fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKetahui 5 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

Sebagai makhluk hidup, untuk tumbuh dan berkembang Anda pastinya membutuhkan makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tentunya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi Anda. Terutama bagi ibu hamil yang harus memenuhi kebutuhan nutrisinya dan janin dalam kandungannya. Salah satu nutrisi yang menunjang tumbuh kembang janin berasal dari vitamin. Kira-kira, apa saja vitamin yang penting untuk ibu hamil dan janinnya?

Ketahui 5 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

Jenis Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

vitamin ibu hamil

Untuk menunjang tumbuh kembang janin selama masa kehamilan, ibu hamil harus banyak mengonsumsi beragam makanan sehat. Dengan begitu, nutrisi yang didapatkan olehnya pun juga bervariasi Salah satunya nutrisi tersebut berupa mikronutrien, seperti vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang penting untuk melengkapi gizi ibu dan janin selama kehamilan. Sehingga nantinya bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat secara fisik maupun mental.

1. Vitamin A

Ketika mendengar vitamin A, mungkin kebanyakan orang akan menghubungkannya dengan kesehatan mata. Padahal, fungsi vitamin ini tidak hanya untuk penglihatan, melainkan juga memainkan peran dalam tumbuh kembang janin.

Selama kehamilan, vitamin A akan membantu proses pembentukan tulang dan gigi, mencegah kelainan bawaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan pergantian sel baru pada seluruh jaringan tubuh.

Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin A, minimal, 770 mg per hari. Jika tidak, tumbuh kembang janin otomatis akan terganggu. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencukupi asupannya ialah wortel, bayam, daging, telur, papaya, dan tomat. Anda pun dapat mempertimbangkan konsumsi suplemen untuk melengkapi kebutuhan harian akan vitamin ini.

2. Vitamin B

Ada beberapa jenis vitamin B yang sangat dibutuhkan dalam menunjang tumbuh kembang janin selama kehamilan. Jika Anda memperhatikan iklan susu ibu hamil, salah satu produk ada yang mengunggulkan bahwa susunya mengandung asam folat atau vitamin B9. Vitamin ini berfungsi membentuk DNA.

Folat atau vitamin B9 pun berperan pada proses pembentukan sel-sel darah merah dan memastikan jumlah sel darah merah tercukupi. Anda bisa memperoleh asupannya dari kentang, kol, brokoli, lobak, bayam, dan hati.

Selanjutnya ada tiamin atau vitamin B1 yang berfungsi dalam metabolisme energi dan pertumbuhan janin, serta dapat Anda peroleh pada buncis, kacang kapri, dan kacang panjang. Vitamin yang tak kalah penting selanjutnya adalah riboflavin atau vitamin B2. Riboflavin menunjang proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein selama pertumbuhan janin. Anda dapat memenuhi nutrisi riboflavin dari susu dan produk olahannya, daging, serta sayuran hijau.

Anda juga harus memenuhi nutrisi vitamin B3 (niasin) yang berperan dalam sintesis hormon dan metabolisme koenzim. Niasin dapat Anda peroleh dari telur, ikan, daging, alpukat, dan kurma. Vitamin B lain yang perlu Anda cukupi yaitu vitamin B6 (piridoksin).

Vitamin B6 untuk ibu hamil berperan dalam pembentukan asam amino dan protein, serta ada pada tuna, salmon, daging, gandum, dan kacang. Terakhir, ada vitamin B12 (kobalamin) yang dibutuhkan untuk menunjang pematangan sel darah merah. Kobalamin bisa diperoleh dari susu, telur, dan daging.

