fbpx
BerandaMakanan SehatKandungan dan Khasiat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Saat hamil, tubuh seorang wanita tentunya akan mengalami perubahan. Karenanya, ia harus menyesuaikan kebiasaan makannya dengan perubahan tersebut. Diet sehat adalah faktor penting yang akan memengaruhi kesehatannya serta janin dalam kandungannya. Ada banyak nutrisi esensial yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Makanya, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai kelompok makanan sehat untuk memenuhi zat gizi tersebut. Terlepas dari nutrisi yang diperlukannya, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Lantas, bagaimana dengan kacang hijau, bolehkah ibu hamil memakannya? Adakah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil?

manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil

 

Bolehkah ibu hamil makan kacang hijau?

Mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat jadi hal penting selama masa kehamilan. Mungkin Anda sudah tahu bahwa ikan yang memiliki merkuri tinggi dan daging mentah harus dijauhi oleh ibu hamil. Semua makanan mentah memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Begitu pula dengan sayuran, buah-buahan serta biji-bijian mentah, termasuk kacang hijau. Secara umum, kacang hijau mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan Anda selama hamil. Anda pun boleh-boleh saja mengonsumsi kacang hijau.

Tetapi, Anda harus memakan kacang hijau yang matang. Pasalnya, kacang hijau mentah, apalagi yang tidak dicuci sebelumnya, bisa jadi mengandung bakteri serta patogen berbahaya bagi kesehatan Anda dan janin.

Ketika Anda hamil, sistem kekebalan tubuh akan cenderung melemah. Inilah sebabnya Anda akan menjadi lebih rentan terinfeksi penyakit. Banyak sekali makanan yang mengandung bakteri ataupun patogen penyebab penyakit lain selama Anda hamil. Meski Anda tidak merasa sakit, bakteri tersebut mungkin menginfeksi janin Anda. 

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih bahan makanan berkualitas bagus, mencuci sayur dan buah-buahan sebelum memakannya, serta mengolahnya sampai matang.

 

Zat gizi yang terkandung dalam kacang hijau

makanan-ibu-hamil-trimester-1

Kacang hijau atau Vigna radiata adalah biji berukuran kecil dan berwarna hijau, serta termasuk ke dalam keluarga polong-polongan. Kacang ini berasal dari India dan tumbuh juga di beberapa Negara Asia Tenggara.

Biasanya, masyarakat Indonesia suka sekali mengolah kacang hijau menjadi bubur karena rasanya yang manis. Sebelum membuatnya jadi bubur, kacang hijau perlu direndam dalam air selama beberapa lama hingga lunak. Tapi, jangan rendam kacang sampai semalaman agar tidak berkecambah.

Menurut data dari US Department of Agriculture, 100 gram (g) kacang hijau mentah mengandung:

  • 9,05 g air
  • 347 kalori
  • 23,86 g protein
  • 1,15 g lemak total
  • 62,62 g karbohidrat
  • 16,3 g serat
  • 6,6 g gula total
  • 132 miligram (mg) kalsium
  • 6,74 mg besi
  • 189 mg magnesium
  • 367 mg fosfor
  • 625 mikrogram (mcg) vitamin B9 atau folat
  • 4,8 mg vitamin C
  • 68 mcg beta karoten

Jenis polong-polongan ini merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Mung bean pun diperkaya oleh asam amino esensial berupa phenylalanine, leucine, isoleucine, valine, lysine, dan arginin. Selain itu, kacang hijau juga memiliki kalium, natrium, zinc, tembaga, mangan, selenium, vitamin A, B1, B2, B3, B5, dan B6.

Antioksidan pada kacang hijau, antara lain phenolic acid, flavonoid, caffeic acid, dan cinnamic acid. Senyawa antioksidan akan melindungi sel tubuh ibu hamil dan janinnya dari molekul jahat yang berpotensi membahayakan mereka, misalnya radikal bebas.

Dalam kadar atau jumlah yang lebih tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan sel tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan. Kerusakan sel ini dikaitkan dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, serta penyakit kronis lainnya.

 

Kacang hijau dan taoge ternyata mengandung nutrisi yang berbeda

Kacang hijau bisa berkecambah dan berubah menjadi taoge. Perubahan menjadi taoge ini ternyata akan merubah komposisi nutrisi pada kacang hijau pula. Kalori taoge lebih kecil daripada kalori yang terdapat pada kacang hijau. 

