fbpx
BerandaKesehatan KulitKenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Setiap orang tentu menginginkan memiliki wajah yang segar dan bercahaya. Namun, terkadang kondisi-kondisi atau kebiasaan tertentu membuat kulit kita tampak kusam. Jika kulit kusam menyerang, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah menggunakan skincare untuk membantu mencerahkan wajah. Tetapi, beberapa orang justru mengeluh sebaliknya, “Kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare?”

kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Skincare, pada hakikatnya memang bertujuan untuk membantu memperbaiki kondisi kulit, memberi nutrisi pada kulit, dan juga melindungi kulit. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu akar penyebab kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare. Apakah benar skincare yang digunakan penyebabnya atau justru hal-hal lain yang tidak kita sadari?

Sama dengan kondisi breakout saat pakai skincare, di mana kita perlu tahu apa penyebabnya terlebih dahulu, barulah memutuskan cara mengatasi wajah breakout karena skincare. Begitu pula dengan kondisi wajah kusam.

Kali ini Jovee merangkum beberapa penyebab kenapa wajah jadi kusam karena skincare maupun karena kebiasaan yang lainnya:

Dehidrasi

Salah satu penyebab wajah kusam yang seringkali tidak disadari adalah dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh bisa berdampak signifikan pada penampilan kulit. Faktanya, sebuah studi di tahun 2015 menemukan kaitan yang kuat antara minum cukup air dan kulit yang sehat serta bercahaya.

Minum banyak air dapat membantu meningkatkan hidrasi di bawah permukaan kulit. Selain itu, menggunakan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit.

Merokok

Sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa merokok merupakan faktor lingkungan luar yang berkontribusi terhadap menurunnya kesehatan kulit. Merokok dapat merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis serta jaringan ikat di kulit. Hal ini juga meningkatkan stres oksidatif dalam sel-sel kulit yang mempercepat proses penuaan dan kulit yang tampak kusam.

Penumpukan sel-sel kulit mati

Apakah kamu rutin menggunakan skincare tetapi jarang mengeksfoliasi kulit wajahmu? Jika ya, bisa jadi penumpukan sel-sel kulit mati adalah alasan kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare.

Tak peduli seberapa mahal dan berkualitasnya produk skincare yang digunakan, jika kulit wajahmu jarang dieksfoliasi maka sel-sel kulit mati yang menumpuk akan menghalangi penyerapan bahan skincare ke wajah. Alih-alih menjadi sehat, sel-sel kulit mati yang menumpuk justru membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan warna kulit yang tidak merata.

Kulit kering

Pakai skincare rutin, tapi justru kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare? Kulit kering bisa jadi alasannya. Bisa jadi skincare yang kamu gunakan tidak cukup melembapkan kulit dan malah membuat kulitmu menjadi kering.

Kulit kering akan membuat tampilan kulit menjadi kusam dan tidak segar. Semakin bertambah usia, kita akan berhadapan dengan risiko kulit yang semakin kering. Oleh karena itulah, sebaiknya pilih moisturizer yang cukup melembapkan dan menghidrasi kulit.

Stres dan kurang istirahat

Mungkin kamu merasa kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare. Namun, sebelum berprasangka buruk pada skincare yang kamu gunakan, cobalah melihat pola hidupmu belakangan ini. Apakah kamu sudah cukup beristirahat? Bagaimana dengan tingkat stresmu belakangan ini?

Stres dan kurang istirahat dapat membuat tubuh kita kelelahan. Apapun bentuk stresnya, tingkat kortisol yang naik akan membuat aliran darah mengalir ke organ-organ vital, bukan ke wajah. Akibatnya kulit tampak pucat, lelah, dan kusam.

Kurang vitamin dan mineral

Penyebab wajah kusam lainnya yang seringkali tidak disadari adalah tubuh kurang mendapatkan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral penting untuk membentuk antioksidan alami tubuh, yang melindungi komponen kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Lengkapi asupan vitamin dan mineral harian dari makanan atau suplemen yang mengandung selenium, tembaga, zat besi, dan seng.

Tidak cocok dengan kandungan skincare yang digunakan

Apabila hal-hal di atas sudah terpenuhi tetapi kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare dan tidak kunjung membaik, bisa jadi kulitmu tidak cocok dengan kandungan skincare yang digunakan.

Ada beberapa kandungan skincare yang bisa membuat kulit menjadi kusam, misalnya kandungan di dalam chemical sunscreen atau skincare yang mengandung bahan aktif hormonal, seperti oxybenzone, dapat menyebabkan penggelapan kulit secara hormonal.

Hentikan penggunaan produk tersebut dan ganti dengan produk skincare yang lain atau konsultasikan dengan dokter kulit.

Itulah beberapa penyebab kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
wajah memerah setelah pakai skincare

Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare, Berbahayakah?

Kesehatan Kulit   22/05/2023