fbpx
BerandaKesehatan LainnyaKenali Bagian-bagian Jantung Beserta Fungsinya

Jantung adalah salah satu organ paling vital di dalam tubuh. Organ ini punya peran utama dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Peran jantung sangatlah penting di dalam tubuh karena dengannya seluruh tubuh bisa tetap bekerja. Namun, tahukah kamu apa saja bagian-bagian jantung beserta fungsinya? Yuk kenali lebih dalam peran dari setiap bagian pada organ penting ini.

bagian-bagian-jantung

Anatomi Jantung Beserta Fungsinya

Jantung adalah organ yang terletak di antara paru-paru, sedikit ke kiri pada tulang dada. Jantung memiliki berat sekitar 200 hingga 425 gram dengan ukuran yang lebih besar sedikit dari kepalan tangan. Meski berupa satu organ besar, jantung terdiri dari beberapa bagian penting dengan pembagian fungsinya masing-masing. Berikut ini anatomi jantung dan fungsi yang dimilikinya:

1. Perikardium

Perikardium adalah lapisan atau dinding yang melapisi rongga jantung yang berisi cairan untuk melindungi jantung dari gesekan ketika jantung berdetak. Rongga pada jantung yang berisikan cairan tersebut dinamakan pericardial. Perikardium juga berfungsi untuk menghasilkan cairan bernama serous yang berguna untuk melumasi permukaan membran dan membuat jantung bergerak lebih mudah.

Fungsi dari perikardium sendiri adalah untuk menjaga organ jantung agar tidak bergeser dan tetap berada di tempatnya. Adapun penyakit yang terjadi pada bagian perikardium disebut perikarditis. Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan atau peradangan pada bagian perikardium di jantung. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, termasuk infeksi, serangan jantung, operasi jantung, dan faktor lainnya, seperti cedera dan pengobatan.

2. Serambi (Atrium)

Bagian utama jantung terdiri dari 4 ruang, dua ruang teratas dinamakan serambi atau atrium. Serambi yang terletak di bagian atas sebelah kanan disebut sebagai serambi kanan, dan serambi yang terletak di bagian atas sebelah kiri disebut serambi kiri.

Serambi kanan memiliki fungsi untuk menerima darah kotor atau belum tersaring yang berasal dari dalam tubuh. Sedangkan, serambi kiri memiliki fungsi untuk menerima darah bersih yang telah mendapat oksigen dari paru-paru. Kemudian, darah tersebut dipompa melalui bilik kiri menuju pembuluh darah aorta. Pembuluh darah arteri terbesar ini pun akan membawa darah berisi oksigen tersebut ke seluruh jaringan tubuh.

Serambi kanan dan serambi kiri memiliki dinding tipis serta tidak berotot. Hal tersebut dikarenakan fungsi ruang serambi yang hanya ditujukan sebagai penampung atau tempat menerima aliran darah.

3. Bilik (ventrikel)

Bagian utama jantung lainnya setelah serambi adalah bilik, yang terdiri dari dua bagian yang terdapat di bawah dari organ jantung. Bilik atau ventrikel terdiri dari bilik kanan yang terletak di sebelah kanan bagian bawah. Sedangkan, bilik kiri terletak di sebelah kiri bagian bawah jantung.

Fungsi dari bilik kanan adalah untuk memompa darah kotor yang berasal dari jantung sehingga dapat menuju paru-paru. Bilik kiri memiliki fungsi untuk memompa darah bersih dari jantung ke seluruh aliran darah dan jaringan di dalam tubuh. Bilik memiliki dinding atau lapisan yang lebih tebal karena bekerja lebih keras jika dibandingkan dengan serambi.

4. Katup

Pada bagian-bagian jantung lainnya, terdapat katup yang berupa sekat yang berguna bagi aliran darah untuk tetap mengalir dalam satu arah. Berikut ini nama dan juga fungsi dari keempat katup di dalam jantung:

  1. Katup trikuspid, berfungsi untuk mengatur aliran darah yang terletak di antara serambi kanan dan bilik kanan.
  2. Katup pulmonal, berfungsi untuk mengatur aliran darah dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis mengambil oksigen yang dibawa oleh darah ke paru-paru.
  3. Katup mitral, memiliki fungsi untuk mengalirkan darah yang membawa oksigen menuju paru-paru dengan melewati serambi kiri ke bilik kiri.
  4. Katup aorta, merupakan katup yang berfungsi untuk membuka jalan bagi darah yang kaya oksigen dari bilik kiri menuju aorta.

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan bagian-bagian jantung. Karena, tanpa jantung yang sehat, penyakit bisa muncul kapan saja dan dapat membuat aktivitas kita terganggu. Bahkan, kemungkinan terburuk berupa kematian bisa saja terjadi. Tetap jaga pola makan yang sehat dan bila perlu, minum suplemen yang baik untuk kesehatan jantungmu, seperti yang ditawarkan Blackmores CoQ10 (Rp182.486) dan Wellness Omega 3 (Rp745.000). Omega-3 adalah salah satu asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh dan berperan penting dalam fungsi otak, kesehatan jantung, serta sistem kekebalan tubuh. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi dalam tubuh dan hanya bisa diperoleh dari makanan dan suplemen. Fish oil dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke serta membantu menurunkan tekanan darah serta mengontrol kadar trigliserida.

Baca juga:

Blackmores CoQ10, Suplemen Untuk Kesehatan Jantung dan Hati

Ini Dia 6 Macam Buah yang Baik untuk Jantung Anda

Olahraga Aman untuk Penderita Jantung

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui dan Tidak Bikin Gemuk

Kesehatan Lainnya   26/02/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Urutan Pemakaian Shampo, Conditioner, dan Hair Mask yang Tepat Agar Rambut Sehat Terawat

Kesehatan Lainnya   17/01/2023
lipstik transferproof

Mengenal Lipstik Transferproof dan Tips Awet Menggunakannya

Kesehatan Lainnya   12/01/2023
letak-jerawat-dan-penyebabnya

4 Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya

Kesehatan Lainnya   11/01/2023