Plus, taoge mengandung asam amino dan antioksidan yang lebih banyak. Taoge juga diyakini memiliki asam fitat yang lebih sedikit. Asam fitat merupakan antinutrien yang akan mengurangi penyerapan mineral seperti zinc, magnesium, dan kalsium.

 

Berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Ada beragam manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang tidak perlu diragukan lagi. Banyak kandungan nutrisi bermanfaat dalam kacang hijau, seperti asam folat, vitamin B1, dan zat besi. Ketiga zat gizi mikro ini adalah sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan.

Secara umum, mengonsumsi kacang hijau dapat memberikan Anda manfaat berupa:

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol darah
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengurangi risiko kanker
  • Meredakan gejala PMS pada wanita
  • Melancarkan pencernaan

Sementara sejumlah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, meliputi:

1. Mendukung tumbuh kembang otak bayi

Salah satu zat di dalam kacang hijau ini adalah vitamin B1, yang dikenal juga dengan nama tiamin. Manfaat utama dari tiamin adalah menyediakan energi dari karbohidrat, lemak, maupun protein. 

Mencukupi kebutuhan tiamin selama masa kehamilan sangat membantu menjaga kesehatan bayi Anda ketika lahir. Selain berperan dalam menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung pada ibu hamil, fungsi vitamin B1 juga penting dalam membantu perkembangan otak bayi.

Kamu dapat menemukan kandungan kacang hijau pada suplemen Vegeblend 21 JR Sari Sayuran Alami – Vitamin Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh (Rp117.128).

2. Mencukupi kebutuhan asupan zat besi

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang tidak kalah penting yaitu memenuhi kebutuhan zat besi harian. Tubuh ibu hamil otomatis akan menghasilkan sel darah merah yang lebih banyak untuk mengirimkan nutrisi dan oksigen ekstra ke janin. Karenanya, Anda perlu memenuhi asupan besi harian.

Menurut pedoman angka kecukupan gizi, ibu hamil memerlukan zat besi lebih banyak, yaitu sekitar 25 mg per hari. Mineral tersebut harus dipenuhi untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, terutama pada kehamilan usia trimester kedua dan ketiga.

Kekurangan zat besi pada masa kehamilan akan meningkatkan risiko anemia, bayi lahir dengan berat badan rendah atau BBLR, bayi lahir prematur dan stillbirth atau bayi lahir mati.

Baca juga: Makanan Penambah Hb untuk Cegah Anemia pada Ibu Hamil

3. Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Seperti yang telah disebutkan di atas, kacang hijau kaya akan vitamin B9 atau folat. Folat yang terkandung dalam kacang hijau sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, sehingga sering disebut-sebut sebagai zat pahlawan bagi ibu hamil. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat sebelum hamil dapat membantu mencegah cacat lahir termasuk cacat tabung saraf, seperti spina bifida, encephalocele dan anencephaly

Konsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari sebelum dan selama masa kehamilan akan membantu mencegah bayi terlahir dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Itulah sejumlah manfaat kacang hijau untuk kesehatan, terutama selama kehamilan. Anda bisa menjadikan kacang hijau sebagai asupan tambahan dalam menu sehari-hari, selain buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, Anda sebaiknya juga mengonsumsi berbagai kacang-kacangan lain untuk memenuhi nutrisi esensial saat hamil. 

Bila Anda makan beragam kelompok makanan, zat gizi yang akan Anda peroleh pun bervariasi. Konsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan, untuk mendapatkan anjuran nutrisi yang tepat selama kehamilan.

Baca juga:

Diet Sehat dan Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil

Mengapa Omega 3 Penting untuk Ibu Hamil?

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

USDA. 2019. Mung beans, mature seeds, raw.

Permenkes No. 28 Tahun 2019.

Jon J. (MedicalNewsToday). 2019. What foods are off limits while pregnant?

Ryan R. (Healthline). 2018. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans.

Health Fame. 2016. Mung Beans Nutrition & Benefits For Pregnant Women.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021

Apakah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Sangat Penting?

Makanan Sehat   16/11/2021

Teh Jati Cina

Makanan Sehat   27/10/2021

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021