fbpx

Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi

by | May 27, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kandungan berupa beta-karoten merupakan senyawa dari karotenoid yang memiliki tanggung jawab sebagai pemberi pigmen yang berwarna orange pada sayuran atau buah. Kandungan beta karoten memiliki fungsi supaya dapat membantu untuk melindungi diri dari yang namanya penuaan maupun kanker. Apa saja jenis makanan mengandung betakaroten tinggi?

Perlu diketahui dengan baik bahwa untuk beta karoten termasuk pada jenis Vitamin yang larut pada lemak, sehingga untuk makanan yang mempunyai kandungan lemak yang membantu untuk melakukan penyerapan beta karoten yang terdapat di dalam tubuh. Ada banyak jenis makanan dengan kandungan beta karoten yang bisa dikonsumsi.

Daftar Makanan Mengandung Betakaroten

Dari sekian banyaknya kandungan beta karoten yang terdapat pada makanan, Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan pencariannya. Berikut ini daftar makanan yang memiliki kandungan betakaroten yang sudah dirangkum oleh Ngovee, informasi kesehatan terpercaya yaitu:

1. Buah wortel

Buah yang berwarna orange ini tidak hanya memiliki kandungan berupa Alfa karoten saja. Akan tetapi untuk wortel juga mempunyai kandungan betakaroten yang tergolong sangat tinggi. Untuk 1 kg wortel yang dimasak yang mempunyai kandungan berupa beta karoten kisaran 120%. Jika dibandingkan pada posisi harian sesuai yang direkomendasikan. Melihat ini maka Anda harus mengkonsultasikannya kepada dokter mengenai jumlah buah wortel yang seharusnya dikonsumsi dalam sehari.

2. Ubi jalar

Selain wortel, kandungan sayuran atau makanan yang memiliki kandungan beta karoten yaitu terdapat pada ubi jalar. Dengan kandungan betakaroten yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh maka Anda disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin. Namun perlu diingat untuk porsinya tidak boleh secara berlebihan. Sehingga perhatikan jumlah beta karoten yang Anda konsumsi.

3. Bayam

Bayam tidak hanya mempunyai kandungan berupa vitamin dan nutrisi yang melimpah saja. Akan tetapi kandungan betakaroten juga bisa ditemukan pada sayuran hijau ini. Kandungan yang dimilikinya tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh sehingga untuk sayuran bayam ini bisa dimasak dengan berbagai macam sayuran. Segala jenis makanan yang diolah dari bayam bisa Anda konsumsi supaya kebutuhan akan tubuh terhadap vitamin maupun nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.

4. Buah melon

Hampir semua orang sudah bisa dipastikan akan menyukai buah yang satu ini. karena dagingnya yang sangat manis dengan tekstur yang lembut, menjadikan buah melon memiliki jumlah penikmat yang banyak. Namun tahukah Anda? Buah yang satu ini ternyata juga mempunyai kandungan vitamin serta nutrisi yang sangat melimpah, termasuk pada beta karoten yang mempunyai jumlah yang cukup ketika dikonsumsi. 

Tapi perlu diingat dengan baik bahwa mengkonsumsi buah melon tidak boleh melebihi batas normalnya. Sehingga perhatikan jumlah yang harus dikonsumsi, terutama bagi Anda yang mengkonsumsinya terlalu sering atau setiap hari supaya tidak menimbulkan dampak negatif.

Dosis mengkonsumsi beta karoten

Untuk jumlah vitamin A sengaja di butuhkan, namun hal ini tetap bergantung pada status reproduksi beserta usia. Untuk asupan vitamin A selalu direkomendasikan bagi orang yang sudah berusia 14 tahun keatas. Sementara vitamin A tersebut kisaran antara 700 dan juga 900 mikrogram. Dengan hal tersebut maka Anda sudah bisa melakukan perhitungan mengenai jumlah dosis dari Beta karoten yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk remaja dan dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi beta-karoten sebanyak 1-8 mg. Hal ini setara dengan jenis vitamin A sebanyak 0,5-1,5 mg. Anak-anak dianjurkan mengkonsumsi betakaroten sebanyak 0,5-5mg. Hal ini setara dengan vitamin A sebanyak 250-500 mcg.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat
Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Apabila mengkonsumsi beta karoten secara berlebihan tentunya dikhawatirkan mampu menimbulkan dosis yang tinggi atau bahkan memberikan efek samping yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel tubuh. Dari beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa resiko kematian bisa disebabkan apabila seseorang mengkonsumsi suplemen berupa beta-karoten pada dosis yang tinggi.

Selain itu beta karoten yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan adanya resiko kanker tertentu. Sehingga hal ini lebih memungkinkan adanya efek samping serius yang lainnya. Untuk menghindari hal ini maka disarankan bagi Anda supaya mengkonsumsi suplemen yang tepat. Untuk suplemen paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh secara tepat yaitu suplemen Jovee.

Itulah beberapa jenis makanan mengandung betakaroten tinggi. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Beta-Carotene: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and WarningBeta Carotene (Oral Route) Precautions

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional