fbpx
BerandaGaya Hidup SehatJantung Koroner: Pembunuh Nomor 1, Kenali Penyebab & Cara Mencegah

Hingga saat ini, penyakit jantung koroner dan stroke masih menyumbang angka kematian nomor satu dan dua di dunia. Adapun jumlah kematian akibat penyakit jantung mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya, seperti dilansir dari WHO.

jantung-koroner

Di Indonesia sendiri, penyakit jantung koroner juga masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Dengan bergesernya pola hidup masa kini, tak hanya orang tua, jumlah penderita usia muda juga turut meningkat.

Meski begitu, sebenarnya penyakit jantung bisa dicegah sejak dini loh, Jovians. Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai fakta penyakit jantung koroner serta pencegahannya di artikel berikut!

Kenali penyebab dan faktor risiko penyakit jantung koroner

“Penyakit jantung pembunuh nomor 1”, fakta ini sudah sering disebutkan dalam berbagai media, menyuarakan bahaya dari penyakit jantung. Namun, sudahkah kamu mengetahui penyebab dari penyakit ini?

Selain riwayat genetik, penyebab penyakit jantung koroner dan stroke yang paling banyak dilaporkan muncul dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di bagian dalam arteri koroner merupakan penyebab dari penyakit jantung koroner.

Arteri koroner berfungsi untuk mengalirkan pasokan oksigen ke otot jantung. Sehingga, saat pembuluh darah ini tersumbat, pasokan oksigen ke jantung jadi berkurang. Jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan gagal jantung.

Penumpukan ini menyebabkan pembuluh arteri menyempit, yang kemudian menghalangi aliran darah. Selain kolesterol tinggi, kerusakan pada pembuluh arteri juga bisa disebabkan oleh:

  • Diabetes atau resistensi insulin
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Tidak pernah olahraga (gaya hidup tidak aktif)
  • Merokok

Nah, penyakit penyebab penyumbatan arteri di atas sangat berkaitan erat dengan pola hidup sehat. Maka dari itu, perlu diingat bahwa penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik tua maupun muda.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini sejumlah faktor risiko yang dapat tingkatkan potensi jantung koroner.

  • Usia. Semakin bertambah usia, maka risiko kerusakan pada arteri juga semakin meningkat.
  • Jenis kelamin. Lak-laki secara umum lebih rentan pada penyakit jantung koroner. Namun, risiko pada wanita juga meningkat setelah alami menopause.
  • Riwayat penyakit keluarga. Jika salah satu anggota keluarga menderita penyakit jantung, maka risiko kamu alami penyakit jantung juga turut meningkat.
  • Merokok. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama jantung. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif juga berada dalam risiko besar untuk terkena penyakit jantung.
  • Riwayat penyakit kronis. Seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol.
  • Obesitas. Tak hanya penyakit jantung, obesitas juga tingkatkan risiko penyakit diabetes dan hipertensi.
  • Stres. Tingkat stres yang tinggi dapat menimbulkan gangguan pada pembuluh arteri seperti penyempitan pembuluh darah (paradoxical vasoconstriction), serta meningkatkan proses peradangan dalam tubuh yang dapat memicu penyakit lain.
  • Jam tidur yang tidak teratur. Tidur terlalu banyak atau sedikit sering dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Pola makan tidak sehat. Konsumsi terlalu banyak garam, gula, dan lemak trans dapat merusak pembuluh arteri.
  • Kurang olahraga. Aktivitas fisik sangat penting bagi kesehatan jantung. Kurang bergerak atau tidak pernah berolahraga dapat tingkatkan risiko penyakit jantung dan lainnya.

Cara mencegah penyakit jantung koroner

Peringati Hari Jantung Sedunia pada tanggal 1 September, lakukan hal ini untuk cegah penyakit jantung sejak dini, yuk!

Gaya hidup sehat

Jauhi rokok demi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Banyak minum air putih, dapatkan jumlah tidur yang cukup, dan jaga berat badan tetap ideal. Tak hanya mencegah penyakit jantung, menerapkan gaya hidup sehat juga bisa menghindari kamu dari penyakit kronis lainnya.

Olahraga rutin

Aktivitas fisik yang rutin dan teratur membantu melancarkan peredaran darah dan juga perkuat kekuatan fisik. Secara umum, kita disarankan untuk olahraga aerobik dengan intensitas sedang sampai berat, lebih dari 150 menit per minggunya (30 menit per hari, sebanyak 5 kali per minggu). Kamu bisa mulai dari olahraga ringan seperti jalan kaki 20–30 menit setiap harinya.

Pola makan sehat, nutrisi seimbang

Berkembangnya makanan dan minuman kekinian, membuat jumlah penderita penyakit jantung usia muda kian meningkat. Ini dikarenakan makanan dan minuman ini sangat tinggi kandungan garam maupun gula, yang juga tingkatkan risiko penyakit diabetes dan hipertensi.

Perbanyak asupan sayur dan buah, penuhi nutrisi harian bergizi seimbang. Batasi asupan garam dan gula harian, untuk cegah penyakit jantung sejak dini. Bila perlu, konsumsi suplemen minyak ikan seperti Blackmores Odourless Fish Oil (Rp65.835) untuk bantu jaga kesehatan jantung.

Baca juga: Pola Makan Sehat untuk Pengidap Penyakit Jantung

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Menu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gaya Hidup Sehat   30/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Gaya Hidup Sehat   27/02/2023

Bye Bye Acne, Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

Kesehatan Kulit   31/01/2023
gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022