fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKenali Manfaat Vitamin C bagi Tubuh dan Pengaruhnya bagi Kesehatan

Setiap orang membutuhkan asupan vitamin C bagi tubuh agar ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dapat dikatakan bahwa dari semua jenis vitamin, nutrisi asam askorbat atau sering disebut vitamin C ini paling populer. Wajar saja, hal ini karena vitamin C memberikan banyak manfaat seperti mengatasi sariawan dan merawat kesehatan kulit.

vitamin c bagi tubuh

Lantas, apa sajakah manfaat vitamin C lainnya? Bagaimana dampak jika tubuh mengalami defisiensi hingga kelebihan asupan vitamin C? Darimana dapat memperoleh asupan nutrisi vitamin C yang cukup? Simak penjelasan selengkapnya pada ulasan di bawah ini ya!

Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Vitamin C bagi tubuh sangat banyak, di antaranya sebagai berikut.

Mengatasi Sariawan

Manfaat vitamin C yang paling umum yaitu untuk mengatasi sariawan. Kondisi ini terjadi apabila bagian bibir atau di dalam mulut Anda mengalami peradangan dan pastinya sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, pastikan mengonsumsi vitamin C yang cukup dari berbagai sumber makan seperti buah, sayur atau obat sariawan. Vitamin C mengandung sifat anti inflamasi yang menjadi alasan nutrisi ini ampuh mengobati sariawan.

Mengoptimalkan Pembentukan Kolagen

Tahukah Anda, peran vitamin C untuk tubuh terletak pada potensinya untuk merawat kesehatan kulit, termasuk mencegah penuaan dini. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang kaya akan zat antioksidan. Lebih lanjut, antioksidan berperan dalam pembentukan kolagen.

Seperti yang kita tahu, kolagen merupakan jenis protein yang baik untuk kesehatan kulit, seperti menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, mengonsumsi vitamin C dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan terbebas dari penuaan dini. Tidak hanya itu, peran kolagen dalam vitamin D sangat penting untuk membentuk jaringan tubuh, sehingga membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka.

Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah tubuh dari paparan radikal bebas. Perlu Anda tahu, radikal bebas ini memicu kerusakan sel-sel tubuh, sehingga kerap menimbulkan banyak manfaat serius.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat vitamin C bagi tubuh selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun yang kuat sangat diperlukan bagi setiap orang supaya terhindar dari berbagai infeksi penyakit. Nah, peran vitamin C ini menjadi solusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang biar tidak mudah terserang penyakit. Dengan mengonsumsi vitamin C, tubuh akan mengoptimalkan produksi sel darah putih yang menjadi bagian penting dalam menangkal virus, bakteri, dan mikroorganisme berbahaya bagi tubuh.

Dampak Kekurangan

Apabila Anda tidak mencukupi asupan vitamin C untuk tubuh, akan terjadi masalah kesehatan berupa:

  • Kulit mudah memar
  • Luka sembuh lebih lama
  • Gusi berdarah atau sariawan
  • Rambut kering dan rontok
  • Kulit menjadi kering dan kasar hingga berwarna kemerahan
  • Mimisan
  • Mudah sakit

Dampak Kelebihan

Vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Maka, kelebihan asupan vitamin C dapat langsung dibuang melalui urin. Hanya saja, ada beberapa dampak bagi tubuh apabila konsumsi vitamin C melebihi dosis atau kebutuhan, diantaranya:

Gangguan Pencernaan

Dampak pertama yang timbul dari asupan berlebih vitamin C yaitu pada sistem pencernaan. Kondisi ini dapat terjadi apabila jumlah konsumsinya sudah melebihi 2.000 mg/hari. Gejala yang ditunjukkan yaitu diare dan mual. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan ini, sebaiknya kurangi dosis konsumsi suplemen atau vitamin C secara bersamaan dengan suplemen lain.

Kelebihan Zat Besi

Dampak lain yang timbul dari konsumsi vitamin C yang berlebihan yaitu meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini karena vitamin C dapat mengikat zat besi non-heme sehingga lebih mudah diserap tubuh. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, orang dewasa mengalami peningkatan penyerapan zat besi sebesar 67% setelah mengonsumsi 100mg vitamin C.

Bagi seseorang yang memiliki risiko akumulasi zat besi seperti hemokromatosis, sebaiknya perlu hati-hati dalam konsumsi suplemen vitamin C ini. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, hati, pankreas, tiroid, dan sistem saraf.

Batu Ginjal

Ketika seseorang mengalami kelebihan vitamin C, maka tubuh akan mengeluarkannya melalui urin dengan terlebih dahulu diubah menjadi oksalat. Akan tetapi, ada suatu kondisi dimana oksalat ini akan berikatan dengan mineral dan membentuk kristal sehingga menimbulkan batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih dari 2.000 mg vitamin C per hari, dilaporkan mengalami penyakit gagal ginjal.

Dampak kelebihan vitamin C bagi tubuh lainnya adalah kram perut, insomnia, ketidakseimbangan nutrisi, mengganggu efektivitas Niacin-simvastatin, hingga menyebabkan taji tulang.

Sumber

Vitamin C yang bagus dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan alami, seperti jeruk, jambu biji, brokoli, stroberi, dan kiwi. Selain itu, Anda bisa juga memperolehnya dari suplemen vitamin tertentu. Salah satunya, Vitalife C 500 mg (Rp25.125) yang tersedia di Jovee.

Manfaat produk suplemen ini dapat membantu daya tahan tubuh dan menjaganya tetap fit untuk beraktivitas sehari-hari. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin maupun suplemen vitamin C sesuai kebutuhan harian Anda.

Dapatkan produk vitamin C yang bagus hanya di Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022