fbpx
BerandaKesehatan KulitKetahui Fungsi & Cara Menjaga Kesehatan Jaringan Epidermis Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terbesar, yang berfungsi melindungi organ tubuh dari benda asing. Sebagai pertahanan tubuh terluar, kulit memiliki berbagai lapis jaringan, dengan jaringan epidermis sebagai lapisan terluar.

jaringan-epidermis-kulit

Sebagai lapisan terluar, jaringan epidermis tentu membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap terjaga kesehatannya. Agar jaringan epidermis kulit tetap berfungsi optimal, kenali peran dan cara menjaganya di bawah ini yuk!

Fungsi jaringan epidermis kulit

Setiap lapisan kulit memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh, termasuk organ, saraf, dan otot. Dengan adanya kulit, bakteri, virus, dan infeksi lainnya dapat dihindari. Epidermis juga menjadi tempat disimpannya air dan nutrisi cadangan, sehingga kulit tetap terhidrasi.

Terdapat sel empat sel khusus di epidermis, yakni keratinosit, melanosit, sel merkel dan sel Langerhans. Menurut Healthline, melanosit adalah sel jaringan epidermis kulit yang berperan dalam menyaring radiasi sinar UV matahari. Sementara itu, sel Langerhans merupakan bagian dari sistem imun untuk mendeteksi zat asing serta mikroorganisme.

Misalnya, saat ada bakteri tidak dikenal menempel pada kulit, sel Langerhans akan memberi sinyal pada sistem kekebalan tubuh untuk mengirimkan antibodi dan sel-sel lain untuk melawan infeksi.

Fungsi dari jaringan epidermis lainnya adalah memberi warna pada kulit. Saat menyaring radiasi sinar UV, sel melanosit akan membentuk melanin. Melanin inilah yang berikan pigmen warna cokelat pada kulitmu.

dr. Stephanie, dari tim Jovee juga menambahkan, “Keratinosit memproduksi keratin untuk perlindungan cairan pada kulit serta lemak. Sementara, sel merkel berfungsi sebagai saraf sehingga kita bisa merasakan perabaan.”

Cara menjaga kesehatan jaringan epidermis kulit

Punya fungsi yang penting bagi tubuh, jangan lupa untuk menjaga kesehatan jaringan epidermis kulit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar jaringan epidermis tetap sehat terawat.

1. Mandi teratur

Mandi tak hanya bagian dari pola hidup bersih saja loh, Jovians. Saat mandi, seluruh kotoran, bakteri, dan kuman dibersihkan dari jaringan epidermis sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori. Selain itu, mandi juga membantu kamu untuk tidak mudah sakit.

Namun, perlu diingat untuk tidak mandi berlebihan ya! Terlalu sering mandi dapat buat kulitmu kering, yang juga mempengaruhi sistem imun karena bakteri baik yang hidup alami di kulit turut hilang.

Pastikan juga untuk tidak mandi terlalu lama, terlebih lagi dengan air panas. Kuncinya, mandi dengan jumlah seperlunya. Sesuaikan jumlah mandi dengan kebutuhan dan jenis aktivitas yang kamu lakukan agar tubuh dan kulit tetap sehat.

2. Bersihkan keringat usai beraktivitas berat

Usai melakukan aktivitas berat yang berkeringat banyak seperti olahraga, sebaiknya segera ganti baju yang basah dan usahakan untuk segera mandi. Mengapa? Keringat yang tidak segera dibersihkan dapat sebabkan jerawat, biang keringat, bahkan penyakit kulit seperti panu.

3. Gunakan sabun mandi yang lembut

Memilih sabun mandi yang lembut penting dalam perawatan jaringan epidermis kulit. Selain tidak sebabkan iritasi, sabun lembut juga menjaga hidrasi kulit dan tidak kasar. Usai mandi, pastikan juga gunakan handuk kering yang lembut.

Jangan lupa oleskan losion pelembab untuk memberi nutrisi pada kulit. Dengan begitu, kesehatan jaringan epidermis kulit dapat tetap terjaga. Kamu bisa gunakan Scarlett Body Lotion Freshy usai mandi untuk menjaga kelembaban jaringan epidermis.

4. Pola makan sehat

Tak hanya untuk tubuh, pola makan sehat juga berpengaruh pada kesehatan jaringan epidermis kulit. Konsumsi makanan tinggi serat dan antioksidan, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan lemak omega 3.

Selain itu, banyak minum air putih juga berpengaruh loh! Pastikan minum 8 gelas air setiap harinya, agar kelembaban dan elastisitas jaringan kulit tetap terjaga.

5. Hindari rokok dan alkohol

Sudah dipahami bahwa rokok maupun alkohol banyak memberi dampak negatif pada tubuh. Keduanya akan mempercepat penuaan kulit, yang memunculkan garis halus dan kerutan pada jaringan epidermis.

Selain cara di atas, lindungi juga jaringan epidermis kulitmu dengan tabir surya minimal SPF 30 setiap harinya. Itulah penjelasan mengenai fungsi serta cara menjaga kesehatan jaringan epidermis kulit. Semoga bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

benzoyl-peroxide-acne

Baik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Kesehatan Kulit   01/12/2022
manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Tak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Kesehatan Kulit   29/11/2022
kandungan-gliserin

Gliserin untuk Skincare, Apa Kegunaannya bagi Kulit?

Kesehatan Kulit   22/11/2022
manfaat-cleansing-balm

Bersih Maksimal, Ini 4 Manfaat Cleansing Balm

Kesehatan Kulit   21/11/2022
hydroquinone-tretinoin

Tretinoin dan Retinol: Apa Perbedaan dan Fungsinya?

Kesehatan Kulit   18/11/2022