fbpx
BerandaGaya Hidup SehatKetahui 7 Manfaat Pilates bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

7-manfaat-pilates

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan berolahraga tubuh akan meningkatkan metabolisme sehingga keseimbangan dapat terjaga. Namun sering kali olahraga terbengkalai akibat kesibukan. Pilates adalah jenis olahraga ringan yang dapat Anda lakukan tanpa menyita banyak waktu.

Apakah Itu Pilates?

Senam pilates merupakan metode olahraga yang terfokus pada kelenturan serta fleksibilitas tubuh, pilates sendiri dikembangkan oleh Joseph Hubert. Pilates sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai jenis olahraga berat, karena pilates merupakan perpaduan antara yoga dan senam ringan. Olahraga ringan yang rutin dilakukan dapat berdampak positif terhadap tubuh, meningkatkan kebugaran serta meningkatkan konsentrasi Anda. Latihan pilates sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan mental sehingga Anda bisa melakukan latihan ini ketika mengalami stres.

Meski sekilas mirip dengan gerakan yoga, latihan pilates memiliki perbedaan dengan yoga. Perbedaan tersebut terletak pada tujuannya. Pilates berfokus kepada kontrol tubuh serta fleksibilitas tubuh, sedangkan latihan yoga berfokus pada daya tahan dan spiritual dari tubuh. Pilates dapat digunakan sebagai gerakan awal atau pemanasan sebelum Anda melakukan yoga. Karena inilah yang membedakan antara pilates dengan yoga. Kedua latihan ini apabila dilakukan secara rutin dengan baik dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan tubuh.

Manfaat Pilates Untuk Kesehatan

Setelah berkenalan dengan pilates, maka Anda juga perlu tahu tentang manfaat dari latihan pilates bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan ketika melakukan latihan pilates secara rutin dengan benar:

1. Melatih Kekuatan Tubuh

Pilates adalah latihan yang tepat untuk Anda yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh serta menambah massa otot. Karena latihan ini membentuk kekuatan otot serta kekuatan tubuh dengan gerakan-gerakannya.

2. Kebugaran Tubuh

Stres dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu dan kurang bergairah, sehingga Anda perlu melakukan gerakan latihan untuk meningkatkan kebugaran. Latihan pilates sangat berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh sebab terfokus terhadap otot-otot. Latihan ini biasanya digunakan untuk melatih kekuatan inti tubuh sehingga dapat membuat tubuh lebih segar ketika bangun tidur.

3. Meningkatkan Kualitas Seks

Latihan ini sedikit banyak mengambil beberapa gerakan serupa dengan senam kegel. Kegel adalah latihan yang dilakukan untuk menguatkan otot panggul sehingga dapat berpengaruh terhadap kualitas seks yang lebih baik. Kekuatan otot panggul yang bertambah dapat memberikan orgasme yang lebih hebat.

Selain itu, menggunakan latihan pilates pada wanita dapat mempermudah jalan lahir dalam proses persalinan. Latihan pilates dapat dilakukan baik untuk pria maupun untuk wanita karena gerakan-gerakan yang berfokus pada kekuatan otot tanpa perlu melakukan olahraga yang berat.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Senam pilates merupakan latihan yang berpusat pada pikiran serta keharmonisan tubuh dan jiwa. Salah satu gerakan dalam senam ini adalah pengaturan pernapasan. Pernapasan yang teratur dan dilakukan dengan benar dapat meningkatkan keharmonisan tubuh serta pikiran sehingga membuat pikiran lebih fokus. Peningkatan fokus dapat membuat seseorang lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam bekerja.

5. Membentuk Postur Tubuh

Duduk dengan posisi yang tidak tegak dalam kurun waktu lama dapat merubah postur tulang belakang sehingga postur tubuh berubah. Pilates adalah latihan yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh, karena latihan ini berpusat untuk melatih otot-otot di sekitar pinggul, punggung bagian bawah serta panggul. Postur tubuh yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri karena terlihat lebih tinggi.

Tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, “Pilates termasuk ke dalam latihan yang dapat melatih untuk kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan. Latihan ini biasanya direkomendasikan untuk dilakukan 3 kali seminggu, diluar latihan atau olahraga yang bersifat aerobik intensitas sedang 150 menit per minggu, yang dibagi dalam beberapa hari minimal 3 kali seminggu dengan tidak lebih dari 2 hari berturut-turut tanpa aktivitas.”

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
manfaat alkohol

Manfaat Dari Minuman Beralkohol

Gaya Hidup Sehat   07/09/2021