fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKenali Gejala Kekurangan Vitamin E Pada Tubuh

Seperti yang diketahui, tubuh membutuhkan asupan nutrisi berupa vitamin setiap harinya, salah satunya yakni vitamin E yang penting bagi kesehatan kulit. Akibat kekurangan vitamin E sering kali dirasakan bagi seseorang yang jarang mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

Akibat_Kekurangan_Vitamin_E

Sebagai salah satu vitamin yang penting dibutuhkan oleh tubuh, konsumsi vitamin E setiap harinya perlu dilakukan. Adapun konsumsi makanan bergizi menjadi cara yang baik guna mendapatkan kebaikan dari vitamin E bagi tubuh. Beberapa makanan dari sayur-sayuran memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E.

Adapun kebutuhan vitamin E bagi setiap orang berbeda-beda, salah satunya dapat dilihat dari usianya. Pada usia remaja hingga dewasa, dibutuhkan asupan vitamin E sebanyak 15 mg per harinya, sedangkan bagi wanita yang tengah menyusui asupan vitamin yang dicukupi dalam tubuh sebanyak 19 mg, sehingga dengan konsumsi yang cukup mencegah kekurangan vitamin E.

Gejala Kekurangan Vitamin E

Kondisi tubuh yang kurang vitamin menimbulkan dampak tertentu. Gangguan akibat kekurangan vitamin E tersebut di antaranya seperti:

  •         Gangguan pada gerakan tubuh

Kondisi tersebut mengakibatkan koordinasi untuk tubuh bergerak secara optimal menjadi terganggu. Selain itu dijumpai kesulitan untuk berjalan atau mengambil suatu benda.

  •         Penurunan refleks

Kekurangan vitamin E juga berdampak pada sistem refleks tubuh yang berkurang atau menurun. Hal ini ditandai dengan kurang responsifnya tubuh dalam merespons suatu keadaan yang mengancam tubuh.

  •         Sering kesemutan

Pada bagian tubuh tertentu, sering dijumpai kesemutan atau mati rasa yang disebabkan karena kurangnya vitamin E dalam tubuh. Kesemutan tersebut dirasakan pada beberapa bagian tubuh tertentu.

  •         Tubuh yang mudah lelah

Kekurangan vitamin E juga dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah serta cenderung pucat. Hal ini karena tubuh kekurangan zat besi yang dihasilkan dari vitamin E.

Pada kasusnya yang cukup serius, kekurangan vitamin E dapat berakibat pada masalah kesehatan yang berat, seperti halnya demensia, irama jantung yang tidak beraturan serta penurunan fungsi penglihatan pada organ mata yang dapat berujung pada kebutaan.

Adapun pada ibu hamil, kekurangan vitamin E berdampak pada kesehatan bayi yang dikandungnya. Hal tersebut karena kurangnya vitamin E dapat berpengaruh pada kurangnya antioksidan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan janin pada saat berada di dalam kandungan ibu.

Sumber Makanan Kaya Vitamin E

Guna mencegah gangguan yang timbul akibat kekurangan vitamin E dalam tubuh, maka perlu konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin E. Beberapa makanan sebagai sumber vitamin E tersebut di antaranya:

  1.     Sayur Bayam

Salah satu jenis sayuran yang tinggi vitamin E yakni bayam. Bayam yang berukuran 100 gram memiliki kandungan 2,03 mg vitamin E. Selain itu, sayuran lain seperti sawi, kubis dan brokoli juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

  1.     Swiss Chard

Sayuran lain yang punya kandungan tinggi vitamin E yakni Swiss Chard. Pada setiap porsinya yang berjumlah 100 gram, terkandung vitamin E sebesar 1,89 mg vitamin E. Swiss Chard ini juga punya kandungan nutrisi lain seperti vitamin A, C dan zat besi.

  1.     Alpukat

Buah berwarna hijau yang banyak disukai oleh orang-orang ini memiliki kandungan yang tinggi vitamin E. Pada 100 gram alpukat, terkandung 2,07 mg vitamin E, yang mana baik untuk mencegah dari gangguan akibat kekurangan vitamin E.

Kamu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin E dalam tubuh dengan konsumsi suplemen seperti WELLNESS NATURAL VITAMIN E – Antioksidan Lawan Radikal Bebas (mulai dari 400rb).

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, “Kekurangan atau defisiensi vitamin E  jarang terjadi dan biasanya merupakan akibat dari kondisi atau penyakit tertentu. Pilihlah makanan-makanan sehat yang mengandung vitamin E  seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.”

Temukan vitamin terlengkap dari A ke Z(inc) serta konsultasi nutrisionis gratis hanya di Jovee. Dapatkan pula rekomendasi suplemen yang paling cocok denganmu lewat aplikasi Jovee. Unduh sekarang di Play Store atau App Store!

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021