fbpx
BerandaVitamin & SuplemenKurang Vitamin Kalsium untuk Ibu Hamil Bisa Fatal!

Sering melihat iklan yang menyatakan betapa pentingnya mineral kalsium selama masa kehamilan? Ya, memang benar dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, janin membutuhkan kalsium yang banyak. Sehingga ibu harus memenuhi kebutuhan harian vitamin kalsium untuk ibu hamil untuk diri sendiri dan juga janin.

kurang_vitamin

Jika kekurangan vitamin kalsium, janin akan memenuhi kalsiumnya dari tubuh ibu, dan jika ibu kekurangan kalsium serta tidak segera dipulihkan, ancaman pengeroposan tulang bisa mengintai. Untuk itu, mari pahami apa dan mengapa ibu hamil membutuhkan kalsium dalam jumlah cukup.

Manfaat Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil

Selama periode kehamilan, tubuh membutuhkan kalsium lebih banyak karena harus memenuhi kebutuhan kalsium si bayi. Oleh karena itu, konsumsi kalsium juga harus dijaga kecukupannya agar tidak defisiensi nutrisi mikro penting satu ini. Adapun manfaat vitamin kalsium untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sudah menjadi rahasia umum jika kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Karena 99% dari komposisi kerangka manusia berasal dari kalsium. Komposisinya yang padat dan keras, memungkinkan tulang bisa dipergunakan untuk bantalan otot, perlindungan organ dan juga menjadi bagian dari sistem ekstremitas manusia. Sehingga, peranannya yang sangat penting ini harus terjaga agar fungsinya tidak berkurang.

Demikian juga untuk janin, keberadaan unsur kalsium selama masa kehamilan turut menunjang optimalisasi pembentukan rangka pada janin. Sehingga bisa terbentuk secara normal saat diferensiasi dan tidak mengalami malformasi, agar bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, ”Pada saat kehamilan otomatis kebutuhan kalsium janin lebih diutamakan, bila kurang mengkonsumsi kalsium saat kehamilan, maka kekurangannya akan diambil dari tulang. Bila kita ingin tulang tetap kuat, pastikan mengonsumsi extra kalsium saat hamil baik dari makanan ataupun suplemen. Kebutuhan kalsium saat hamil 1000 mg per hari. Kalau berusia kurang dari 18 tahun, kebutuhan kalsium jadi 1300mg/hari”

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Keberadaan kalsium di dalam tubuh berguna juga untuk mengatur kontraksi dari otot jantung sehingga detak jantung teratur dalam ritme yang normal. Selain itu, kalsium ini juga berperan dalam proses pembekuan darah, sehingga tubuh tidak kehilangan banyak darah saat ada bagian kulit yang tersayat atau terluka.

Dengan adanya kontraksi dari otot jantung, maka tubuh akan mengalirkan darah dari seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. Akibatnya, jika ada yang terluka, maka darah akan mengalir sehingga harus ada pembeku darah di area yang terluka demi mencegah tubuh kehilangan banyak darah.

3. Menjaga Kesehatan Otot

Peranan penting vitamin kalsium untuk ibu hamil adalah menjaga otot tetap rileks dan berfungsi sebagaimana mestinya. Karena pada ibu hamil raman terjadi kram di malam hari, pada area kaki. Sehingga, dengan terpenuhinya kalsium di dalam tubuh, otot bisa tetap rileks saat tidak dikenai gerakan yang memicu adanya kontraksi. Sehingga, ibu hamil bisa tetap sehat dan tidak mengalami nyeri akibat kram.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

kurang_vitamin

Siapa sangka ternyata kalsium berguna untuk mengatasi peningkatan asam lambung. Mengingat ibu hamil sering mengalami morning sickness, akibat naiknya asam lambung. Sehingga butuh keberadaan kalsium yang cukup agar tidak terlalu mual, dan merasa ingin memuntahkan makanan. Jika ibu hamil tetap sehat dan bebas rasa mual, maka kebutuhan nutrisi janin pun terjaga dan bisa tumbuh serta berkembang dengan baik tanpa ancaman risiko kekurangan nutrisi.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Ibu hamil kerap mengalami kepanikan, kecemasan dan beragam perasaan yang tidak nyaman. Hal ini lumrah terjadi lantaran kekacauan hormonal ibu hamil yang kadang mengakibatkan mood swing ekstrim. Untuk itu, butuh asupan kalsium yang cukup agar sel-sel saraf lebih tenang dan merespon dengan baik atas rangsangan yang ada. Jadi tidak panik dan meledak-ledak.

6. Mencegah Kelahiran Prematur

Dalam berbagai penelitian, kurang vitamin kalsium selama masa kehamilan berisiko menaikkan ancaman kelahiran prematur pada janin. Sebagaimana yang diketahui bersama, bayi yang lahir prematur lebih rentan dan lemah untuk beradaptasi dalam lingkungan luar rahim. Oleh karena itu, jaga kesehatan janin dengan konsumsi kalsium yang cukup agar bayi lahir cukup bulan dan tetap sehat selama masa kehamilan.

7. Mencegah Preeclampsia

Preeclampsia masih menjadi salah satu penyebab tingginya risiko kematian pada ibu dan bayi selama masa kehamilan dan persalinan. Kemunculannya yang nyaris tanpa gejala berarti dan juga riwayat kesehatan tertentu, membuat keluhan satu ini sulit dideteksi sejak dini. Oleh karena itu, jaga kesehatan selama masa kehamilan dengan memenuhi kebutuhan tubuh dan janin akan kalsium. Karena vitamin kalsium untuk ibu hamil satu ini dalam banyak pendapat dan penelitian, berguna untuk menurunkan risiko ancaman preeclampsia.

Demikian ulasan mengenai vitamin kalsium untuk ibu hamil, haruslah dipenuhi agar kehamilan berjalan lancar, baik ibu maupun bayi bisa tetap sehat dan tenang menghadapi persalinan. Ibu hamil biasanya membutuhkan kalsium sebanyak 1200-1400 mg per hari selama masa kehamilan. Anda dapat mengkonsumsi susu ibu hamil seperti Prenagen Mommy Vanilla 200gr (Rp68.000) untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh.

Selain itu, kalsium juga bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya dari susu sapi, susu kambing, keju, ceker ayam, ikan teri, brokoli, steam tulang ikan, sawi dan beragam sumber makanan lainnya. Jadi jangan takut kurang vitamin kalsium, asal pola hidup dan nutrisi yang masuk tercukupi. Salam sehat dan tetap bahagia selama kehamilan.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

amunizer-adalah

Amunizer, Suplemen Herbal Peningkat Sistem Imun

Vitamin & Suplemen   10/08/2022
vitamin-anak-yang-mengandung-zinc

Pentingnya Vitamin C dan Zinc untuk Anak

Vitamin & Suplemen   11/07/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022