fbpx
BerandaMakanan SehatJenis Makanan Mengandung Beta Karoten Tinggi

Kandungan pangan berupa beta karoten merupakan senyawa dari karotenoid yang memiliki tanggung jawab sebagai pemberi pigmen berwarna orange atau jingga pada sayuran atau buah. Kandungan beta karoten memiliki fungsi dalam membantu melindungi tubuh dari penuaan maupun kanker. Lalu, apa saja jenis makanan mengandung beta karoten tinggi?

Jenis makanan yang mengandung betakaroten tinggi

Perlu diketahui dengan baik bahwa beta karoten masuk di jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, makanan yang punya kandungan lemak dapat membantu melakukan penyerapan beta karoten yang terdapat di dalam tubuh. Ada banyak jenis makanan dengan kandungan beta karoten yang bisa kamu konsumsi.

Daftar Makanan Mengandung Beta Karoten

Beta karoten sendiri merupakan bentuk senyawa yang akan diubah menjadi vitamin A begitu sumber makanannya diolah di dalam tubuh. Dari sekian banyaknya kandungan beta karoten yang terdapat pada makanan, kamu tidak perlu khawatir ketika melakukan pencariannya. Berikut ini daftar makanan yang memiliki kandungan beta karoten yang sudah dirangkum oleh Tim Jovee.

Sayuran dan Umbi

1. Wortel

Wortel tidak hanya menjadi makanan yang mengandung karoten alfa saja. Akan tetapi, tanaman sayuran akar yang berwarna jibungga ini juga mempunyai kandungan beta karoten yang tergolong sangat tinggi. Untuk 1 kg wortel yang dimasak mempunyai kandungan beta karoten yang berkisar 120% sesuai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kamu pun bisa mengonsultasikannya dengan dokter untuk mengetahui jumlah wortel yang sebaiknya kamu konsumsi dalam sehari.

2. Ubi jalar

Selain wortel, sumber makanan yang memiliki kandungan beta karoten juga terdapat pada ubi jalar. Dengan kandungan beta karoten yang cukup tinggi, ubi jalar jadi salah satu sumber makanan yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin agar kebutuhan beta karoten harian tubuh tercukupi. Namun, perlu diingat untuk porsinya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karenanya, perhatikanlah jumlah beta karoten yang kamu konsumsi.

3. Bayam

Bayam tidak hanya mempunyai kandungan berupa vitamin dan nutrisi yang melimpah saja. Akan tetapi, kandungan beta karoten di dalamnya juga bisa ditemukan pada sayuran hijau ini. Makanan yang mengandung beta karoten serta nutrisi melimpah lainnya ini tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh, apalagi bila bayam dimasak dengan berbagai macam sayuran lainnya. Segala jenis makanan yang diolah dari bayam bisa kamu konsumsi supaya kebutuhan akan tubuh terhadap vitamin maupun jenis gizi lainnya dapat terpenuhi dengan baik.

Buah

4. Melon

Hampir semua orang menyukai buah yang satu ini. Dagingnya yang sangat manis dengan tekstur yang lembut menjadikan buah melon memiliki jumlah penikmat yang banyak. Namun, tahukah kamu? Buah yang satu ini ternyata juga mempunyai kandungan vitamin serta nutrisi yang sangat melimpah, termasuk beta karoten yang mempunyai jumlah yang cukup ketika dikonsumsi.

Tapi perlu diingat dengan baik bahwa konsumsi buah melon tidak boleh melebihi batas normalnya. Oleh sebab itu, perhatikan pula jumlah yang harus dikonsumsi, terutama bagi kamu yang suka menyantapnya terlalu sering sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuhmu.

4. Aprikot

Makanan tinggi beta karoten lainnya bisa kamu temukan di buah aprikot. Buah khas Mediterania yang mirip apel ini dikenal sebagai sumber vitamin A yang tinggi. Hal tersebut juga didasarkan fakta bahwa aprikot termasuk salah satu buah yang mengandung beta karoten yang tinggi. Bahkan, beta karoten di dalam buah aprikot dinilai sebagai penyumbang vitamin A tertinggi hingga 1669 mkg. Jumlah ini melebihi alfa karoten dan beta cryptoxanthin yang juga bertindak sebagai bentuk awal vitamin A lainnya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian sebesar 60% dari satu cangkir buah aprikot atau sekitar 155 gram.

Rempah

5. Paprika

Selain buah dan sayur, beberapa makanan dari kategori rempah juga menjadi sumber beta karoten yang besar. Salah satu rempah yang dikenal dengan beta karoten melimpah adalah paprika. Dalam takaran satu sendok makan atau sekitar 7 gram rempah paprika bisa menyumbang hingga 1.868 mkg beta karoten. Jumlah vitamin A dari rempah paprika sendiri bisa mencukupi 71% kebutuhan harian.

