fbpx
BerandaGaya Hidup SehatKenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Kebanyakan dari masyarakat tentunya pernah mengalami kondisi pada kulit wajah di mana timbul benjolan yang berukuran kecil dengan jumlah yang cukup banyak. Umumnya benjolan-benjolan tersebut disebut dengan jerawat pasir atau bruntusan.

Jerawat_Pasir

Hal tersebut kerap mengganggu kepercayaan diri dari seseorang, sehingga cara menghilangkan jerawat pasir yang ampuh banyak dilakukan oleh seseorang yang mengalami gejala tersebut. Jerawat yang jumlahnya banyak itu sering membuat rasa tidak nyaman dari seseorang, terlebih ketika harus bertemu dengan orang lain.

Jerawat pasir yang berbentuk bintik kecil dapat muncul dikarenakan adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Penyumbatan tersebut terjadi karena adanya minyak alami dari kulit atau sebuah yang mengalami kelebihan produksi. Selain itu, adanya kotoran, sel kulit mati dan juga bakteri dapat menyebabkan penyumbatan yang terjadi pada kulit.

Beragam Faktor Pemicu Bruntusan

Seperti yang telah dijelaskan, bruntusan atau jerawat pasir tersebut terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori pada kulit. Nah, pori-pori yang tersumbat selain dikarenakan minyak, sel kulit mati dan lainnya, terdapat juga beberapa faktor lain yang menyebabkan hal tersebut. Apa saja faktor pemicu dari penyumbatan tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

  •         Area kulit yang berjerawat sering disentuh dengan tangan yang tidak higienis, di mana hal tersebut menyebabkan berpindahnya bakteri dan kuman yang ada di tangan ke area wajah yang sensitif.
  •         Area kulit yang cenderung jarang dibersihkan, terlebih setelah penggunaan riasan atau make up yang membuat area sekitar kulit yang sensitif menjadi kotor.
  •         Rasa stres yang mana membuat hormon berubah serta hal tersebut juga membuat kebiasaan dari makan dan tidur juga tidak teratur.
  •         Terjadi perubahan hormon androgen, yang merupakan salah satu tandai menstruasi, masa pubertas maupun proses kehamilan. Di mana hal tersebut mengakibatkan sebum atau minyak dalam tubuh diproduksi secara berlebih.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir/Bruntusan

Kemunculan jerawat pasir atau bruntusan yang sering dijumpai pada area wajah tentunya dapat memberikan rasa tidak nyaman. Meskipun jerawat dengan sendirinya dapat hilang, namun terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat pasir ini.

  1. Mencuci wajah menggunakan pembersih wajah yang tidak memiliki kandungan alkohol
  2. Menggunakan obat khusus mengobati jerawat yang sesuai dengan resep dari dokter. Dalam hal ini, seperti halnya salep, krim maupun gel yang memiliki kandungan anti inflamasi seperti tea tree oil, beleran maupun benzoil peroksida.
  3. Mengeringkan kulit wajah pada saat berminyak maupun berkeringat dengan menggunakan kain yang bersih.
  4. Menghindari menyentuh area wajah yang sensitif ataupun memencet jerawat yang sedang meradang di area wajah.

Kiat Mencegah Jerawat Pasir/Bruntusan

Setelah mengobati jerawat dengan langkah yang benar, ada baiknya untuk juga melakukan pencegahan supaya jerawat tidak lagi timbul di wajah, berikut kiat dalam mencegah jerawat:

  1. Rutin melakukan pembersihan area wajah baik sebelum tidur maupun setelah berolahraga dengan menggunakan air hangat dan juga pembersih muka yang terjamin.
  2. Rutin mencuci rambut, khususnya bagi yang punya rambut sedikit panjang, di mana hal tersebut akan mencegah terjadinya penyumbatan karena minyak yang ada di rambut.
  3. Menghindari menerapkan scrubbing atau eksfoliasi yang terlalu sering pada kulit. Hal tersebut dapat mengakibatkan kulit iritasi nantinya.
  4. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari atau debu di luar rumah dengan menerapkan tabir surya sebelum beraktivitas di luar rumah.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan “apabila  jerawat dirasa mengganggi dan memerlukan obat untuk jerawat dapat juga dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan.”

Itulah informasi yang berkaitan dengan cara menghilangkan jerawat pasir serta kiat pencegahan jerawat timbul nantinya. Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, Anda dapat konsumsi Frozen Collagen 2 in 1 Powder Drink (Rp87.134).

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee. 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
manfaat alkohol

Manfaat Dari Minuman Beralkohol

Gaya Hidup Sehat   07/09/2021
cara-menghilangkan-belang-wajah

Cara Menghilangkan Belang di Wajah secara Alami

Gaya Hidup Sehat   06/09/2021