fbpx

Kandungan Nutrisi Strawberry dan Manfaatnya bagi Kesehatan

by | Sep 2, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Strawberry merupakan salah satu buah yang sangat populer dan tersebar luas di dunia, termasuk negara Eropa, Amerika, juga Indonesia. Buah mungil berwarna merah dengan kandungan vitamin serta mineral yang melimpah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

 

Nutrisi di dalam buah strawberry

Walaupun di dalamnya terdapat lemak dan protein, kandungan utama buah strawberry ialah 91% air dan 7,7% karbohidrat. Dalam 3,5 ons strawberry, atau setara dengan 100 gram, terkandung:

  • 32 kalori
  • 90,95 gram air
  • 7,68 gram karbohidrat
  • 0,67 gram protein
  • 0,3 gram lemak total
  • 4,9 gram gula total
  • 2 gram serat

Disamping nutrisi makro, strawberry juga mengandung vitamin dan mineral, diantaranya adalah:

  • Mangan. Biasanya mineral ini banyak ditemukan pada gandum utuh, polong-polongan, buah serta sayur.  
  • Folat (vitamin B9). Folat dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan jaringan, serta fungsi sel. Sedangkan asam folat, bentuk sintesis dari vitamin B9, penting untuk ibu hamil dalam pencegahan risiko cacat tabung saraf pada janin.
  • Kalium. Mineral ini memainkan peran penting dalam tubuh, seperti mengontrol tekanan darah.
  • Vitamin C. Kandungannya di dalam strawberry ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Konsumsi buah strawberry dapat memberikan sekitar 94 miligram yang setara dengan 1,5 kebutuhan vitamin C harian.
  • Antioksidan, terutama pelargonidin, ellagic acid, ellagitannins, dan procyanidins. Zat antioksidan tinggi di dalam buah ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dipicu oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga melindungi organ hati dan bersifat antiinflamasi.

Tidak hanya itu, di dalam buah ini juga terdapat vitamin B6, vitamin K, dan vitamin E serta mineral zat besi, magnesium, fosfor, juga tembaga.

 

5 alasan kenapa harus mengonsumsi buah strawberry

Konsumsi buah ini disebut-sebut dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Buah strawberry bermanfaat untuk meningkatkan fungsi serta kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, serta membantu mencegah penyakit kanker. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mencegah kanker

Strawberry memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin C, ellagic acid, vitamin A, dan vitamin E, yang berperan sebagai zat antioksidan. Selain melawan kerusakan akibat radikal bebas, antioksidan juga berfungsi mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh, bahkan melumpuhkannya.

Meski strawberry sudah diolah, kandungan antioksidannya tetap tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Buah mungil berwarna merah ini juga dipercaya bisa mencegah leukemia atau kanker darahyang tergolong ke dalam jenis kanker mematikandan menghambat pertumbuhan kanker kulit, payudara, hati, serta prostat.

2. Mengontrol gula darah

Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahnya menjadi gula sederhana dan melepaskannya ke dalam aliran darah. Selanjutnya, hormon insulin akan diproduksi.

Insulin akan membantu sel-sel tubuh untuk mengambil gula darah tersebut yang kemudian digunakan sebagai sumber energi ataupun disimpan sebagai cadangan. 

Konsumsi makanan tinggi gula bisa menyebabkan pengaturan gula darah menjadi terganggu sehingga meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Buah strawberry diyakini mampu memperlambat proses pencernaan glukosa dan mengurangi peningkatan gula darah serta kadar insulin secara drastis akibat konsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Makanya, buah ini dikatakan bermanfaat dalam pencegahan sindrom metabolik dan penyakit diabetes tipe 2.

3. Mengontrol tekanan darah

Kandungan zat besi dan kalium yang dimiliki oleh strawberry sangat efektif untuk menekan atau mengatasi tekanan darah tinggi. Sehingga konsumsi buah ini dapat membuat tekanan darah normal kembali.

4. Mencegah penyakit jantung

Memiliki kandungan folat, antioksidan, serat, dan vitamin yang tinggi, membuat buah ini cukup efektif untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol.

Sejumlah studi menemukan hubungan antara konsumsi buah-buahan beri yang mengandung antioksidan anthocyanins dan peningkatan fungsi serta kesehatan jantung. Penelitian lain juga menunjukkan konsumsi kelompok buah beri ini dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. 

Iris Erlund mengatakan, dalam penelitiannya, konsumsi buah beri bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menjaga tekanan darah serta fungsi trombosit darah pada orang usia paruh baya yang memiliki faktor risiko penyakit jantung.

Buah ini juga dikatakan dapat: 

  • meningkatkan status antioksidan dalam darah;
  • meredakan stres oksidatif, dan peradangan; serta
  • meningkatkan fungsi pembuluh darah.

5. Menjaga fungsi dan kesehatan otak

Sumber radikal bebas bisa didapatkan dari lingkungan sekitar dan makanan, yang mana hal ini akan mengancam kesehatan tubuh. Sebab, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, tetapi juga dapat mengancam kondisi pada fungsi otak.

Sehingga untuk mencegah hal tersebut dan menjaga kesehatan otak, kamu bisa mengkonsumsi strawberry. Hal ini dikarenakan fitonutrien dan vitamin C yang ada dalam buah tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi otak.

Selain kelima manfaat di atas, buah strawberry juga dipercaya bisa menjaga kesehatan mata dan kulit, mengobati jerawat, bahkan memutihkan gigi dan membuat nafas lebih segar.

Buah strawberry punya kalori yang cenderung rendah dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Selain rasanya yang manis dan segar, buah ini juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk mengontrol gula darah dan kadar hormon insulin agar tetap normal, mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, serta meredakan peradangan juga stres oksidatif.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

U.S. Department of Agriculture. 2019. Strawberries, raw.

Iris Erlund, dkk. 2008. Favorable effects of berry consumption on platelet function, blood pressure, and HDL cholesterol. Am J Clin Nutr. 87(2):323-331.

Adda B. 2019. Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Andrea G. 2008. Nutritional Benefits of the Strawberry.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional