fbpx
BerandaKesehatan LainnyaKembalikan Nafsu Makan Bumil dengan 6 Cara Ini

Biasanya ibu hamil akan merasa tidak nafsu makan di awal-awal masa kehamilannya. Hilangnya nafsu makan saat hamil sebenarnya wajar terjadi di trimester pertama. Namun sebaiknya, keadaan ini harus segera ditangani supaya tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan ibu maupun janin. Bumil perlu memenuhi asupan nutrisinya agar perkembangan janin optimal dan terhindar dari risiko komplikasi kehamilan.

Kembalikan Nafsu Makan Bumil dengan 6 Cara Ini

Kenapa bumil bisa tidak nafsu makan?

Hampir semua wanita hamil pasti mengalami mual dan muntah. Nah, kehilangan nafsu makan pada ibu hamil seringkali dikaitkan dengan mual di pagi hari alias morning sickness. Gejala mual di pagi hari tersebut dikatakan sebagai cara alami tubuh untuk melindungi janin dari makanan yang berbahaya.

Perubahan hormon, terutama peningkatan estrogen dan hCG (human chorionic gonadotropin), juga berperan dalam gejala mual serta sensitivitas indera penciuman. Ketika ibu hamil menjadi sensitif terhadap aroma suatu makanan, tidak heran jika nafsu makannya jadi turun bahkan hilang.

6 cara mengatasi masalah nafsu makan pada bumil

Pertambahan berat badan saat hamil adalah salah satu tanda bahwa Anda sudah mengonsumsi cukup makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Idealnya berat badan ibu hamil bertambah sekitar 25 – 35 pounds atau sekitar 11 – 16 kg dari berat badan awal.

Ketika nafsu makan bumil menurun, akibat yang bisa timbul mulai dari penurunan berat badan, melemahnya sistem imun, risiko kekurangan nutrisi selama kehamilan, gangguan tumbuh kembang janin, lahir prematur, sampai keguguran.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan nafsu makan bumil?

1. Banyak minum air

Untuk menyiasati rasa tidak nafsu makan, Anda bisa mengonsumsi minuman. Tidak cuma air putih, melainkan juga jus buah-buahan serta sayuran segar. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat hamil tidak kalah penting dari mencukupi gizi seimbang.

Minumlah setidaknya 8 – 10 gelas air setiap harinya. Air hangat yang ditambahkan lemon atau jahe bisa dijadikan alternatif pengganti air putih. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman herbal, konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau nutrisionis. Pastikan juga Anda tidak mengonsumsi gula berlebihan.

2. Akali dengan vitamin prenatal

Saat tidak nafsu makan, kebutuhan nutrisi mungkin saja tidak tercukupi. Untuk mengakalinya, bumil bisa mengonsumsi vitamin prenatal, tentunya sesuai anjuran dokter, sebagai upaya tambahan dalam pemenuhan zat gizi.

Anda dapat mengonsumsi vitamin prenatal dalam bentuk tablet yang padat ataupun kenyal, serta sirop.

“Pada awal kehamilan dikarenakan ada rasa mual terkadang ibu hamil kurang nafsu makan, namun tetap perlu diperhatikan untuk kecukupan nutrisi ibu hamil. Kekurangan mikronutrien seperti vitamin A, zat besi, yodium dan folat sangat umum terjadi selama kehamilan, karena peningkatan kebutuhan nutrisi ibu dan janin yang sedang berkembang. Misalnya saja Kebutuhan kalsium harian ibu hamil adalah sebanyak 1000-1200 miligram, dan juga asam folat sebanyak 600-800 mikrogram, dan zat besi sebanyak 27 miligram dan juga nutrisi lainnya” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

3. Hilangkan rasa mual dengan minum air jahe

Gejala mual saat hamil membuat beberapa wanita sampai tidak sanggup menelan makanan. Apabila Anda adalah salah satunya, cobalah hilangkan dulu rasa mual Anda dengan meminum air jahe. Tidak mesti air rebusan jahe, Anda dapat mencampurkan rempah ini ke dalam teh atau membuat wedang jahe sendiri.

Jahe sudah dikenal dengan kemampuannya dalam meredakan mual. Saat rasa mual sudah berangsur-angsur hilang, nafsu makan pun bisa kembali.

4. Hindari makanan berbau kuat dan berminyak

Pada beberapa ibu hamil, sensitivitas indera penciuman mungkin akan sangat mengganggu. Menghirup aroma makanan yang berbau terlalu tajam seperti kari atau tumisan bawang putih, serta makanan yang berminyak dan digoreng terlalu banyak bisa membuat bumil mual dan tidak berselera makan.

Jangan gunakan bumbu dan rempah yang berbau terlalu kuat untuk makanan Anda. Beberapa bumbu masakan dan rempah memiliki bau yang menyengat. Karenanya, hindari penggunaan bubuk cabai, kayu manis dan cabe rawit untuk mencegah hilangnya nafsu makan.

Cara lain untuk mengakali makanan berbau menyengat adalah dengan mengonsumsinya ketika sudah dingin. Biasanya, makanan yang masih panas cenderung mengeluarkan aroma lebih kuat yang justru membuat bumil mual dan kehilangan nafsu makan. Roti sandwich atau salad bisa menjadi alternatif makanan dingin yang bisa Anda konsumsi.

5. Mengurangi porsi makan tetapi menambah frekuensinya

Sebagian besar orang kadang merasa mual ketika melihat satu porsi makan yang besar. Apalagi ibu hamil. Jika alasan ini yang membuat Anda tidak nafsu makan, bagilah porsinya dan makanlah dalam beberapa kali.

Misalnya, pukul 8 pagi Anda makan setengah porsi nasi dan lauk kemudian jam 10 Anda selingi dengan camilan sehat seperti buah-buahan yang mengenyangkan. Begitu pula dengan porsi makan siang dan makan malam Anda.

Anda dapat makan sebanyak 6 – 7 kali dalam sehari dengan porsi kecil untuk mengatasi rasa mual dan tidak nafsu makan.

6. Membuat kreasi makanan baru

Cara ini dapat dilakukan untuk mengatasi kebosanan. Mengonsumsi makanan yang sama tiap saat tentu membosankan dan tidak menarik. Ibu hamil bisa membuat jenis makanan yang dikonsumsi lebih bervariasi atau memodifikasi menu makanan jadi lebih menggugah selera, sambil tetap memastikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan pengganti. Maksudnya apa? Misalnya, ibu hamil yang tidak nafsu makan daging, bisa menggantinya dengan kacang-kacangan seperti tempe, tahu, kacang merah, kacang hijau, dan lainnya yang juga mengandung protein tinggi.

Terkadang, mual dan muntah akan membuat asupan makan bumil terganggu sehingga zat gizi yang didapatkan juga berkurang. Untuk menyiasatinya, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold untuk memenuhi nutrisinya.

Kandungan vitamin B6-nya dapat membantu mengurangi rasa mual sehingga mengembalikan nafsu makan. Sedangkan asam folat di dalamnya bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Suplemen ini aman untuk dikonsumsi setiap hari, asalkan diminum sesuai anjuran. Anda bisa mendapatkan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold (Rp 510.865) di Jovee.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023