fbpx
BerandaVitamin & SuplemenJenis-jenis Vitamin dan Manfaatnya

Vitamin adalah salah satu mikromolekul yang diperlukan oleh tubuh. Dikatakan mikromolekul karena vitamin tersebut diserap tubuh dalam jumlah sedikit. Meski demikian, keberadaan vitamin sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan sel tubuh. Vitamin dibagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin larut dalam lemak dan vitamin larut dalam air. Secara keseluruhan, berikut adalah 13 jenis vitamin tubuh yang perlu Anda ketahui.

jenis vitamin tubuh

Vitamin Larut dalam Lemak

Kelompok vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin tersebut dapat diperoleh dari sayuran hijau, telur, susu, mentega, sarden, tuna, minyak nabati, dan makanan lainnya. Selain itu, vitamin ini juga dapat diperoleh melalui suplemen makanan seperti vitamin E pada Blackmores Natural E 250IU 50 Kap (Rp 187.000). Apabila kebutuhan vitamin ini sudah terpenuhi, maka sisanya akan diproses dan disimpan dalam tubuh.

Vitamin Larut dalam Air

Jenis vitamin larut dalam air diproses bersama air dan tidak disimpan oleh tubuh. Setelah diproses dan diserap, vitamin ini akan langsung dikeluarkan melalui urine. Karena vitamin ini tidak disimpan dalam tubuh, maka seseorang cenderung mengalami defisiensi. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan dengan kandungan nutrisi vitamin larut dalam air.

Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 atau tiamin berfungsi sebagai koenzim yang membantu enzim untuk memicu reaksi kimia. Misalnya, membantu mengubah nutrisi menjadi energi yang diperlukan tubuh. Sumber vitamin ini bisa diperoleh dari biji-bijian dan sereal gandum.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 juga diperlukan untuk fungsi metabolisme tertentu, seperti vitamin B1. Misalnya, mengubah triptofan menjadi vitamin B3 dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini banyak terkandung dalam daging, produk susu, telur, kacang almond, dan kacang polong.

Vitamin B3 (Niacin)

Niacin berfungsi sebagai koenzim sekaligus antioksidan. Selain itu, vitamin B3 juga membantu metabolisme ekstraksi dari glukosa menjadi energi. Sumber vitamin B3 dapat diperoleh dari telur, ikan, susu, biji bunga matahari, dan kacang tanah.

Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin ini berfungsi dalam berbagai metabolisme untuk pembentukan koenzim, sintesis asam lemak, asam amino, dan lainnya. Sumber vitamin ini diperoleh dari jamur, sayuran akar, dan biji-bijian.

Vitamin B6

Peran vitamin B6 sebagai koenzim, serta mendukung pembentukan sel darah putih. Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 adalah salmon atau kacang pistachio.

Vitamin B7 (Biotin)

Biotin juga berperan sebagai koenzim dan membantu proses metabolisme dasar, salah satu contohnya metabolisme asam amino. Sumber vitamin B7 banyak ditemukan pada daging, kuning telur, jamur, dan kacang-kacangan.

Vitamin B9

Vitamin ini banyak diperlukan untuk proses pembentukan sel darah merah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B9 dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Cobalamin sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme, menjaga fungsi neurologis, dan pembentukan sel darah merah. Sumber vitamin ini hanya bisa diperoleh dari sumber makanan hewani. Oleh karena itu, para vegetarian sangat berisiko mengalami defisiensi vitamin ini.

Vitamin C

Jenis vitamin tubuh yang larut dalam air lainnya adalah vitamin C. Vitamin ini sangat berperan penting bagi tubuh, di antaranya sebagai antioksidan dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Sumber vitamin C ini bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen makanan seperti Holisticare Ester C Effervescent Orange (Rp 59.968).

Nah, setelah mengetahui berbagai sumber vitamin larut dalam air di atas, pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut bagi tubuh. Mengingat jenis vitamin ini yang tidak disimpan oleh tubuh, usahakan untuk mendapatkan asupan vitamin ini setiap hari.

Manfaat Suplemen untuk Melawan Covid-19

Covid-19 masih menjadi pandemi yang meresahkan masyarakat dunia. Pasalnya, hingga hari ini, pandemi ini masih belum dinyatakan selesai. Salah satu cara melawan virus ini dengan mengonsumsi suplemen. Benarkah demikian?

Sebenarnya, belum ada penelitian pasti yang menunjukkan bahwa konsumsi vitamin adalah cara yang ampuh agar terhindar 100% dari Covid-19. Namun, setidaknya menurut beberapa ahli nutrisi, mengonsumsi suplemen atau vitamin dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan efek baik terhadap tubuh.

Sebaliknya, jika terlalu banyak akan menimbulkan efek yang berbahaya. Tambah lagi, konsumsi suplemen vitamin dapat meningkatkan imun beberapa penyakit, salah satunya influenza. Selain upaya pencegahan, konsumsi vitamin juga membantu proses penyembuhan lebih cepat. Yang pasti, seseorang harus mengonsumsi suplemen vitamin apabila mengalami defisit vitamin tertentu.

WHO menyatakan bahwa belum ada obat-obatan atau suplemen yang secara riset mampu mencegah seseorang tertular Covid-19. Hanya saja, asupan gizi seimbang sekaligus gaya hidup sehat dinilai membantu merawat imunitas tubuh sehingga meminimalisir penularan Covid-19. Selama belum ditemukan metode pengobatan yang efektif, CDC dan WHO menganjurkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan pola makannya.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda dapat konsultasi dengan dokter online melalui aplikasi Lifepack.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022