3. Vitamin C

Vitamin ini bukan cuma bertindak sebagai antioksidan, tetapi juga membantu penyerapan zat besi. Asam askorbat pun diperlukan untuk memperkuat pembuluh darah, membantu pembentukan tulang dan sendi, mengaktifkan kerja sel darah putih, meningkatkan sistem imun, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Peran vitamin C untuk ibu hamil, termasuk:

  • Menurunkan risiko diabetes gestasional, yaitu meningkatnya kadar gula darah saat kehamilan.
  • Mengurangi risiko preeklampsia, yakni meningkatnya tekanan darah dan kadar protein di dalam urin pada ibu hamil.
  • Mendukung pertumbuhan bayi secara keseluruhan.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C hariannya. Bahkan, menurut pedoman angka kecukupan gizi, asupannya ditambah sebanyak 10 mg per hari, di tiap trimesternya. Beberapa makanan tinggi vitamin C untuk ibu hamil berupa buah-buahan segar seperti jeruk, stroberi, jambu biji dan sayuran hijau, tomat, dan paprika.

4. Vitamin D

Vitamin ini berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium, sehingga berguna dalam membentuk dan memperkuat tulang. Jika Anda kekurangan asupan vitamin D, akan berakibat pada gangguan tulang serta sendi. Vitamin ini dapat Anda temukan pada susu dan produk olahannya, serta daging. Namun, pembentukan vitamin D pada tubuh harus dibantu dengan sinar matahari. Jadi, pastikan tiap pagi Anda memperoleh sinar matahari yang cukup.

5. Vitamin E

Vitamin ini bagus untuk ibu hamil karena dapat menjaga struktur dan fungsi komponen sel tubuh ibu dan janin, sebagai antioksidan, membantu pembentukan eritrosit, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Bagi ibu hamil, kebutuhan akan vitamin E harus mencapai 15 mg atau 22,5 IU per hari. Kebutuhan vitamin ini dapat dipenuhi dari kacang-kacangan dan minyak nabati.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi bagi ibu hamil harus diperhatikan dan diperhitungkan dengan benar. Kalau nutrisinya tidak tercukupi, akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Makanya, selama kehamilan dibutuhkan kerja sama antara sang ibu, suaminya, dan dokter dalam mengontrol nutrisi dan tumbuh kembang janin. Selain itu, ibu hamil perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam pemenuhan nutrisinya dan janin, seperti:

1. Konsumsi variasi makanan untuk memperoleh nutrisinya

Maksudnya, untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, termasuk vitamin. Takaran gizi yang diperlukan bisa Anda konsultasikan pada dokter kandungan atau ahli gizi. Usahakan tidak menggantikan nutrisi yang berasal dari makanan dengan mengonsumsi berbagai suplemen tambahan.

2. Lengkapi nutrisi dengan susu ibu hamil

Produk susu untuk ibu hamil biasanya diformulasikan khusus dengan beragam nutrisi yang dibutuhkan dan bagus untuk menunjang tumbuh kembang janin. Namun, jika Anda alergi atau tidak suka dengan produk olahan susu, bisa menggantinya dengan makanan dengan nutrisi serupa. Salah satu produk susu ibu hamil yang bisa kamu coba yaitu Enfamama A+ – 400gr – Coklat – Susu Ibu Hamil & Menyusui – JOVEE (Rp93.700).

3. Pertimbangkan konsumsi suplemen vitamin tambahan

Sebetulnya, nutrisi paling baik itu berasal dari makanan alami. Akan tetapi, ada sebagian orang yang membutuhkan tambahan nutrisi dari suplemen, selain dari makanan. Salah satunya, ya ibu hamil. Konsumsi suplemen ini dilakukan guna memastikan semua nutrisi yang dibutuhkan bumil terpenuhi. Ya, tujuannya adalah menunjang kesehatan serta tumbuh kembang janinnya. Ingatlah, untuk selalu membicarakannya dengan dokter sebelum mengonsumsi segala suplemen kesehatan.

Biasanya, dokter kandungan dan ahli gizi akan merekomendasikan produk suplemen dengan dosis yang telah disesuaikan dengan kondisi Anda. Mulailah konsultasi dengan tim nutrisionis Jovee untuk mendapatkan suplemen yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Anda juga bisa mengunjungi Jovee Official Shop di Shopee Mall dan mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022