fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKolagen Alami

Menjaga agar kulit tetap sehat dan muda merupakan keinginan banyak orang. Kesehatan kulit yang baik tentu akan mengoptimalkan fungsinya sebagai sistem perlindungan tubuh dari paparan lingkungan eksternal. Selain melindungi tubuh, kulit juga berperan dalam aspek kosmetik dan kecantikan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia akan mengalami proses penuaan.

Proses tersebut tentu akan mempengaruhi fungsi dan struktur dari kulit. Banyak sekali faktor yang mempercepat proses penuaan dari kulit, seperti paparan berlebihan dari lingkungan (radiasi UV, polusi, merokok, dll.), faktor intrinsik (genetik, inflamasi kronis, dll.), diet yang buruk, hingga stress, dapat menyebabkan berkurangnya kolagen alami di kulit.

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah salah satu protein terbanyak dan terpenting yang diproduksi oleh tubuh manusia. Ia tersebar di berbagai jaringan seperti kulit, gigi, tendon, ligamen, dan jaringan lainnya. Kolagen terbentuk dari komponen amino acid glycine, proline serta hydroxyproline, yang membentuk struktur triple helix. 

Manfaat kolagen untuk kulit adalah menjaga struktur, stabilitas, dan kekencangan jaringan kulit dengan cara membentuk suatu jaring-jaring penyangga di sekitar struktur sel kulit. Proses penuaan akan menyebabkan rusaknya jaring-jaring penyangga tersebut sehingga mengakibatkan efek kerutan yang tidak diinginkan pada kulit.

Peneliti menemukan kurang lebih sebanyak 40 tipe kolagen dalam tubuh manusia, tetapi terdapat 4 tipe kolagen yang paling umum ditemukan:

  1. Kolagen tipe I – kolagen ini berbentuk serat dan umumnya ditemukan pada jaringan ikat yang berhubungan dengan tulang, ligamen, tendon dan kulit. Pada area dermis kulit, kolagen tipe I ditemukan hingga 60-80%.
  2. Kolagen tipe II – bentuk kolagen ini mirip seperti kolagen tipe I, hanya saja lebih tidak terorganisir. Kolagen tipe II banyak ditemukan di tulang rawan, tetapi ia juga ditemukan di area dermis kulit.
  3. Kolagen tipe III – berbentuk serat tipis dan terdapat pada sel-sel di organ tubuh
  4. Kolagen tipe IV – ditemukan pada “basement membrane” dimana ia membentuk suatu struktur lapisan.

Sumber kolagen

 

1. Sumber kolagen alami

Sumber kolagen alami berasal dari tubuh anda yang secara alamiah memproduksi kolagennya sendiri. Tubuh akan menggabungkan berbagai macam nutrisi yang anda peroleh dari konsumsi makanan kaya protein seperti sapi, ayam, ikan, kacang, telur, dan produk susu, menjadi kolagen. Konsumsi makanan merupakan salah satu cara termudah mendapatkan kolagen. Beberapa sumber makanan yang mengandung kolagen:

  • Kaldu tulang. Kaldu yang berbahan baku tulang serta jaringan ikat dari hewan akan mengekstraksi kolagen ke dalam kuah kaldu. Beberapa hewan yang umum dipakai adalah ayam dan sapi.
  • Ikan beserta kulitnya. Ikan merupakan sumber kolagen yang baik, terutama pada daerah kulitnya karena sebagian besar kolagen tersimpan disana.
  • Ayam. Jaringan ikat pada daging ayam mengandung cukup kolagen. Konsumsi ceker ayam bisa menjadi salah satu opsi anda untuk mendapatkan sumber kolagen.

Sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu pembentukan kolagen dalam tubuh. Kacang-kacangan sebagai sumber protein dapat membantu meningkatkan pembentukan kolagen. Sayuran yang kaya akan vitamin C dan zinc merupakan nutrisi yang dibutuhkan juga untuk produksi kolagen dalam tubuh.

