fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKenali Ciri Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

Vitamin merupakan salah satu nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Akibat kekurangan vitamin D dapat menimbulkan beragam gejala yang mengganggu kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu, sangat diperlukan konsumsi vitamin D yang cukup bagi tubuh setiap harinya.

Akibat_Kekurangan_Vitamin_D

Sebagai vitamin yang dapat larut dalam lemak, vitamin D sendiri cukup mudah untuk didapatkan. Salah satunya dengan cara berjemur setiap hari di bawah sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari merupakan sumber alami vitamin D bagi tubuh. Selain sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari konsumsi beberapa makanan yang bergizi.

Adapun kebutuhan vitamin D bagi setiap orang tidaklah sama setiap harinya. Bagi usia anak-anak, remaja hingga dewasa vitamin D yang dibutuhkan dalam sehari sekitar 600 IU atau satuan ukuran vitamin. Begitu pula dengan ibu hamil yang membutuhkan kurang lebih 600 IU setiap harinya.

Namun, berbeda dengan kalangan lansia yang usianya di atas 70 tahun, di mana kebutuhan vitamin D harian mencapai 800 IU yang ditujukan agar fungsi organ dan kinerja tubuh dapat berjalan secara optimal. Lantas, bagaimana jika tubuh mengalami defisit vitamin D? Berikut penjelasannya.

Gejala Kekurangan Vitamin D

Kurangnya vitamin D pada tubuh akan menimbulkan gejala atau ciri tertentu yang berkaitan dengan kesehatan. Beberapa gejala atau ciri yang umum dijumpai pada tubuh yang kekurangan vitamin D antara lain:

  •         Osteoporosis

Salah satu ciri utama yang menandakan tubuh kurang vitamin D adalah timbulnya osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang dalam tubuh. Biasanya Osteoporosis terjadi pada wanita berusia lanjut yang telah masuk pada masa menopause. Namun, bila tubuh kekurangan vitamin D, osteoporosis juga dapat terjadi pada usia muda baik itu pria maupun wanita.

Osteoporosis yang masih ringan umumnya tidak menunjukkan gejala tertentu. Namun bila osteoporosis telah serius, maka dapat berakibat pada nyeri yang dirasakan pada tulang. Hal tersebut dapat menyebabkan tulang mudah patah.

  •         Osteomalasia

Kurangnya asupan vitamin D juga dapat mengakibatkan gangguan osteomalasia atau tulang yang melunak. Pada beberapa kasus, osteomalasia atau yang identik dengan rakhitis ditandai dengan nyeri pada tulang serta otot yang melemah. Gejala tersebut sering dirasakan pada bagian pinggul, panggul, tungkai dan punggung bagian bawah, di mana malam hari menjadi waktu timbulnya nyeri tersebut.

  •         Mudah depresi

Kekurangan vitamin D juga mengakibatkan seseorang akan mudah terserang depresi. Meskipun tidak hanya berasal dari kekurangan vitamin D, namun tidak sedikit dari penderita depresi yang mengalami kekurangan asupan vitamin D dalam tubuhnya, sehingga konsumsi vitamin D secara cukup dapat mengurangi risiko terkena depresi.

Sumber Makanan Vitamin D

Konsumsi vitamin D secara rutin dan cukup dapat membantu dari gangguan akibat kekurangan vitamin D pada tubuh. Beberapa sumber makanan vitamin D di antaranya:

  •         Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi berupa protein, Omega-3 dan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Daging salmon yang berukuran 100 gram, memiliki kandungan vitamin D sebesar 447 IU.

  •         Kuning Telur

Pada sebutir kuning telur, terkandung sekitar 40 IU vitamin D yang cukup untuk kebutuhan vitamin pada sekali makan, guna mengurangi risiko akibat kekurangan vitamin D.

Kamu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh dengan konsumsi suplemen seperti Nutri-well Vitamin D3 1000 IU – Suplemen Makanan (Rp 140.644).

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia mengatakan, “Bagi kebanyakan orang gejala kurangnya vitamin D mungkin tidak terlihat, walaupun tanpa gejala, kekurangan vitamin D dapat menimbulkan risiko kesehatan. Kadar vitamin dalam darah yang rendah telah dikaitkan dengan berbagai resiko penyakit contohnya meningkatnya risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, asma berat pada anak, dan kanker.”

“Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan  diabetes tipe 1 dan tipe 2, hipertensi, dan multiple sclerosis” tambah dr. Irma Lidia.

Ingin tahu apakah makananmu sudah memenuhi gizi yang diperlukan tubuh? Ayo cari tahu di artikel Jovee lainnya. Unduh juga aplikasi Jovee dan dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi personalmu. Jovee adalah pusat vitamin personal terlengkap yang menyediakan produk asli dan terbaik serta konsultasi nutrisionis gratis untuk kesehatanmu.

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021