fbpx
BerandaMakanan SehatKenali Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam Susu

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

kandungan-dalam-susu

Susu menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan bisa dipadukan dan diolah menjadi berbagai makanan. Kandungan susu sendiri memang mungkin sudah jelas banyak sekali, dan kebanyakan memiliki manfaat yang sangatlah baik bagi tubuh.

Mengenai manfaat dari susu itu memang sudah dipercaya dan dibuktikan oleh banyak orang, sehingga wajar saja kalau ini termasuk minuman sehat. Maka dari itu, mari sekarang ini kita pelajari lebih lanjut kandungan di dalam susu itu sebenarnya apa saja.

Beberapa Kandungan dalam Susu

Yang namanya susu itu sudah pasti memiliki beberapa kandungan yang memang bisa dibilang sangatlah baik untuk tubuh kita. Baik itu susu sapi ataupun juga susu kedelai itu memiliki beberapa asupan gizi dan juga nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuh.

Salah satu kandungan yang ada di dalam susu itu adalah protein dan juga lemak, kedua itu adalah unsur yang utama. Keduanya juga ada di susu sapi ataupun juga susu kedelai, meskipun persentasenya itu memang berbeda satu dengan yang lainnya.

Untuk susu sapi memang memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi karena susu sapi itu kan berasal dari hewan. Akan tetapi kandungan protein di dalam susu kedelai itu jauh lebih tinggi karena ini adalah susu dari kacang-kacangan.

Keduanya memiliki kandungan protein dan lemak, dan keduanya juga memiliki kandungan kalsium juga meski berbeda porsinya ya. Jadi sebenarnya setiap jenis susu itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kita harus perlu mencari ada alergi untuk jenis susu tertentu atau tidak.

Kandungan kalsium di susu sapi itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan susu kedelai,  walaupun susu kedelai pun memiliki asupan kalsium. Namun memang susu kedelai itu bukan sumber kalsium, sehingga tidak mengandung kalsium yang cukup signifikan dibandingkan dengan susu sapi.

Nah dalam susu pun ada kandungan vitamin yang sebenarnya diperuntukkan untuk mempermudah penyerapan kalsium di dalam tubuh. Vitamin-vitamin ini terdapat di susu sapi dan kedelai, namun kedelai tidak selengkap susu sapi.

Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai

Secara kandungan susu baik itu susu kedelai ataupun juga susu sapi memang memiliki banyak kesamaan, akan tetapi ada perbedaan juga. Untuk susu kedelai itu memang memiliki serat yang cukup tinggi yang tentunya akan bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

Tapi susu sapi itu memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak dari susu kedelai, sehingga penyerapan kalsium pun jadi bisa lebih maksimal di dalam tubuh. Tapi memang di susu sapi ada laktosa yang mungkin bisa membuat efek alergi bagi orang tertentu.

Namun sekarang ini sebenarnya dalam penjualan susu kedelai sendiri sudah tidak alami dan murni susu kedelai biasa saja. Karena biasanya yang dijual saat ini sudah ada penambahan beberapa vitamin dan juga kalsium untuk bisa menyamai standar gizi dari sebuah susu.

Sehingga sekarang pun ada banyak sekali susu kedelai yang kandungan gizinya itu sebenarnya sudah hampir sama dengan susu sapi. Jadi sebenarnya bila membahas kandungan susu di jaman sekarang antar susu sapi dan susu kedelai itu hampir sama saja.

Memang salah satu penerapan pola hidup sehat itu adalah dengan secara rutin mengonsumsi susu. Ingin tahu apakah makananmu sudah memenuhi gizi yang diperlukan tubuh? Ayo cari tahu di artikel Jovee lainnya. Unduh juga aplikasi Jovee dan dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi personalmu. Jovee adalah pusat vitamin personal terlengkap yang menyediakan produk asli dan terbaik serta konsultasi nutrisionis gratis untuk kesehatanmu.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara_Memasak_Pare_Agar_Tidak_Pahit

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Makanan Sehat   17/09/2021
Khasiat Propolis

Mengenal Khasiat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   14/09/2021
manfaat-sayuran-kucai

Jangan Keliru, Manfaat Kucai bagi Kesehatan

Makanan Sehat   16/08/2021
kapulaga-manfaat-kandungan-dan-efek-sampingnya

Kapulaga – Kandungan, Kegunaan, dan Efek Sampingnya

Makanan Sehat   13/08/2021
rekomendasi-jus-diet-sehat-1

Rekomendasi Jus Untuk Diet Sehat

Gaya Hidup Sehat   10/08/2021