fbpx
BerandaKesehatan KulitKulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa?

Tubuh kita punya caranya tersendiri untuk memberitahu kita jika adanya masalah kesehatan yang kita alami. Salah satunya lewat perubahan kondisi kulit. Apakah kamu pernah mengalami kulit yang menghitam secara tiba-tiba, tetapi bukan karena aktivitas di bawah sinar matahari? Jika ya, mungkin kamu perlu membaca artikel yang tim Jovee rangkum berikut ini karena bisa jadi tanda penyakit yang lebih serius.

Kulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa?

Kulit wajah menghitam tak perlu dikhawatirkan apabila kamu memang belakangan ini banyak beraktivitas di luar ruangan sehingga terkena paparan sinar matahari yang mungkin akan membuat kulitmu sedikit lebih gelap. Tetapi apabila kulit wajah menghitam atau area tubuh lain juga menghitam tanpa ada penyebab pasti yang kamu ingat, kamu perlu waspadai kulit wajah menghitam tanda penyakit apa berikut ini:

Melasma

Melasma adalah masalah kulit yang menyebabkan kulit menghitam atau warna kulit tidak merata. Melasma juga sering disebut dengan chloasma atau topeng kehamilan. Istilah ini diberikan karena melasma seringkali muncul pada ibu hamil.

Melasma lebih sering dialami oleh perempuan ketimbang laki-laki, meskipun tidak menutup kemungkinan laki-laki juga bisa menderita masalah kulit ini.

Melasma biasanya muncul pada bagian wajah seperti pipi, dahi, jembatan hidung, dan dagu.

Penyakit tiroid

Adanya masalah pada kelenjar tiroid dapat memunculkan berbagai gejala yang tampak pada kulit. Salah satunya adalah kulit yang menghitam pada beberapa area. Sebetulnya, kondisi kulit yang menggelap pada penderita penyakit tiroid disebabkan karena melasma.

Melasma yang timbul pada penderita penyakit tiroid dapat disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi. Penderita tiroid akan memiliki risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami melasma.

Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah penyakit yang terjadi akibat rusaknya lapisan luar kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal merupakan kelenjar kecil di sistem endokrin yang berada di atas ginjal manusia. Fungsi dari kelenjar ini adalah menghasilkan hormon-hormon penting untuk tubuh. Apabila lapisan luar kelenjar adrenal rusak, maka dapat memicu berbagai penyakit. Antara lain penyakit autoimun.

Salah satu gejala dari penyakit Addison adalah kulit yang menghitam, terutama pada kulit yang terpapar sinar matahari seperti pada bagian wajah.

Tinea versicolor

Tinea versicolor adalah kondisi yang disebabkan oleh jamur yang disebut malassezia. Jamur ini biasanya ditemukan pada kulit manusia.

Tinea versicolor paling sering terjadi pada remaja dan dewasa mudah. Biasanya lebih berdampak pada orang-orang yang berada di negara dengan iklim hangat dan lembap.

Gejala utama tinea versicolor adalah bercak kulit yang berubah warna, seringkali lebih terang atau lebih gelap ketimbang kulit di sekitarnya. Tak hanya di wajah, bercak-bercak ini bisa muncul di punggung, ketiak, lengan atas, dada dan leher.

Meski tampak mengganggu penampilan, tinea versicolor ini tidak menular.

Cara Mengatasi Kulit Menghitam

Mengatasi kulit menghitam dapat dilakukan dengan mengetahui apa latar belakang penyebabnya. Apabila disebabkan karena diabetes, maka perlu mendapatkan arahan dokter untuk mengelola kadar gula darah. Menjaga pola makan yang sehat adalah contohnya. Jika diabetes dapat dikontrol, niscaya kulit yang menghitam dapat berangsur-angsur kembali normal.

Untuk kondisi kesehatan lainnya, konsultasikan dengan dokter bagaimana cara mengatasi kulit menghitam yang tepat agar mendapatkan diagnosis masalah serta pengobatan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Secara umum, cara mengatasi kulit menghitam yang dapat dilakukan adalah dengan:

  • Menghindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Gunakan sunscreen setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan
  • Minum air putih yang cukup agar tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik
  • Hindari mengonsumsi makanan yang kaya lemak dan minyak, serta kurangi makan makanan yang pedas
  • Konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin A, B, C, dan E.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023