fbpx

Kenali Manfaat L-carnitine Bagi Kesehatan Tubuh

by | May 27, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

L-carnitine merupakan salah satu turunan asam amino yang berperan penting untuk kesehatan tubuh. Senyawa ini sejatinya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun pada keadaan tertentu, tubuh lebih sering mengalami defisiensi. Apa saja manfaat L-carnitine?

Sebab itulah konsumsi suplemen sangat diperlukan supaya tubuh tidak kekurangan asupan L-carnitine. Suplemen L-carnitine juga berfungsi untuk membangun massa otot. L-carnitine banyak ditemukan di beberapa jenis makanan. Konsumsi senyawa ini juga harus sesuai takaran agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Beragam Jenis L-carnitine

L-carnitine sebenarnya merupakan turunan dari senyawa carnitine. Jenis senyawa ini bisa diperoleh langsung dari tubuh karena bisa diproduksi sendiri. Selain itu juga bisa didapatkan dari makanan serta suplemen. Secara umum, ada 4 jenis L-carnitine. Inilah beberapa informasi kesehatan terpercaya, diantaranya adalah:

1. Acetyl-L-carnitine

Jenis senyawa ini termasuk yang paling aktif dan baik untuk kesehatan otak. Fungsi Acetyl-L-carnitine adalah untuk menjaga tubuh dari penyakit yang menyerang otak terutama yang berkaitan dengan penurunan daya ingat.

2. Propionyl-L-carnitine

Senyawa aktif ini lebih sering digunakan untuk mencegah masalah kardiovaskular dan meningkatkan peredaran darah.

3. L-carnitine L-tartrate

Jenis L-carnitine paling banyak dipakai untuk keperluan olahraga. Senyawa ini mudah diserap sehingga bisa digunakan untuk mengatasi otot yang sakit serta memulihkannya dengan cepat.

4. D-carnitine

D-carnitine merupakan jenis L-carnitine yang tidak aktif. Defisiensi carnitine salah satunya disebabkan oleh jumlah D-carnitine yang terlalu besar. Ini terjadi karena senyawa tersebut menyerap partikel aktif sehingga tubuh mengalami kekurangan carnitine.

Sumber L-carnitine

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tubuh memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri L-carnitine. Hanya saja saat kondisi tertentu jumlah L-carnitine yang dihasilkan tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Akibatnya terjadi defisiensi carnitine. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan L-carnitine. Beberapa diantaranya adalah:

  • Ikan, setiap 100 gram daging ikan mengandung 6 mg L-carnitine
  • Ayam, setiap 100 gram daging ayam mengandung 4 mg L-carnitine
  • Daging sapi, setiap 100 gram daging sapi mengandung 95 mg L-carnitine
  • Susu, setiap 225ml susu mengandung 7.5 mg L-carnitine

L-carnitine yang didapatkan dari makanan lebih mudah diserap tubuh daripada L-carnitine yang diperoleh dari suplemen. Penyerapan L-carnitine dari suplemen hanya 14-18 persen saja. Sedangkan yang berasal dari makanan penyerapannya berkisar 57-84 persen.

Manfaat L-carnitine untuk Kesehatan Tubuh

L-carnitine lebih familiar di kalangan olahragawan karena sering dipakai untuk menaikkan stamina. Meski penyerapan L-carnitine lebih maksimal jika berasal dari makanan. Namun penggunaan suplemen lebih sering dilakukan. L-carnitine baik yang berasal dari makanan maupun suplemen memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

Meningkatkan performa olahraga dan energi

Ada banyak manfaat yang diberikan L-carnitine untuk olahragawan. Misalnya saja untuk meningkat suplai oksigen ke sel tubuh. Selama berolahraga, tubuh sangat membutuhkan pasokan oksigen dalam jumlah besar. Selain itu L-carnitine juga mampu meningkatkan stamina tubuh, meredakan rasa nyeri pada otot usai berolahraga, mempercepat pembentukan otot baru, serta meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena fungsi L-carnitine sebagai pengangkut asam lemak ke dalam mitokondria, sehingga dapat membentuk energi.

Menurunkan berat badan

L-carnitine bisa membantu menurunkan berat badan. Namun manfaat ini hanya bekerja pada beberapa orang saja. Efektifitas L-carnitine akan semakin meningkat jika didapatkan dari makanan. Selain itu dengan diimbangi olahraga secara teratur, proses penurunan berat badan akan berjalan lebih cepat.

Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen L-carnitine khususnya jenis Acetyl-L-carnitine, dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Konsumsi suplemen tersebut dilakukan selama 90 hari secara teratur. Jadi dengan mengkonsumsi suplemen L-carnitine sesuai takaran, bisa mencegah kepikunan dan jenis penyakit otak lainnya.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat L-carnitine yang tidak bisa disepelekan adalah menjaga kesehatan jantung. Senyawa L-carnitine bekerja maksimal meningkatkan peredaran darah serta mencegah risiko terkena penyakit kardiovaskular lainnya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Fosfor, Komponen Penting Tubuh yang Harus Dijaga Keseimbangannya
14 Cara Mencegah Virus Corona yang Efektif
Awas! Kenali Bahaya Botox dan Filler untuk Cegah Penuaan Dini
Apa Fungsi Kalium Bagi Kesehatan Tubuh?
Kromium, Mineral Penyeimbang Gula Darah dan Sumber Makanannya
Mengenal Molybdenum, Mineral Mikro yang Penting bagi Tubuh
Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Karbohidrat: Jenis dan Mafaatnya

Efek Samping Suplemen L-carnitine

Normalnya, seseorang hanya diperbolehkan mengkonsumsi suplemen L-carnitine sebanyak 2 gram per hari. Jika berlebih bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti perasaan tidak nyaman pada perut, mual, dan muntah. Pemakaian L-carnitine sebanyak 3 gram, kadang belum menunjukkan efek samping yang berbahaya. Meski begitu pemakaiannya harus sesuai dengan takaran. Efek samping pemakaian L-carnitine yang sangat berlebihan bisa memicu penyumbatan pada arteri yang dapat menyebabkan kematian.

L-carnitine merupakan turunan asam amino yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk kebutuhan olahraga. Senyawa ini bisa diperoleh melalui makanan seperti ikan, daging sapi, ayam, telur, serta dari suplemen. Penggunaan suplemen L-carnitine sebaiknya tidak melebihi dosis karena bisa menimbulkan efek samping. Jovee memberikan rekomendasi suplemen L-carnitine yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga kondisi badan bisa selalu bugar dan sehat. 

Cari tahu tentang suplemen dan vitamin Jovee lainnya.

Brands