fbpx
BerandaKesehatan KulitJaga Nutrisi Tubuh, Inilah Daftar Buah yang Bagus untuk Puasa

Puasa memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit, dan juga kesehatan mental. Apapun jenis puasanya, entah itu puasa bulan Ramadan maupun puasa-puasa yang dijalankan untuk tujuan kesehatan, semuanya membawa dampak positif bagi tubuh.

Untuk menunjang manfaat kesehatan dari berpuasa, kita perlu memperhatikan asupan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Terutama karena setelah seharian berpuasa, tubuh kita memerlukan makanan-makanan sehat yang dapat membantu memulihkan kebugaran tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, serta sebagai pasokan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari selama menjalani puasa.

Alih-alih mengonsumsi makanan yang berlemak, berkarbohidrat tinggi, makanan manis dan makanan olahan, kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa dengan mengonsumsi buah-buahan.

Lantas, apa buah yang bagus untuk puasa? Pada dasarnya semua buah baik untuk dikonsumsi. Tetapi ada buah-buahan yang baik dikonsumsi saat puasa agar puasa lebih lancar, sehat, dan berenergi.

Berikut ini Jovee punya daftar buah yang bagus untuk puasa:

Semangka

Daftar buah yang bagus untuk puasa yang pertama dibuka oleh semangka. Ya, siapa sih yang tidak menyukai buah berkulit hijau satu ini. Buah semangka terkenal karena kandungan airnya yang banyak dan menyegarkan sehingga buah ini seringkali disajikan sebagai makanan pembuka untuk berbuka puasa.

Semangka mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C, mineral, dan senyawa antioksidan. Selain cocok untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh setelah berpuasa seharian, semangka juga termasuk buah yang bagus untuk dukung kesehatan kulit lho.

Kurma

Bulan Ramadan tak lengkap tanpa adanya sajian kurma. Ada alasan mengapa kurma adalah buah yang bagus untuk puasa. Ini dikarenakan kurma mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Contohnya kalium, yang memiliki manfaat untuk mengurangi kelelahan setelah beraktivitas

Selain itu, kurma juga mengandung kalori dan gula alami sehingga dapat mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Apel

Satu buah apel tiap hari, dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Mungkin kamu sudah cukup sering mendengar pernyataan ini. Bukan tanpa alasan lho mengapa apel dianggap sebagai buah yang powerful. Ini dikarenakan buah apel mengandung vitamin yang cukup lengkap dan memiliki manfaat sebagai antioksidan. Tak hanya itu, dalam satu buah apel mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan potasium.

Melihat begitu banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, tak salah jika buah apel dinobatkan sebagai buah yang bagus untuk kulit saat puasa.

Jeruk

Membayangkan segarnya minum es jeruk saat berbuka puasa atau mengonsumsi buah jeruk segar sebagai makanan penutup saat berbuka puasa? Ya, jeruk adalah salah satu buah yang bagus untuk puasa karena mengandung air yang tinggi.

Sebagian besar jeruk mengandung air dan karbohidrat. Di sisi lain, jeruk adalah buah-buahan yang kandungan gula yang tinggi berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula yang terkandung di dalam jeruk adalah gula alami yang tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga relatif aman dikonsumsi untuk mereka yang menderita diabetes.

Meskipun termasuk buah yang bagus untuk puasa, tetap konsumsilah dalam jumlah wajar ya.

Strawberry

Memasukkan strawberry ke dalam menu berbuka puasa adalah ide yang bagus. Mengapa? Karena strawberry adalah buah yang dapat memperlambat proses pencernaan glukosa dalam tubuh. Kamu memerlukan gula untuk diproses sebagai energi setelah berpuasa seharian. Namun strawberry dengan gula alaminya tetap dapat mengontrol gula darah sehingga menurunkan risiko gula darah melonjak terlalu cepat.

Selain itu, rasanya yang asam, segar, dan mengandung air, membuat strawberry cocok dikonsumsi sebagai takjil atau makanan pencuci mulut saat berbuka puasa.

Blewah

Blewah adalah buah yang tidak asing disajikan sebagai campuran es buah saat berbuka puasa. Buah berwarna oranye muda ini punya rasa dan wangi khas yang membuatnya lezat disajikan sebagai takjil.

Bukan cuma rasanya yang enak dan segar, blewah juga kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan nutrisi yang hilang selama berpuasa seharian.

Itulah beberapa daftar buah yang bagus untuk puasa. Sebaiknya konsumsilah buah-buahan dalam bentuk segar ketimbang yang sudah diolah menjadi es buah atau makanan manis lainnya untuk mencegah risiko gula darah naik yang dapat mengakibatkan diabetes.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023