6. Bubuk Cabai

Bubuk cabai termasuk ke dalam rempah dengan kandungan beta karoten yang tinggi juga. Dalam satu takaran sendok makan atau sekitar 8 gram bubuk cabai mengandung hingga 1.125 mkg beta karoten. Jumlah ini juga menyumbang kecukupan vitamin A harian hingga 44%.

7. Daun Ketumbar

makanan-mengandung-beta-karoten

Siapa yang sangka bila rempah yang biasa digunakan untuk memperkaya rasa masakan ini juga memiliki kandungan beta karoten yang tinggi. Daun ketumbar dalam takaran 100 gram bisa menyimpan hingga 3.930 mkg beta karoten. Apalagi, dalam takaran daun ketumbar yang sama, kamu bisa memperoleh kecukupan vitamin A harian sampai 135%.

Manfaat Beta Karoten

1. Kesehatan Mata

Menyantap makanan yang mengandung beta karoten tinggi untuk kebutuhan nutrisi harian sangatlah penting untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang diberi kandungan nutrisi beta karoten adalah melindungi fungsi mata. Sebuah temuan menunjukkan bila tubuh yang menyimpan senyawa karotenoid tinggi seperti beta karoten dapat menurunkan risiko terkena penurunan fungsi makula (bagian tengah retina) atau yang dikenal dengan nama AMD hingga 35%.

Bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin A (betakaroten) coba konsumsi Konilife Vision – Vitamin Mata (Rp 192.500). Vision adalah suplemen kombinasi vitamin A, lutein dan zinc yang berfungsi untuk memelihara kesehatan mata

2. Fungsi Kognitif

Beta karoten juga menawarkan keuntungan lainnya bagi peningkatan kinerja kognitif. Hal ini berasal dari sifat antioksidan yang dimilikinya. Tinjauan dari beberapa studi menyebutkan bila antioksidan, termasuk beta karoten, memberikan efek positif bagi fungsi kognitif dan daya ingat.

3. Kebaikan Kulit

Beta karoten disebut pula dapat meningkatkan kesehatan kulit. Fungsi ini didasarkan pula dari efek antioksidan yang dimilikinya. Sebuah studi menyebut bila asupan mikronutrien antioksidan yang besar, termasuk beta karoten, dapat menaikkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar UV dan menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Meski begitu, perlindungan yang diberikan beta karoten masih kalah dengan yang diberikan produk tabir surya dalam bentuk krim atau topikal.

4. Kesehatan Paru-paru

Vitamin A yang juga bisa didapatkan dari pengolahan beta karoten di dalam tubuh dapat membantu kerja paru-paru yang optimal. Sebuah studi mendapati bila orang yang mengonsumsi buah dan sayur yang kaya karotenoid seperti beta karoten dapat memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kanker paru-paru.

Dosis Beta Karoten yang Aman

Untuk jumlah vitamin A dari beta karoten yang diperlukan tubuh, kamu perlu melihatnya dari status usia. Untuk asupan vitamin A tambahan selalu direkomendasikan bagi orang yang sudah berusia 14 tahun ke atas. Sementara, vitamin A tersebut ada di kisaran antara 700 sampai 900 mikrogram (mkg). Dengan hal tersebut, setidaknya kamu sudah bisa melakukan perhitungan akan jumlah dosis dari beta karoten yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk remaja dan dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi beta karoten sebanyak 1-8 mg. Hal ini setara dengan asupan jenis vitamin A sebanyak 0,5-1,5 mg. Anak-anak dianjurkan mengonsumsi beta karoten sebanyak 0,5-5 mg. Hal ini setara dengan asupan vitamin A sebanyak 250-500 mkg.

Beta karoten yang dikonsumsi secara berlebihan tentunya dikhawatirkan. Sebab, dosis yang tinggi dapat menimbulkan efek samping yang berimbas pada kerusakan sel tubuh. Dari beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa resiko kematian bisa meningkat apabila seseorang mengonsumsi suplemen dengan kandungan beta karoten pada dosis yang melebihi anjurannya.

Selain itu, beta karoten yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko kanker tertentu. Sehingga, hal ini lebih memungkinkan untuk memicu efek samping serius yang lainnya. Agar dapat menghindari hal ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang tepat.

Kamu bisa mendapatkan suplemen rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh secara tepat, langsung dari nutrisionis di website dan aplikasi Jovee. Itulah beberapa jenis makanan mengandung beta karoten tinggi. Semoga bermanfaat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat

Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil

7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Simak artikel seputar tips dan trik kesehatan lainnya dari Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu. Cari tahu pula tentang suplemen yang kamu butuhkan dengan berkonsultasi secara gratis dengan nutrisionis Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022