fbpx
BerandaKesehatan LainnyaKanker Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Tenggorokan merupakan organ tubuh vital yang berperan dalam proses pernapasan. Penyakit yang sering menyerang organ tubuh yang satu ini umumnya adalah radang tenggorokan dan batuk. Namun, terkadang gejala penyakit tenggorokan juga dapat mengindikasikan hal yang lebih serius. Kanker tenggorokan adalah kondisi di mana adanya sel kanker yang berkembang di jaringan tenggorokan.

kanker-tenggorokan

Sayangnya, kanker tenggorokan juga dikenal dengan penyebarannya yang cepat. Oleh sebab itu, kenali gejala kanker sejak dini untuk turunkan risiko komplikasi. Simak penjelasan lengkap mengenai kanker tenggorokan berikut ini.

Jenis kanker tenggorokan

Tenggorokan terdiri dari 2 bagian utama, yakni faring dan laring. Berdasarkan lokasinya, kanker jenis ini dibagi menjadi 2 kategori.

Kanker faring

Faring adalah tabung berongga yang menghubungkan rongga hidung dan bagian belakang mulut ke trakea dan kerongkongan. Sel kanker pada faring diberi nama sesuai dengan lokasi jaringan kanker tumbuh, yang meliputi 3 bagian berikut:

  • Kanker nasofaring
  • Kanker orofaring
  • Kanker hipofaring/laringofaring

Kanker laring

Laring berada di bagian depan bawah tenggorokan, tempat di mana pita suara berada. Sama seperti kanker faring, kanker laring diberi nama sesuai dengan lokasi jaringan kanker tumbuh, yang meliputi:

  • Kanker glotis
  • Kanker subglotis

Gejala kanker tenggorokan

Dilansir dari Healthline, tanda dan gejala kanker tenggorokan meliputi:

  • Batuk yang terus menerus
  • Perubahan pada suara, seperti suara yang berat atau suara serak
  • Kesulitan menelan
  • Penurunan berat badan
  • Sakit telinga
  • Sakit tenggorokan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher

Mengalami dua atau tiga gejala di atas tidak berarti kamu terkena kanker jenis ini. Bisa saja, gejala yang muncul merupakan indikasi gejala penyakit lainnya. Untuk memastikan kanker tenggorokan, diperlukan beberapa tes laboratorium untuk dapatkan diagnosis yang tepat. Namun jika kamu alami beberapa gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab dan faktor risiko kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan terjadi ketika sel-sel di tenggorokan mengalami mutasi genetik. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali dan terus hidup. Sel-sel yang terakumulasi inilah yang akan membentuk tumor di tenggorokan dan menganggu sel normal di sekitarnya.

Merokok merupakan penyebab kanker tenggorokan yang paling dikenal. Pada saat merokok, tubuhmu akan terpapar zat karsinogen yang membahayakan kesehatan.

Zat karsinogen merupakan bahan kimia yang berperan dalam pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tak hanya itu, rokok juga meningkatkan risiko kanker di area kepala dan leher.

Selain merokok, berikut faktor risiko yang jadi penyebab kanker tenggorokan lainnya, menurut American Cancer Society:

  • Konsumsi alkohol
  • Infeksi virus HPV
  • Obesitas
  • Usia di atas 55 tahun
  • Kurang asupan sayur dan buah
  • Faktor genetik

Seseorang yang merokok dan konsumsi alkohol berisiko 30 kali lebih besar untuk mengembangkan kanker orofaring daripada mereka yang tidak, menurut American Cancer Society (ACS).

Selain itu, jenis kelamin laki-laki juga lebih mungkin untuk mengembangkan kanker laring daripada perempuan, menurut data statistik yang diterbitkan oleh NCI. Hal ini karena kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang lebih banyak terjadi pada kelompok laki-laki.

Baca juga: 12 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Pengobatan kanker tenggorokan

Bagaimana cara mengatasi kanker tenggorokan? Dalam pengobatan jenis kanker ini sejumlah dokter spesialis akan terlibat dalam perawatan, seperti:

  • Dokter spesialis onkologi, yang melakukan prosedur bedah
  • Dokter spesialis onkologi radiasi, yang merawat kanker menggunakan terapi radiasi
  • Dokter spesialis patologi, yang memeriksa sampe jaringan dari biopsi
  • Dokter spesialis anestesi, yang memberikan anestesi dan memantau kondisi pasien selama biopsi atau operasi

Sementara, jenis perawatan dapat dilakukan dengan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan juga metode pengobatan lainnya yang direkomendasikan dokter. Metode perawatan yang dilakukan akan diberikan sesuai dengan stadium kanker dan faktor lainnya.

Cara mencegah kanker tenggorokan

kanker-tenggorokan

Belum ada langkah pasti untuk mencegah kanker jenis ini. Namun, kamu bisa mengurangi risiko dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Berhenti merokok. Jika kamu perokok aktif, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tidak sehat ini. Jika dirasa sulit, kamu dapat meminta bantuan tenaga profesional untuk atasi kecanduan merokok.
  • Hindari konsumsi alkohol. Jika bisa, kurangi atau bahkan hindari konsumsi alkohol. Dengan begitu, pola hidup sehat dapat diterapkan dan risiko kanker serta penyakit lainnya dapat ditekan.
  • Pola makan sehat. Penuhi asupan nutrisi seimbang, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Serat telah lama dikenal karena sifat uniknya dalam pengobatan kanker, yang terkait dengan fungsi antineoplastiknya. Diet kaya antioksidan merupakan makanan pencegah kanker. Jika perlu, bantu penuhi asupan nutrisi harian dengan suplemen makanan seperti Vegeblend JR 21 (Rp117.128).
  • Lindungi diri dari virus HPV. Beberapa jenis dari kanker ini dapat menular melalui infeksi virus HPV. Kamu dapat mengurangi risiko penularan dengan melakukan hubungan seksual yang aman (menggunakan kondom), dan tidak berganti-ganti pasangan seksual. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan vaksin HPV untuk menekan risiko infeksi virus HPV.

Baca juga: 7 Bahan Makanan Pemicu Kanker yang Perlu Dihindari

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai gejala, penyebab, dan cara mengatasi kanker tenggorokan. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Telat Haid? Coba 5 Cara Agar Cepat Haid Saat Telat Ini

Kesehatan Lainnya   09/08/2022
penyebab-jerawat-di-jidat

5 Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   08/08/2022
jamur-di-selangkangan

Selangkangan Gatal? Hati-hati Infeksi Jamur Ini

Kesehatan Lainnya   04/08/2022

Wanita Wajib Tahu, Ini Dia Urutan Cara Make-up Natural

Kesehatan Lainnya   02/08/2022
cara-menebalkan-alis

Ini 8 Cara Menebalkan Alis yang Tipis

Kesehatan Lainnya   01/08/2022