Kenali Manfaat Vitamin B3 Bagi Kesehatan

oleh | Jun 19, 2020 | Vitamin | 0 Komentar

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz

Baru-baru ini vitamin B3 menjadi sorotan masyarakat terutama pada wanita karena manfaat vitamin B3 yang baik bagi kesehatan kulit. Vitamin B3 atau yang disebut juga dengan niacin merupakan salah satu vitamin B yang larut dalam air. Vitamin ini secara alami hadir dalam banyak makanan, ditambahkan ke beberapa produk makanan (fortifikasi), dan juga tersedia sebagai suplemen makanan.

Vitamin B3 berperan dalam mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi. Selain itu vitamin ini juga penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel dalam tubuh Anda. Vitamin B3 biasanya diminum oleh orang dengan kolesterol tinggi untuk meningkatkan kadar kolesterol yang dikenal sebagai HDL (High Density Lipoprotein). Niacin juga diminum untuk mencegah defisiensi vitamin B3 seperti pellagra, dan meredakan sindrom metabolik seperti diare yang disebabkan oleh infeksi kolera.

Cara Kerja

Vitamin B3 diserap oleh tubuh ketika dilarutkan dalam air dan diminum. Vitamin ini dikonversi menjadi niacinamide jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada dosis tinggi, vitamin ini dapat membantu orang dengan penyakit jantung karena efeknya yang baik pada pembekuan darah dan dapat meningkatkan kadar jenis lemak yang disebut trigliserida dalam darah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut pellagra, yang menyebabkan iritasi kulit, diare, dan demensia. 

Kebutuhan Vitamin B3 Sesuai Usia

Setiap golongan usia, tentu kebutuhan akan nutrisinya dapat berbeda-beda. Hal ini juga terjadi pada kebutuhan vitamin B3. Berikut kebutuhan vitamin B3 pada tiap kelompok usia menurut U.S Department of Health & Human Services.

  • Bayi baru lahir – usia 6 bulan: 2 mg
  • Bayi usia 7-12 bulan: 4 mg
  • Anak usia 1-3 tahun: 6 mg
  • Anak usia 4-8 tahun: 8 mg
  • Anak usia 9-13 tahun: 12 mg
  • Laki-laki usia 14-18 tahun: 16 mg
  • Wanita usia 14-18 tahun: 14 mg
  • Laki-laki dewasa usia 19 tahun ke atas: 16 mg
  • Wanita dewasa usia 19 tahun ke atas: 14 mg
  • Wanita hamil: 18 mg
  • Wanita menyusui: 17 mg

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Selenium
Kalsium, Seperti Apa Kandungannya?
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
5 Fakta Mengenai Vitamin E
Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh
Manfaat magnesium, Defisiensi, dan Dosis Penggunaan
Seluk Beluk Iodine dan Dampak Kekurangan Yodium
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B3

Vitamin B3 ditemukan secara alami dalam banyak makanan, terutama pada makanan berprotein, ataupun ditambahkan (difortifikasi) ke beberapa makanan. Anda bisa mendapatkan jumlah vitamin B3 yang disarankan dengan mengonsumsi berbagai makanan, antara lain:

  • Makanan hewani: daging unggas, daging sapi, babi, dan ikan
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Makanan yang diperkaya (difortifikasi) seperti banyak roti dan sereal

Itulah informasi mengenai manfaat vitamin B3 bagi kesehatan. Unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Referensi:

Niacin

Niacin

U.S Department of Health & Human Services

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional