fbpx

Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi Untuk Tubuh Lebih Sehat

by | May 27, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Iron terkenal sebagai zat besi yang dijadikan sebagai mineral untuk kebutuhan tubuh. Salah satu manfaat yang didapatkan dari zat besi ini yaitu mampu menjaga tubuh supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit anemia. Selain itu zat besi juga dapat digunakan supaya bisa menjaga kesehatan dari sel-sel tubuh, rambut, kuku, bahkan hingga kulit. Apa saja makanan mengandung zat besi?

Apabila diri seseorang kekurangan zat gizi, tentunya hal ini sama dengan kekurangan nutrisi. Sehingga menimbulkan tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin secara sementara. Sementara hemoglobin ini memiliki peran untuk membawa oksigen ke bagian jaringan tubuh. Orang yang kekurangan zat besi akan ditandai dengan kondisi yang mudah lelah, prestasi mengalami penurunan, sistem kekebalan tubuh yang semakin menurun. Bahkan sampai adanya gangguan tumbuh kembang yang terjadi pada anak.

Daftar Makanan Mengandung Zat Besi

Supaya lebih memudahkan dalam mencukupi kebutuhan zat besi, berikut ini daftar Iron atau zat besi yang paling direkomendasikan oleh tim Ngovee, sumber info kesehatan terpercaya:

  1. Daging merah

Disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi daging merah secara rutin. Untuk setiap 100 gram daging merah yang tidak memiliki lemak memiliki kandungan kisaran 2 mg iron atau zat besi. Daging merah yang bagus dikonsumsi yaitu seperti daging sapi. Anda juga tidak disarankan apabila mengkonsumsinya secara berlebihan.

  1. Konsumsi sereal

Sereal tidak hanya dijadikan sebagai menu sarapan yang paling praktis. Akan tetap sereal juga memiliki kandungan berupa zat besi atau air yang sangat bagus bagi tubuh. Namun perlu diingat, sebelum melakukan pembelian dan mengkonsumsinya Anda harus mengetahui kandungan dari zat besi pada setiap takaran saji produk sereal .

  1. Kacang-kacangan

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan karena kandungan berupa kacang-kacangan ini kaya akan zat besi atau Iron non heme. Pada setiap 100 gram kacang kacangan memiliki kandungan 4 MG zat besi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkan beberapa jenis sayuran yang memiliki vitamin C. Misalnya seperti sayur kol, brokoli ataupun yang lainnya. Untuk kombinasi vitamin tersebut bisa mempercepat adanya penyerapan zat besi. Penyerapan zat besi non heme lebih rendah dibanding zat besi heme dari daging, sehingga perlu konsumsi lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan sehari.

  1. Sayuran hijau bayam

Sayuran hijau seperti bayam ternyata juga kaya akan zat besi, terutama pada 100 gram bayam memiliki kandungan 2 mg zat besi atau Iron jenis nonheme. Selain itu juga memiliki kandungan berupa vitamin E, vitamin A, kalsium, protein, dan juga serat. Selain dapat dikonsumsi secara langsung maka Anda pun juga dapat memasukkannya pada berbagai sajian sayuran maupun membuatnya sebagai olahan kreasi lainnya. Penyerapan zat besi non heme lebih rendah dibanding zat besi heme dari daging, sehingga perlu konsumsi lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan sehari.

  1. Kentang 

Ternyata kentang tidak hanya bisa dinikmati dengan franchise atau kentang goreng saja. Akan tetapi olahan kentang juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Pada setiap 100 mg Kentang panggang memiliki kandungan kisaran 3 MG zat besi non heme. Oleh karena itu Anda selalu disarankan untuk mengkonsumsi buah kentang secara teratur dan rutin. Selain harganya yang murah, kentang juga sangat mudah dijumpai di pasaran.

Zat besi ternyata tidak hanya bagus dikonsumsi untuk orang dewasa saja. Akan tetapi kandungan zat besi ini juga diwajibkan untuk dikonsumsi oleh bayi. Zat besi yang dibutuhkan bayi bisa diperoleh dari ASI. Selain dari ASI, zat besi juga bisa didapatkan dari susu formula yang diberikan kepada bayi. Selain mengkonsumsi zat besi, juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan berupa vitamin C dan vitamin yang lainnya.

  1. Kuning telur

Makanan lain yang memiliki kandungan zat besi tinggi juga dapat dijumpai pada kuning telur. Ada banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini karena selain mudah dijumpai ternyata untuk proses memasaknya pun juga lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Kandungan kuning telur tidak hanya kaya akan jatuh saja, namun juga memiliki kandungan vitamin B dan mineral.

Untuk zat besi yang terdapat pada telur ini lebih banyak di bagian kuningnya, sehingga apabila Anda ingin mengkonsumsi telur sebaiknya konsumsi bagian kuningnya saja supaya kebutuhan akan zat besi pada tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Jeroan

Tidak semua orang akan menyukai bagian Jeroan atau terutama hati. Akan tetapi ternyata seruan seperti hati menjadi daftar makanan yang memiliki kandungan zat besi lebih tinggi. Ditambah lagi dengan kandungan mineral, vitamin dan juga protein. Pada 100 gram hati sapi memiliki kandungan kisaran 5 MG zat besi. Saat ingin mengkonsumsinya Anda harus memperhatikan dari segi kandungan kolesterol yang ada pada tubuh. Pastikan bahwa kolesterol tubuh tidak tinggi. Apabila memiliki kolesterol tinggi sebaiknya batasi mengkonsumsi jeroan.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung zat besi. Jika pola makan anda tidak teratur ataupun tidak seimbang, Anda juga disarankan untuk mengimbangi suplemen yang bisa dikonsumsi secara rutin supaya kesehatan tubuh dapat benar-benar terjaga dengan baik. Untuk suplemen terbaik yang paling direkomendasikan bagi Anda yaitu suplemen Jovee. Anda bisa menemukannya dengan mudah dan yang pasti harganya sangat terjangkau.

Sumber:

Health Direct Australia (2019). Foods High in Iron.

NHS UK (2018). Health A – Z. Iron Deficiency Anaemia

Brands