2. Suplemen kolagen

Apabila anda memiliki pola diet yang sehat dan bernutrisi sehingga tubuh memiliki banyak nutrisi sebagai sumber kolagen, suplemen bukanlah sesuatu yang wajib. Namun, konsumsi suplemen juga tidak ada salahnya. Suplemen kolagen dapat bersumber dari ayam, sapi, babi, manusia ataupun hewan laut. Saat ini, sumber hewan laut lebih sering digunakan karena lebih mudah diabsorbsi dan rendahnya angka alergi serta kontaminan. 

Suplemen kolagen berbentuk cream kulit dan serum dapat digunakan, tetapi efektivitasnya tidak akan sebaik suplemen yang dikonsumsi. Studi menjelaskan bahwa pemakaian di permukaan kulit kurang efektif karena kolagen yang terkandung dalam cream kulit atau serum sulit untuk menembus ke dalam kulit.

Belakangan ini, suplemen kolagen oral mendapatkan popularitas yang lebih di masyarakat. Umumnya suplemen ini dijual dalam bentuk collagen peptides atau hydrolyzed collagen, sehingga mudah untuk diabsorbsi tubuh. 

Suplemen kolagen mengandung asam amino dan nutrisi-nutrisi lain seperti vitamin C, biotin, atau zinc yang berguna untuk kesehatan kulit. Penggunaan sumber hewan laut sebagai bahan dasar suplemen kolagen memiliki risiko alergi yang rendah sehingga aman untuk digunakan.

Manfaat kolagen untuk kulit

Kolagen secara umum berperan penting dalam menjaga struktur, stabilitas, dan juga kekencangan dari kulit, terbukti dari bentuk serat kolagen yang menyerupai jaring penyangga di sekitar sel kulit. 

Fungsi tersebut memberikan kulit kemampuan untuk mampu meretensi kelembaban, elastis, serta mencegah keriput. Selain itu, kolagen juga berguna dalam proses penyembuhan luka di lapisan kulit atau mukosa, regenerasi sel, dan berbagai fungsi lainnya di banyak organ.

Bagaimana dengan suplemen kolagen oral? Beberapa studi yang meneliti penggunaan suplemen collagen peptides menyatakan adanya efek antioksidan yang mendukung migrasi dan aktivasi sel fibroblasts kulit untuk menghasilkan kolagen, hyaluronic acid, dan elastin. 

Setelah dikonsumsi, collagen peptides bisa bertahan 14 hari di lapisan dermis kulit dan membantu dalam proteksi kulit dari sinar matahari dan retensi kelembaban kulit. Pada partisipan penelitian yang diberikan suplemen oral, penghitungan jumlah kolagen tipe I dan II di dermis kulit terjadi peningkatan.

Mau coba suplemen kolagen oral? Anda bisa mencoba Frozen Collagen 2 in 1 Powder Drink Ecer – Kolagen, Glutathione, dan Vitamin Kulit (Rp87.134) atau Everwhite Hicoll 20 Sachet – Vitamin Kulit Collagen (Rp157.869)!

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah. 

Referensi: 

  1. Rodriguez MIA, Borroso LG, et al., Collagen:  A review on its sources and potential cosmetic applications. J Cosmet Dermatol. 2018;17(1):20-26 
  2. Vollmer DL, west VA, Lephart ED. Enhancing Skin Health: By Oral Administration of Natural Compounds and Minerals with Implications to the Dermal Microbiome. Int J Mol Sci. 2018;18(10):3059
  3. Blum-ricard S. The collagen family. Cold spring harb perspect Biol. 2011;3(1):a004978
  4. Lupu MA, et al., Beneficial effects of food supplements based on hydrolyzed collagen for skin care (Review). Exp Ther Med. 2020; 20(1):12-17
  5. Leon-lopez A, et al. Hydrolyzed Collagen—Sources and Applications. Molecules. 2019;24(22):4031
  6. Cleveland clinic. The best way you can get more collagen. Health essentials Cleveland clinic website. 2018 [online]
  7. webMD. Healthy foods high in collagens. Nourish by webMD website. 2021 [online] 
  8. Harvard School of public health. Collagen. Harvard School of public health website. 2021 [online] 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021

Apakah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Sangat Penting?

Makanan Sehat   16/11/2021

Teh Jati Cina

Makanan Sehat   27/10/2021

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021