fbpx
BerandaKesehatan KulitJenis-jenis Kandungan Suplemen dan Vitamin untuk Kulit Berjerawat dan Kusam

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat, kenyal, bersih, dan bercahaya. Namun, terkadang problem kulit datang tanpa bisa kita prediksi. Misalnya kulit berjerawat dan kusam. Kedua permasalahan ini banyak dialami orang-orang di seluruh dunia, tanpa mengenal jenis kelamin, status sosial, maupun usia.

vitamin untuk kulit berjerawat

Ada berbagai penyebab kulit berjerawat dan kusam, misalnya perubahan hormon dalam tubuh, tingkat kortisol dan tiroid yang secara langsung berdampak terhadap kesehatan kulit, fungsi, serta penampilannya.

Di pasaran saat ini banyak terdapat produk-produk skincare baru yang bermunculan yang mengklaim dirinya dapat mengatasi kulit berjerawat yang kusam. Meskipun produk-produk skincare seperti moisturizer atau pelembap, masker, serum, dan sebagainya memang dapat membantu meningkatkan kondisi kulit berjerawat dan kusam menjadi lebih baik, tetapi apa yang kita konsumsi dan gaya hidup kita berperan signifikan dalam kesehatan kulit kita.

Konsumsi pola makan yang sehat yang kaya akan vitamin untuk kulit berjerawat dan kusam adalah kunci kulit yang sehat. Di sisi lain, banyak juga pertanyaan apakah suplemen untuk kulit berjerawat memang efektif untuk memperbaiki penampilan kulit?

Berikut ini Jovee merangkum penjelasan mengenai apa saja vitamin untuk kulit berjerawat dan penggunaan suplemen untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Vitamin untuk Kulit Berjerawat dan Kusam

Memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon, melawan penyebab jerawat, dan membuat kulit lebih bersih dan sehat. Berikut ini empat jenis vitamin untuk kulit berjerawat dan kusam yang bisa kamu masukkan ke dalam menu-menu makanan harianmu:

Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang dapat membantu melawan efek buruk jerawat pada kulit. Vitamin A merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Vitamin A juga dikenal sebagai jenis vitamin yang dapat membantu mengatasi peradangan, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan.

Ada dua jenis vitamin A, yaitu carotenoid yang berasal dari nabati dan retinoid yang berasal dari hewani. Retinoid biasa digunakan untuk pengobatan jerawat dikarenakan mengandung antioksidan dan anti inflamasi.

Antioksidan pada vitamin A membuat kulit memperlambat proses penuaan dan membuat kulit terlihat lebih muda. Accutane merupakan retinoid yang membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Perawatan topikal yang mengandung vitamin A lebih direkomendasikan ketimbang suplemen oral. Vitamin A untuk penyembuhan jerawat dapat dikonsumsi secara oral yaitu accutane atau topikal retinoid yang dapat membantu dalam mengurangi bakteri dan inflamasi pada jerawat.

Vitamin D

Vitamin D membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti inflamasi. Vitamin D dapat mengurangi inflamasi berlebih. Vitamin D dapat dikonsumsi secara oral melalui suplemen.

Orang dengan defisiensi vitamin D dapat mengalami jerawat. Karena itulah, jika jerawat yang dialami parah, mungkin dokter akan meresepkan suplemen vitamin D sebagai perawatan untuk memperbaiki kondisi kulit.

Zat besi

Zat besi telah terbukti dapat membantu menurunkan produksi minyak pada kulit. Dengan menurunkan produksi minyak berarti mengurangi kemungkinan pertumbuhan bakteri dan pori-pori tersumbat.

Tubuh kita hanya membutuhkan seng dalam jumlah yang sedikit, yaitu sekitar delapan hingga 11 miligram untuk membantu memenuhi kecukupan hairan.

Zat besi dapat digunakan sebagai pengobatan topikal atau pun dikonsumsi oral sebagai suplemen untuk kulit berjerawat.

Zat besi dapat menurunkan hormon DHT (dihydrotestosterone) yang mengontrol kelenjar minyak. Jerawat dipengaruhi oleh hormon androgen, sehingga dengan menurunkan kadar hormon androgen dapat membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Pastikan tidak mengonsumsi zinc atau zat besi dalam keadaan perut kosong dikarenakan efek samping dari konsumsi zinc berupa mual dan muntah.

Vitamin C

Vitamin C lebih baik untuk kulit berjerawat karena bekerja secara efisien untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Vitamin C merupakan antioksidan sehingga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu regenerasi kulit, sekaligus membentuk jaringan parut. Apabila pasien mengalami bekas jerawat kehitaman vitamin c dapat membantu mencerahkan kulit sehingga bekas jerawat tersamarkan.

Pada penderita dengan jerawat meradang tidak disarankan menggunakan serum atau vitamin c topikal dikarenakan akan memperburuk peradangan jerawat.

Kandungan Skincare dan Suplemen untuk Kulit Berjerawat

Selain vitamin-vitamin di atas, mungkin kamu membutuhkan asupan nutrisi tambahan dari suplemen untuk kulit berjerawat dan didukung dengan kandungan skincare yang tepat. Berikut ini beberapa kandungan dalam skincare dan suplemen untuk kulit berjerawat yang baik untuk merawat kesehatan kulit:

  • Suplemen yang mengandung kolagen untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit, membantu kulit lebih kenyal, dan menghidrasi kulit.
  • Suplemen minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit yang berjerawat.
  • Skincare yang mengandung vitamin C dalam bentuk oles yang dapat membantu meningkatkan penampilan kulit dan membantu mencerahkan kulit.
  • Suplemen yang mengandung biotin (vitamin B) untuk mereka yang benar-benar mengalami kekurangan biotin.

Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan, vitamin, atau suplemen apapun untuk meminimalisir risiko efek samping yang dapat membahayakan kesehatan ya.

Demikianlah informasi seputar jenis-jenis kandungan suplemen dan vitamin untuk kulit berjerawat dan kusam. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023