fbpx
BerandaKesehatan KulitKandungan dan Rekomendasi Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Sama seperti anggota tubuh lainnya, kulit kita memerlukan perawatan dan perlindungan. Namun, banyak orang yang belum memahami bahwa yang dimaksud merawat dan melindungi kulit sebetulnya adalah bagian skin barrier-nya.

Polusi udara, kotoran, paparan sinar matahari, hingga cara perawatan kulit yang tidak tepat dapat merusak skin barrier. Skin barrier adalah lapisan terluar tubuh yang menjadi tameng pertama yang menghadapi segala risiko dari luar.

Untuk membantu menjaga kesehatannya, kamu dapat memilih skincare yang ditujukan untuk merawat skin barrier yang rusak. Lalu, seperti apakah kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier? Apa produk skincare lokal untuk memperbaiki skin barrier yang dapat dengan mudah dibeli dengan harga terjangkau?

Berikut ini Jovee merangkum serba-serbi tentang skin barrier dan rekomendasi skincare untuk memperbaiki skin barrier yang layak dicoba:

Apa Itu Skin Barrier?

Kulit kita terdiri dari lapisan-lapisan yang masing-masing punya fungsi penting dalam melindungi tubuh.

Lapisan luar, yang disebut dengan stratum korneum, terdiri dari sel-sel kulit yang keras yang disebut korneosit. Korneosit ini diikat bersama dengan lipid menghasilkan skin barrier atau penghalang kulit.

Di dalam sel kulit, terdapat keratin dan pelembap alami yang berasal dari lapisan lipid. Lapisan lipid berisi kolesterol, asam lemak, dan ceramides.

Fungsi Skin Barrier

Skin barrier ini sangatlah tipis, tetapi menjadi penghalang yang hebat. Tanpanya, berbagai racun dari lingkungan luar dan patogen yang berbahaya dapat menembus kulit dan menyebabkan efek samping di dalam tubuh kita.

Selain itu, tanpa skin barrier, air dalam tubuh akan mudah keluar dan menguap. Apabila hal ini terjadi, maka tubuh kita, terutama kulit, mudah mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan.

Oleh karena itulah, skin barrier sangat penting untuk dijaga dan dirawat untuk kesehatan tubuh secara umum agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Tanda-tanda Skin Barrier Rusak

Ada berbagai tanda-tanda skin barrier yang rusak. Namun, biasanya penyebab utamanya adalah karena kulit kehilangan kelembapan alaminya. Apabila kamu mengalami tanda-tanda masalah kulit berikut ini, maka inilah saatnya untuk memperbaiki skin barrier kamu:

  • Kulit kering atau bersisik
  • Kulit kusam
  • Kulit yang gatal
  • Peradangan
  • Hiperpigmentasi
  • Munculnya infeksi bakteri, virus, atau jamur pada kulit
  • Mudah munculnya jerawat

Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Untuk memperbaiki skin barrier yang rusak atau mencegah kerusakannya, kamu perlu melakukan perawatan yang rutin dan telaten. Ada beberapa kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier yang bisa digunakan, antara lain:

Ceramide

Ceramide sebetulnya terkandung secara alami pada kulit kita. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kandungan ceramide alami berkurang atau melambat produksinya. Karena itulah, skincare yang mengandung ceramide dapat membantu mengatasi hal ini.

Pilih pelembap yang mengandung ceramide untuk membantu memperkuat struktur skin barrier. Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, produk skincare yang mengandung ceramide disarankan karena pemilik kulit berjerawat umumnya skin barriernya telah rusak sehingga perlu dibantu oleh skincare untuk perawatannya.

Selain itu melembapkan kulit, skincare yang mengandung ceramide juga dapat membantu melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

Hyaluronic acid, petrolatum, atau gliserin

Kulit kering adalah permasalahan yang banyak dialami orang-orang. Menggunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid, petrolatum, atau gliserin dapat membantu skin barrier dalam menjaga hidrasi kulit. Produk-produk skincare untuk memperbaiki skin barrier ini meninggalkan lapisan tipis di kulit yang dapat membantu menahan kandungan air pada kulit sehingga kulit senantiasa lembap.

Urutan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Mungkin terdengar janggal, tetapi terlalu banyak menggunakan produk skincare ternyata justru dapat melembahkan skin barrier kulit kita. Oleh karena itu, disarankan untuk menyederhanakan urutan skincare dengan memilih produk-produk yang penting dan paling efektif.

  1. Gunakan sabun pencuci muka yang lembut.
  2. Cuci muka dengan air hangat agar kulit bersih, tetapi tidak membuatnya menjadi kering.
  3. Lanjutkan dengan menggunakan serum untuk menggantikan minyak kulit yang hilang setelah mencuci muka.
  4. Aplikasikan krim pelembap yang kaya akan hyaluronic acid atau kandungan lain yang direkomendasikan di atas agar kulit senantiasa lembap dan kenyal.
  5. Terakhir, jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah kita dari paparan buruk sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Rekomendasi Skincare Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier

Saat ini produk skincare lokal semakin berkembang. Di antaranya terdapat produk-produk skincare untuk memperbaiki skin barrier yang dapat kamu coba dengan menyesuaikan kondisi kulitmu, antara lain:

  1. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream
  2. Skintific 5x Ceramide Barrier Moisture Gel
  3. Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum

Itulah beberapa produk skincare lokal untuk memperbaiki skin barrier yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantumu menjaga kesehatan kulit ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023