fbpx
BerandaMakanan SehatJangan Keliru, Manfaat Kucai bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

manfaat-sayuran-kucai

Kucai merupakan salah satu sayuran yang digunakan dalam masakan atau sebagai bahan pelengkap. Namun sayur ini sering kali disamakan dengan daun bawang karena memiliki bentuk yang mirip, padahal daun sayur kucai dan daun bawang adalah sayuran yang berbeda meskipun masih dalam satu spesies tanaman yang sama.

Fakta Seputar Kucai

Daun kucai dengan nama latin yaitu Allium Tuberosum adalah jenis sayuran daun yang berasal dari jenis bawang (allium). Daun ini memiliki aroma khas yang tajam. Meski sering disamakan dengan daun bawang, ternyata daun sayur memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Daun kucai ini biasanya digunakan sebagai bahan masakan kuliner Asia seperti Thailand, Hong Kong, dan juga Indonesia.

Daun allium memiliki bentuk yang lebih tipis dibanding daun bawang, meskipun demikian kandungan nutrisi dalam sayur ini sangat beragam. Anda bisa menemukan vitamin K, vitamin A, vitamin C, fosfor, magnesium dan kalium di dalamnya.

Manfaat Kucai Bagi Tubuh

Selain digunakan sebagai masakan, ternyata allium tuberosum juga digunakan sebagai obat herbal pada pengobatan tradisional di Tionghoa. Daun allium dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, berikut ini beberapa manfaat dari sayuran ini yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga Fungsi Otak

Kandungan antioksidan, kolin dan juga asam folat di dalam sayuran ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Sehingga dapat membantu meningkatkan daya ingat apabila dikonsumsi secara teratur.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi daun kucai secara teratur dan dalam dosis yang tepat dapat menurunkan resiko penyakit demensia. Penyakit demensia adalah penyakit yang mengganggu daya ingat serta fungsi otak. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, stroke, serta jantung disebabkan oleh pembuluh darah yang tidak lancar sehingga terjadi penyumbatan bahkan dapat beresiko kerusakan pada pembuluh darah. Mengonsumsi daun allium dipercaya mampu mengurangi peradangan dan memperlancar peredaran darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada sayuran ini.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, ternyata kandungan vitamin A dan vitamin C pada daun allium dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari sinar UV, sehingga kulit terlindungi dan lebih sehat.

4. Mencegah Osteoporosis

Daun sayuran memiliki kandungan kalsium serta vitamin K yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta gigi. Kebutuhan kalsium yang tercukupi dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang.

5.Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan banyak disebabkan oleh kurangnya asupan serat ke dalam tubuh. Sayuran ini memiliki kandungan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan saluran pencernaan. Sayuran daun mengandung serat pangan yang baik, dapat juga digunakan untuk mengatasi dan mencegah penyakit sembelit.

Daun allium atau kucai ini dapat dikonsumsi sebagai bahan pelengkap maupun bumbu dalam masakan, sehingga nutrisi dapat diserap dengan baik. Anda dapat menggunakan daun allium sebagai masakan maupun salah satu bahan ramuan herbal untuk mengobati penyakit tertentu.

Namun apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis-jenis bawang, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Pastikan untuk mencuci daun kucai dengan air mengalir hingga bersih sebelum dikonsumsi.

Selain dari sumber alami, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen berbahan alami seperti Sidomuncul Sari Daun Kelor – Suplemen Kesehatan (Rp81.750) untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Cari tahu manfaat makanan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap. Temukan pula beragam vitamin, dari A ke Z(inc), untuk menunjang gaya hidup sehatmu. Masih bingung mana vitamin yang cocok? Download aplikasi Jovee atau konsultasikan dengan nutrisionis untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021

Apakah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Sangat Penting?

Makanan Sehat   16/11/2021

Teh Jati Cina

Makanan Sehat   27/10/2021

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021