fbpx
BerandaUncategorizedKetahui Sumber Terbaik dan Manfaat Vitamin B2

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

KETAHUI SUMBER TERBAIK DAN MANFAAT VITAMIN B2

Vitamin B2 atau juga dikenal dengan nama Riboflavin ini merupakan salah satu dari delapan vitamin yang termasuk dalam vitamin B kompleks. Fungsi dari vitamin ini sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan serta kerja sel secara normal. Vitamin B2 bertugas untuk mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang dipakai sebagai sumber energi bagi otot. Apa saja manfaat vitamin B2?

Vitamin B2 sangat mudah ditemukan di beberapa jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari. Meski begitu, banyak juga yang mengkonsumsi vitamin B2 dalam bentuk suplemen karena lebih praktis dan efektif untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut. Anda dapat mengonsumsi Natures Plus B Complex (Rp190.000) untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2. Nature Plus B complex adalah vitamin yang mengandung b compleks yang diperlukan untuk menjaga kelangsungan fungsi sel-sel tubuh dan sistem metabolisme tubuh. Dikenal sebagai vitamin anti stres / vitamin saraf

Sumber Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin B2

Setiap harinya, tubuh mengeluarkan Vitamin B2 karena sifat dari vitamin ini yang mudah larut. Karena itulah sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B2 setiap hari agar nutrisi tubuh terpenuhi. Sangat jarang ada kasus kekurangan Vitamin B2 karena sumbernya sangat banyak dan mudah ditemukan. Bahkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga kaya akan kandungan Vitamin B2. Berikut ini adalah daftar sumber makanan yang kandungan Vitamin B2nya cukup tinggi.

  • Hati dan daging ayam
  • Daging unggas
  • Ikan salmon
  • Telur
  • Produk susu
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung
  • Kacang kedelai dan olahannya termasuk tempe, tahu, susu kedelai, dan oncom
  • Jamur
  • Rumput laut
  • Gandum utuh
  • Ubi jalar
  • Kismis

Kebutuhan Vitamin B2 Harian yang Diperlukan oleh tubuh

Setiap harinya tubuh memerlukan asupan Vitamin B2 dalam takaran yang pas, tidak lebih dan tidak kurang. Jumlah Vitamin B2 yang dibutuhkan per harinya sangat bergantung pada jenis kelamin serta usia. Jadi kebutuhan Vitamin B2 perempuan tidak sama dengan laki-laki. Pun demikian dengan anak-anak, jumlah Vitamin B2 yang diperlukan tidak sama dengan orang dewasa. Berdasarkan pada pedoman Angka Kecukupan Gizi (AKG), berikut ini adalah jumlah Vitamin B2 yang harus dipenuhi setiap harinya.

  1. Laki-laki dewasa : 1,4-1,6 mg
  2. Perempuan dewasa : 1,2-1,4 mg
  3. Bayi dan anak-anak : 0,3-1,1 mg
  4. Ibu hamil : sekitar 1,7 mg
  5. Ibu menyusui : sekitar 1,8 mg

Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh

Meski dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, namun Vitamin B2 memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan. Karena tubuh tidak bisa memproduksi Vitamin B2 sendiri, maka untuk memenuhi asupan Vitamin B2 adalah dengan cara mengkonsumsi makanan serta suplemen. Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh Vitamin B2. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan energi

Vitamin B2 membantu memecah protein menjadi lemak, asam amino, dan karbohidrat dalam bentuk glukosa. Selanjutnya glukosa tersebut akan dimanfaatkan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Itulah mengapa orang yang kekurangan Vitamin B2 badannya terlihat lemah. Ini karena molekul yang terdapat dalam makanan tidak bisa dicerna dengan baik. Akibatnya tubuh kekurangan energi.

2. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Salah satu manfaat Vitamin B2 yang sangat penting adalah mempertahankan kadar kolagen dalam tubuh. Kolagen diperlukan oleh tubuh untuk menjaga struktur kulit dan menjaga kesehatan rambut. Dengan terpenuhinya kebutuhan Vitamin B2 dalam tubuh, maka kulit bisa tetap awet muda dan terhindar dari masalah munculnya garis halus serta penuaan dini.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Fosfor, Komponen Penting Tubuh yang Harus Dijaga Keseimbangannya
Vitamin E yang Bersumber Dari Makanan Lezat
Fungsi Sodium Chloride bagi Tubuh dan Efek Sampingnya
Fungsi Utama Vitamin B1 HCl Untuk Kesehatan
Karbohidrat: Jenis dan Mafaatnya
Mengenal Molybdenum, Mineral Mikro yang Penting bagi Tubuh
Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia

3. Mencegah katarak

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin B2, dapat mencegah dari risiko katarak. Manfaat utama Vitamin B2 salah satunya adalah menjaga kesehatan mata dengan melindungi antioksidan penting di mata yaitu glutathione. Selain mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan Vitamin B2, pemakaian suplemen juga diperlukan untuk menurunkan risiko terkena katarak.

4. Menjaga kesehatan kandungan

Kekurangan asupan Vitamin B2 bagi ibu hamil bisa memicu preeklampsia. Kondisi naiknya tekanan darah tersebut biasa terjadi saat kandungan memasuki minggu ke-20. Karena itulah sangat penting untuk mengkonsumsi makanan bergizi terutama yang kaya akan Vitamin B2 agar kondisi kandungan tetap sehat.

5. Mencegah Kanker

Studi membuktikan bahwa vitamin B2 bermanfaat dalam mencegah kanker. Dasar teorinya adalah vitamin B2 dapat melindungi DNA seluler dari kerusakan oleh agen penyebab kanker, seperti asap rokok. Dengan adanya peran vitamin B2 dalam menstabilkan struktur DNA sel, para ilmuwan percaya bahwa kanker tertentu, seperti kanker esofagus dan serviks, dapat dihindari.

6. Mengatasi Migrain

Menurut National Institutes of Health, vitamin B2 sangat menjanjikan sebagai pengobatan ampuh untuk sakit kepala migrain. Migrain disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan bahan kimia otak atau perubahan pada batang otak. Vitamin B2 mampu mengatasi ketidakseimbangan dengan cara meningkatkan pernapasan dan memproduksi energi pada mitokondria sel otak.

7. Mengatur Homosistein (Asam Amino)

Homosistein merupakan senyawa asam amino yang ditemukan dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi atau berlebih disebut sebagai homosisteinemia. Kondisi asam amino berlebih ini dapat merugikan tubuh, seperti dapat menimbulkan penyakit stroke, demensia, dan serangan jantung. Suplemen vitamin B2 yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kadar homosistein hingga 40%. Penurunan homosistein dapat mengurangi risiko gangguan neurokognitif (penyakit alzheimer, parkinson, demensia vaskular, epilepsi). Maka dari itu, vitamin B2 dapat mengurangi risiko-risiko penyakit diatas.

Vitamin B2 termasuk dalam vitamin B Kompleks yang memiliki peran vital bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan mata, mengatasi anemia, meredakan migrain, melindungi kesehatan kandungan, dan lain sebagainya. Vitamin B2 bisa ditemukan di beberapa jenis makanan seperti daging, telur, dan sayuran hijau. Cara mudah untuk memenuhi asupan Vitamin B2 adalah mengkonsumsi suplemen dari Jovee. Takarannya pas, sehingga tubuh tidak akan mengalami kelebihan ataupun kekurangan Vitamin B2.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022