fbpx
BerandaGaya Hidup SehatKurangi Stres, Kenali Beragam Manfaat Meditasi Pernapasan

Saat mendengar kata ‘meditasi’, apa yang pertama kali Jovians bayangkan? Duduk bermenit-menit dengan posisi yang sama, mengatur napas, suasana tenang, dll. Padahal, meditasi paling sederhana bisa dilakukan hanya dengan mengatur napas loh!

manfaat-meditasi-pernapasan

Meditasi pernapasan tidak hanya dilakukan oleh para praktisi yoga, tapi bisa dilakukan oleh siapa saja, sekalipun tanpa tujuan apa pun. Dengan meditasi pernapasan, kita jadi terlatih untuk lebih menyadari masa kini, sehingga dapat menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah.

Apa saja manfaat meditasi pernapasan, cara melakukan, dan waktu yang tepat untuk melakukannya? Di artikel berikut ini, Jovee sudah merangkum informasi mengenai meditasi pernapasan dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai akhir!

Mengenal Meditasi Pernapasan: Jalan Awal Menuju Hidup Berkesadaran

Mindfulness atau berkesadaran adalah memfokuskan perhatian pada masa kini. Terutama saat menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti makan, bergerak, hingga bernapas.

Saat terlibat penuh (berkesadaran penuh di masa kini) dalam kegiatan sehari-hari, mindfulness akan membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati, karena pikiran tidak berfokus pada masa lalu (penyesalan) dan masa depan (ketidakpastian).

Untuk mencapai mindfulness ini, latihan yang paling sederhana adalah dengan meditasi pernapasan. Meditasi pernapasan adalah cara sederhana di mana kita berfokus pada setiap hembusan napas, merasakan seutuhnya oksigen yang masuk dan keluar dari paru-paru.

Bahkan, pada beberapa metode terapi seperti cognitive behavioral therapy (CBT) dan dialectical behavior therapy (DBT) juga dilakukan dengan teknik pernapasan. Hal ini juga didukung oleh sebuah studi, yang membuktikan bahwa meditasi pernapasan membantu orang-orang dengan borderline personality disorder (BPD) mengurangi perasaan malu, yang menjadi salah satu dari gejala BPD.

Seperti yang kita tahu, stres tidak hanya berefek pada kondisi mental. Stres yang berkepanjangan juga mempengaruhi kesehatan fisik. Mulai dari asam lambung, hipertensi, hingga jantung dan penyakit kronis lainnya lebih berisiko pada mereka yang mempunyai tingkat stres tinggi.

Salah satu manfaat meditasi pernapasan yang utama adalah mengurangi stres dan membawa ketenangan diri. Meski tidak instan, hasil yang ditawarkan cukup efektif loh! Lalu, bagaimana cara meditasi pernapasan yang baik?

Cara Meditasi Pernapasan

Agar kamu dapat berkonsentrasi dengan baik, lakukan meditasi pernapasan di tempat yang minim suara dan distraksi. Kamu bisa melakukannya dengan duduk, berbaring, atau bahkan berdiri.

  • Tarik napas melalui hidung, hembuskan perlahan melalui mulut
  • Saat menarik napas, rasakan setiap tarikan oksigen ke paru-paru
  • Begitu juga saat menghembuskan napas, fokus pada karbon dioksida yang dikeluarkan tubuh
  • Tidak perlu mengontrol pernapasan. Biarkan napas bekerja natural, baik cepat ataupun lambat.
  • Dengarkan suara-suara di sekitar dengan seksama, jika pikiran mulai berkelana, kembalikan fokus pada pernapasan.

Luangkan waktu untuk melakukan meditasi ini setiap hari. Sebagai permulaan, lakukan selama 10 menit yang kemudian ditingkatkan secara perlahan menjadi 20 hingga 30 menit setiap harinya.

Manfaat Meditasi Pernapasan

Ada banyak manfaat melaksanakan meditasi yang bisa dirasakan. Dilansir dari Everyday Health, manfaat meditasi pernapasan lainnya meliputi:

  • Mengurangi kadar stres dan risiko penyakit yang disebabkan oleh stres seperti kecemasan dan depresi
  • Mengurangi gangguan stres pasca trauma (PTSD)
  • Mengurangi gejala asma
  • Meningkatkan respons kekebalan tubuh
  • Meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit kardiovaskular dan kanker
  • Mengurangi kecemasan, mempertajam memori, membantu mengobati depresi
  • Tidur yang lebih nyenyak
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Lebih mudah berkonsentrasi

Untuk hasil yang optimal, konsisten adalah kunci. Namun, jika kamu alami masalah mental seperti gangguan kecemasan, depresi, dll. sebaiknya lakukan meditasi pernapasan yang disertai dengan bantuan tenaga kesehatan mental profesional (psikolog, psikiater, konselor).

Kamu bisa melakukan meditasi pernapasan ini sebelum tidur, atau di pagi hari sebagai ritual pagi sebelum beraktivitas. Perlu diingat, mental yang sehat juga didukung oleh gaya hidup yang sehat pula. Konsumsi makanan bergizi seimbang, penuhi jam tidur, dan rutin beraktivitas fisik.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Menu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gaya Hidup Sehat   30/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Gaya Hidup Sehat   27/02/2023

Bye Bye Acne, Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

Kesehatan Kulit   31/01/2023
gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022