fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKenali Gejala Tubuh Mengalami Kekurangan Vitamin B1

Tiamin atau yang lebih kenal dengan vitamin B1 merupakan salah satu mikromolekul yang dibutuhkan tubuh. Yang utama dari Manfaat vitamin B tipe ini adalah untuk mengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi siap pakai. Jadi, bisa dibayangkan jika tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin B1 akan merasa cepat lelah dan tidak bertenaga.Sebelum mengupas defisiensi vitamin B1, ketahui dulu apa manfaat vitamin B1 dan definisinya di bawah ini.

apa-manfaat-vitamin-B1

Definisi Vitamin B1

Vitamin B1 adalah jenis nutrisi bersifat larut dalam air. Seluruh asupan vitamin B1 yang diperoleh dari makanan atau suplemen akan dibawa aliran darah menuju seluruh tubuh untuk menjaga fungsi sistem saraf, jantung, dan otot. Tahukah Anda mengapa namanya vitamin B1? Alasannya, vitamin ini ditemukan pertama kali oleh ilmuwan, kemudian diberikan angka satu untuk membedakan dengan jenis vitamin B lainnya.

Manfaat Vitamin B1

Peran vitamin B1 dalam tubuh sangat banyak, di antaranya mencegah komplikasi pada sistem saraf, otak, jantung, lambung, dan usus. Vitamin ini akan diserap elektrolit tubuh untuk menjaga fungsi sel-sel otot dan saraf. Selain itu, manfaat tiamin lainnya yaitu:

Mencegah Beri-beri

Ternyata, jenis vitamin yang mencegah penyakit beri-beri adalah vitamin B1. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mampu mengubah asupan karbohidrat menjadi energi, sehingga memicu penumpukan asam piruvat pada aliran darah dan menimbulkan penyakit beri-beri. Gejala yang ditunjukkan dari penyakit beri-beri diantaranya penurunan fungsi otot, sesak napas, meningkatnya detak jantung, kaki bengkak, mual, dan kesulitan berbicara. Parahnya, beri-beri dapat memicu gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung dan sistem pencernaan.

Meningkatkan Fungsi Kognitif bagi Penderita Alzheimer

Manfaat vitamin B1 selanjutnya adalah untuk memperbaiki fungsi otak, terutama bagi penderita Alzheimer. Fakta ini diperoleh berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation, di mana manfaat vitamin B golongan pertama ini terbukti dalam peningkatan fungsi kognitif penderita Alzheimer.

Mengurangi Stress

Tiamin disebut juga sebagai vitamin anti stress. Seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita California, dr. Sherry Ross mengatakan bahwa tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis seseorang akibat stress. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B1 yang cukup, supaya merasa lebih tenang, berpikir positif, dan sanggup melawan stress.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Perlu Anda tahu, banyak atlet yang mengandalkan tiamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain itu, tiamin dalam bentuk suplemen dapat membantu meringankan berbagai penyakit, di antaranya:

  • HIV / AIDS
  • Sariawan
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Kanker serviks
  • Diabetes
  • Stress
  • Jantung
  • Mabuk
  • Sistem imun yang lemah

Gejala Kekurangan Vitamin B1

apa-manfaat-vitamin-B1 Beberapa orang tanpa sadar mengalami kekurangan tiamin. Padahal, kondisi ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa gejala yang ditunjukkan ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin B1.

Kurang Nafsu Makan

Salah satu pertanda bahwa tubuh Anda mengalami defisiensi vitamin B1 adalah kehilangan nafsu makan. Tiamin memegang peran penting dalam tubuh untuk mengendalikan rasa lapar dan kenyang seseorang melalui hipotalamus pada otak. Jadi, apabila tubuh kekurangan tiamin, otak akan kesulitan menentukan kondisi Anda apakah sedang lapar atau kenyang. Jika kebutuhan tiamin tidak segera dipenuhi, maka nafsu makan seseorang akan menurun. Lama-kelamaan, berat badan pun akan menurun, sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Mudah Lelah

Seseorang yang kekurangan vitamin B1 akan merasa kelelahan. Hal ini masih berkaitan dengan menurunnya nafsu makan seseorang sehingga menimbulkan pasokan energi berkurang dan tubuh cepat lelah. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa tahap ataupun tiba-tiba tergantung seberapa banyak jumlah tiamin yang tidak ada. Semakin besar tiamin yang hilang, maka semakin banyak rasa lelah yang dialami. Lebih lanjut, kondisi ini dapat memengaruhi suasana hati seseorang dalam beberapa hari atau minggu. Sebenarnya, ada banyak kondisi kesehatan yang memungkinkan tubuh merasa lebih lelah. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, jangan abaikan dan periksakan diri ke dokter.

Kesemutan

Defisiensi tiamin dapat berpengaruh terhadap sistem saraf motorik. Jika kondisi ini tidak segera ditangani akan menimbulkan kerusakan sistem saraf dan perubahan refleks tubuh. Berkurangnya refleks tubuh ini umumnya terjadi pada lutut, pergelangan kaki, lengan atas, dan memengaruhi kemampuan seseorang untuk berjalan dengan baik. Gejala lain yang ditunjukkan yaitu kesemutan yang tidak normal atau paresthesia. Kondisi ini menimbulkan sensasi terbakar atau ditusuk, geli, dan gatal pada bagian kaki maupun tangan.

Pandangan Kabur

Jika pandangan mata Anda tiba-tiba kabur, maka bisa jadi mengalami kekurangan tiamin. Kondisi ini terjadi karena ada pembengkakan pada saraf mata sehingga mengganggu penglihatan, pandangan kabur, dan kebutaan.

Denyut Jantung Melemah disertai Sesak Napas

Kadar tiamin yang tepat dalam tubuh menjaga denyut jantung tetap normal. Sebaliknya, jika tiamin tidak cukup akan menyebabkan denyut jantung lebih lambat sehingga timbul rasa lelah, pusing, dan mudah pingsan. Melambatnya denyut jantung juga menyebabkan sesak napas ketika Anda sedang melakukan aktivitas berat. Setelah mengetahui gejala kekurangan dan apa manfaat vitamin B1, sekarang Anda bisa lebih tahu cara mencegah munculnya gejala di atas. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan dengan sumber vitamin B1 atau suplemen. Penuhi kebutuhan vitamin B1 Anda dengan suplemen vitamin B seperti Blackmores Multi B performance 30 Kap – Suplemen Makanan (Rp147.193)

Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022