fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKalsium, Seperti Apa Kandungannya?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

KALSIUM, SEPERTI APA KANDUNGANNYA?

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat. Penasaran dengan ulasan nutrisi penting yang satu ini? Ini dia penjelasannya

Pengertian Kalsium

Kalsium adalah jenis nutrisi yang diperlukan bagi kehidupan. Selain berperan penting dalam pembangunan tulang dan menjaganya agar tetap sehat, nutrisi ini juga memungkinkan otot untuk berkontraksi dan jantung untuk berdetak. 

Sekitar 99% nutrisi di tubuh kita ada di tulang dan gigi kita. Tulang itu sendiri mengalami remodeling terus menerus, dengan cara meresorpsi konstan dan pengendapan kalsium ke dalam tulang baru. Keseimbangan antara resorpsi tulang dan deposisi berubah seiring bertambahnya usia. 

Pembentukan tulang pada periode pertumbuhan pada anak-anak dan remaja sangatlah tinggi. Sedangkan pada dewasa awal dan menengah kedua proses pertumbuhan dan deposisi relatif sama. 

Pada orang dewasa dan lanjut usia, terutama di kalangan wanita pasca menopause, kerusakan tulang lebih tinggi dibandingkan dengan pembentukannya. Hal ini tentu akan mengakibatkan keropos tulang yang meningkatkan risiko osteoporosis.

Jenis-jenis Makanan Yang Mengandung Kalsium

Nutrisi ini ditemukan dalam banyak makanan. Anda bisa mendapatkan jumlah kalsium yang cukup jika mengonsumsi mengonsumsi berbagai makanan yang disarankan. Beberapa jenis makanan dengan kandungan yang tinggi antara lain:

  • Susu, yogurt, dan keju. Ketiga jenis makanan ini merupakan sumber utama nutrisi dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Amerika Serikat.
  • Kale, brokoli, dan kol adalah sumber nabati yang baik.
  • Ikan dengan tulang lunak yang Anda makan, seperti ikan sarden kalengan dan salmon juga merupakan sumber kalsium hewani yang baik.
  • Sebagian besar biji-bijian (seperti roti, pasta, dan sereal yang tidak difortifikasi), walaupun tidak kaya, namun biasanya jenis makanan ini dikonsumsi dalam jumlah besar sehingga kebutuhan nutrisi ini bisa tercukupi.

Manfaat Kalsium

Mengkonsumsi makanan dengan kalsium rutin juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat pengkonsumsian yang bisa didapatkan antara lain:

  • Kesehatan tulang

Sekitar 99% nutrisi ini terdapat di dalam tubuh manusia seperti tulang dan gigi. Oleh karena itu nutrisi ini sangat penting untuk pengembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang.

Ketika anak-anak tumbuh, maka nutrisi ini akan berkontribusi pada perkembangan tulang mereka. Jika seseorang berhenti tumbuh, maka nutrisi ini akan terus membantu menjaga tulang dan memperlambat kehilangan kepadatan tulang, yang merupakan bagian alami dari proses penuaan.

  • Mengatur Kontraksi Otot

Nutrisi ini juga mampu membantu mengatur kontraksi otot. Ketika saraf merangsang otot, maka tubuh melepaskan kandungannya. Nutrisi ini juga dapat membantu protein dalam otot melakukan pekerjaan kontraksi. Ketika tubuh memompa kalsium keluar dari otot, maka otot akan rileks.

  • Menjaga sistem kardiovaskular

Nutrisi ini memainkan peran penting dalam proses pembekuan darah. Proses pembekuan darah sendiri cenderung kompleks dan memiliki sejumlah langkah. Proses ini sendiri melibatkan berbagai bahan kimia.

  • Mempertahankan Aksi Otot Jantung

Pada fungsi otot, nutrisi ini memainkan peran penting yaitu mempertahankan aksi otot jantung. Nutrisi ini juga mampu mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. 

Berbagai penelitian telah menunjukkan kemungkinan hubungan antara konsumsi kalsium yang tinggi dan tekanan darah yang lebih rendah.

Jumlah Asupan Kalsium Sehari-hari

Angka kecukupan gizi seseorang tentu akan berbeda-beda sesuai dengan usia para penggunanya. Agar asupan kalsium yang dikonsumsi tepat, maka Anda harus memperhatikan beberapa angka kecukupan gizi kalsium pada tiap kelompok usia dan jenis kelamin berikut ini:

  • Bayi usia 0-6 bulan. Dosis yang dianjurkan yaitu 200 mg / hari
  • Bayi usia 7-12 bulan. Dosis yang dianjurkan yaitu 260 mg / hari
  • Balita usia 1-3 tahun. Dosis yang dianjurkan yaitu 700 mg / hari
  • Anak-anak usia 4-8 tahun. Dosis yang dianjurkan yaitu 1.000 mg / hari
  • Anak-anak usia 9-18 tahun. Dosis yang dianjurkan yaitu 1.300 mg / hari
  • Dewasa usia 19-50 tahun. Dosis yang dianjurkan yaitu 1.000 mg / hari
  • Lansia usia 51-70 tahun. Dosis yang dianjurkan yaitu 1.200 mg / hari (wanita) 1.000 mg / hari (pria)
  • Lansia usia 70+ tahun. Dosis yang dianjurkan yaitu 1.200 mg / hari

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Niacinamide (Vitamin B3): Idola Baru Para Kaum Hawa
Asam Pantotenat; Pengertian, Manfaat, Dosis Penggunaan dan Efek Samping
Mengenal Biotin: Pengertian, Manfaat, dan Perannya
Pentingnya manfaat Elektrolit Chloride bagi Tubuh
Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya

Efek Samping Kalsium

Meskipun mungkin jarang, namun beberapa orang mungkin memiliki efek samping yang sangat buruk dan kadang-kadang akan sangat mematikan ketika mengambil obat. 

Oleh karena itu beritahu dokter atau dapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda atau gejala berikut yang dapat menimbulkan efek samping yang sangat buruk:

Tanda-tanda reaksi alergi, seperti ruam; gatal-gatal; gatal; kulit merah, bengkak, melepuh, atau mengelupas dengan atau tanpa demam; mengi; sesak di dada atau tenggorokan; kesulitan bernapas, menelan, atau berbicara; suara serak yang tidak biasa; atau pembengkakan mulut, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan serta sembelit yang sangat buruk.

Untuk bisa mendapatkan asupan yang cukup, maka Anda harus rutin mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan yang tinggi. Selain itu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D seperti BLACKMORES VITAMIN D3 1000 IU (Rp195.805) yang dapat membantu mengatur kadar kalsium dalam darah.

Selain proses pembeliannya yang lebih mudah, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin yang cocok sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tunggu apalagi? Install Jovee sekarang juga.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021