dan akan mengakibatkan leher Anda tampak bengkak. Penyakit leher bengkak akibat kekurangan iodine ini juga sering disebut sebagai gondok atau goiter. 

Selain gondok, kekurangan produksi hormon tiroid karena kekurangan yodium dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jangka panjang. Hormon tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh, pembentukan sel darah, pertumbuhan, reproduksi, kognitif dan lainnya. Kekurangan iodium pada anak-anak dapat menyebabkan penurunan kognitif dan performa otak. Selain itu, kekurangan yodium pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi mengalami kretinisme, di mana anak mengalami kerdil dan penurunan mental yang menetap.

Selain itu kekurangan vitamin D juga cukup vital untuk penderita penyakit tiroid, vitamin D dapat diperoleh dari sebagian besar dari paparan sinar matahari, atau Anda dapat mengonsumsi Natures Plus Vitamin D3 400 IU

Selain itu, Iodine ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan dalam tubuh, khususnya untuk masalah pada kelenjar tiroid. Penggunaan Iodine ini tak hanya dapat mengobat masalah gondok saja, tapi masalah kesehatan lain pun juga bisa diobati. Untuk zat Yodium yang tersedia dalam bentuk obat oles, dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah pada kulit Anda seperti misalnya peradangan dan untuk membunuh kuman yang menempel di kulit akibat mengalami luka agar tidak terjadi infeksi. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7
Intip Peran dan Manfaat Magnesium Bagi Tubuh

Hal yang Wajib Diketahui

Jika Anda hendak menggunakan Iodine ini sebagai obat, maka ada beberapa hal yang wajib untuk Anda cermati, selain harus berkonsultasi dengan dokter. Bagi Anda yang mungkin memiliki masalah alergi dengan beberapa zat ketika dioleskan pada kulit, harap hati-hati ketika hendak menggunak Iodium ini ketika hendak mengoleskannya pada kulit.

Penggunaan iodine ini sebagai sarana penyembuhan, tidak bisa menggunakannya secara sembarangan, namun harus  sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Tentu saja, dengan melakukan konsultasi dengan dokter ini dapat meminimalisir terjadinya berbagai kesalahan dalam penggunaan Iodine sebagai obat. Dengan demikian, kesehatan tubuh Anda pun dapat ditunjang dengan baik dan masalah kesehatan Anda juga bisa diobati dengan penanganan yang paling tepat.

Untuk ibu hamil pun, juga dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan obat ini. Jika Anda ingin kesehatan Anda tertunjang dengan baik, maka Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan dari Jovee. Jovee merupakan aplikasi kesehatan kekinian yang dapat Anda download di HP dan Anda pun bisa mendapatkan berbagai informasi seputar kesehatan.

Tak hanya itu, tersedia beragam suplemen yang siap untuk Anda miliki sesuai dengan masalah kesehatan yang Anda alami. Harga suplemen Jovee ini pun juga sangat murah dan tersedia dalam beberapa paket spesial. Tak perlu khawatir, karena Jovee siap mengirimkan suplemen ini ke tempat Anda dengan aman. Segera pilih Jovee sebagai solusi hidup sehat terbaik.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021