fbpx
BerandaGaya Hidup SehatKetahui Seluk Beluk Diet Telur Secara Lengkap

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

ketahui-program-diet-telur

Salah satu jenis diet yang saat ini tengah trend di kalangan masyarakat adalah diet telur. Ini merupakan jenis diet yang menggunakan media telur yang direbus untuk menjadi pengganti makanan utama setiap harinya. Telur yang digunakan adalah jenis telur ayam. Akan lebih baik kualitasnya jika bisa memilih telur ayam kampung.

Untuk diet dengan menggunakan telur, Anda bisa mengkonsumsinya untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Diet ini memang diklaim memiliki tingkat keberhasilan yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Terutama mengingat kandungan kalori dalam telur yang memang cukup rendah.

Aturan Penting Dalam Melakukan Diet Telur Agar Sukses

Secara keseluruhan, diet dengan menggunakan telur yang mengandung protein memang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Menurut beberapa orang pakar kesehatan dan gizi, untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh serta mencukupi kebutuhan energi setiap harinya Anda butuh sekitar 4 atau 5 butir telur untuk sarapan.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui jika ingin melakukan diet ini. Hal tersebut menjadi aturan penting yang harus diketahui dan dipatuhi pelaku diet agar supaya program diet yang dilakukannya bisa berhasil dengan sukses. Sehingga bukan saja Anda berhasil menurunkan berat badan saja. Namun juga bisa membuat tubuh Anda lebih sehat.

1. Teratur

Diet dengan telur ini harus dilakukan secara kontinu atau terus menerus. Anda harus menetapkan program yang ketat untuk memberikan target dimana diet yang Anda lakukan ini bisa berhasil. Setiap hari Anda harus bisa mengkonsumsi telur rebus dengan jumlah yang telah ditentukan.

2. Diet Ketat

Dalam artian, ketika Anda menjalankan diet ini, maka Anda harus bisa menyeimbangkan pola makan Anda juga. Diet telur hanya bisa dilakukan jika Anda juga menghindari beberapa jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat diet dengan telur. Di antaranya adalah jenis makanan yang tinggi karbohidratnya, makanan olahan dan jenis makanan berupa biji-bijian.

3. Minim Variasi

Meski terlihat simpel dan mudah untuk dilakukan, tetap saja untuk melakukan diet ini Anda mungkin saja akan mengalami kebosanan. Telur rebus yang bisa Anda konsumsi dalam diet ini memang terbatas untuk divariasikan dengan jenis olahan makanan lainnya. Namun untuk menghindarinya Anda bisa mengkonsumsi telur rebus dengan tambahan mayones atau bubuk rumput laut agar supaya lebih bercita rasa.

Efek Samping Diet Telur Untuk Kesehatan Anda

Nah jika dengan ulasan di atas Anda bisa mengetahui mengapa diet ini bisa berhasil untuk menurunkan berat badan dan beberapa hal penting yang menjadi aturan dalam diet tersebut. Namun ternyata, diet ini juga memiliki efek samping bagi kesehatan Anda. Diet dengan mengkonsumsi telur setiap hari ini juga dapat menimbulkan penyakit kolesterol tinggi serta gula darah tinggi.

Nutritionist Jovee, Kelvin Halim, S. Gz. menambahkan, “Konsumsi telur saja tidak dapat mencukupi kebutuhan harian secara seimbang. Telur mengandung karbohidrat yang sangat rendah, namun tubuh memerlukan energi yang berasal dari karbohidrat, dimana 60% energi tubuh berasal dari karbohidrat untuk menunjang keseimbangan zat gizi dalam tubuh. Kelebihan protein dalam konsumsi harian dapat menyebabkan asidosis dan peningkatan keton dan nitrogen pada tubuh yang berdampak pada gagal organ. Telur juga memiliki kolesterol dan lemak yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan hiperlipidemia.”

Selain itu, pelaku diet wanita biasanya akan beresiko untuk mengalami gangguan siklus menstruasi. Gejala gangguan imun dan hormon yang tak seimbang pun bisa terjadi meski kasus tersebut sedikit terjadi. Akibat kandungan protein pada telur yang terlalu tinggi juga dapat memicu efek samping berupa alergi dan munculnya jerawat di kulit wajah Anda.

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara Aman Untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Gaya Hidup Sehat   26/11/2021

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021

Cara Alami Atasi Ambeien Dengan Mudah

Gaya Hidup Sehat   22/11/2021

Tahapan Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Gaya Hidup Sehat   17/11/2021

Tahapan Fase Pertumbuhan Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Gaya Hidup Sehat   17/11/2021