fbpx
BerandaKesehatan LainnyaLadies, Ini Dia Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anda

Masalah berat badan merupakan masalah yang cukup sensitif bagi para kaum hawa. Banyak sekali perempuan yang tidak puas dengan berat badannya sehingga kerap melakukan diet ekstrem yang justru bisa membahayakan kesehatan. Untuk menghitung berat badan ideal sendiri sebenarnya cukup mudah. Bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya dengan baik tanpa memerlukan keterampilan khusus.

Ladies, Ini Dia Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anda

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Untuk menghitung berat badan ideal bagi perempuan tidak hanya sekedar kondisi fisik saja saja. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menghitung berat badan idealnya secara tepat. Contohnya, usia, jenis kelamin, persentase lemak tubuh, aktivitas fisik, dan sebagainya.

Dua cara yang bisa digunakan untuk menghitung berat badan adalah metode pengukuran body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) dan rumus Broca. Sama-sama mengukur berat badan ideal wanita berdasarkan tinggi dan berat badan, Broca dan BMI tidak mempertimbangkan faktor-faktor lainnya.

1. Body Mass Index (BMI)

Jika Anda menggunakan BMI, maka Anda harus memahami bahwa rumus berat badan ideal tersebut tidak berlaku untuk atlet atau binaragawan. Hal itu dikarenakan atlet memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan orang biasa yang bukan atlet.

BMI juga bisa membantu bila Anda sedang mencari cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur. Metode ini menyediakan pengukuran spesifik untuk anak dan remaja serta orang dewasa.

Massa otot juga akan sangat berpengaruh pada perhitungan berat badan. Oleh sebab itu, berat badan wanita biasanya lebih rendah dibandingkan dengan pria. Tentunya, hal tersebut dikarenakan pria cenderung memiliki massa otot yang lebih banyak dan struktur tulang yang lebih besar dibandingkan wanita. Berikut cara menentukan berat badan ideal menggunakan BMI/IMT.

IMT = berat badan (kg) / [tinggi badan (m) × tinggi badan (m)]

Hasil dari pengukuran BMI, kemudian dibandingkan dengan kategori berikut:

  • < 18,5 menandakan Anda berada dalam kategori kurus
  • 18,5 – 25 menandakan berat badan Anda dikatakan normal atau ideal
  • 25,1 – 27 menandakan Anda memiliki berat badan berlebih (overweight)
  • 27 menandakan bahwa Anda sudah berada dalam kategori obesitas

2. Rumus Broca

Selain menggunakan BMI, rumus Broca juga sering digunakan untuk mengukur berat badan ideal. Dibandingkan BMI, rumus Broca menghitung berat badan ideal dengan lebih spesifik karena dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya. Hal ini dikarenakan perempuan dan laki-laki memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Tidak seperti laki-laki yang memproduksi hormon testosteron dalam jumlah tinggi, perempuan hanya menghasilkan sedikit testosteron. Hormon ini bisa disebut sebagai pemicu pertumbuhan sehingga laki-laki memiliki struktur tulang dan otot lebih besar. Berikut cara menentukan berat badan ideal wanita menggunakan rumus Broca.

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Perlu Anda ketahui jika perhitungan berat badan wanita ideal tidak selalu akurat tergantung dari kondisi tubuh mereka sendiri. Ibu hamil dan perempuan lansia bisa saja memiliki berat badan ideal yang berbeda karena komposisi tubuhnya banyak berubah.

Pada wanita lansia, mereka cenderung memiliki lemak yang lebih banyak dibandingkan perempuan yang masih muda. Setidaknya ada 3 faktor yang memengaruhi cara mengukur berat badan ideal perempuan. Di antaranya adalah tinggi badan, usia, dan komposisi lemak pada otot.

Cara Menjaga Berat Badan

Setelah mengetahui cara mengukur berat badan ideal, Anda juga perlu tahu metode menjaga berat badan yang ideal. Hal ini pun sebenarnya sangat mudah dilakukan. Bahkan, Anda bisa melakukannya secara gratis dan tanpa persiapan yang ribet. Kunci utamanya adalah mengatur pola makan Anda. Berikut ini dijabarkan beberapa langkah menjaga berat badan ideal, yakni:

1. Rajin olahraga

Berolahraga secara rutin bisa membantu menjaga berat badan Anda sekaligus menjaga kesehatan. Setidaknya Anda perlu 150 menit olahraga ringan atau 75 menit intensitas berat untuk menjaga berat badan ideal. Akan tetapi, bagi perempuan sebaiknya perhatikan kondisi tubuh sebelum melakukan olahraga terutama saat hamil.

Saat menstruasi pun Anda sebisa mungkin melakukan olahraga yang ringan karena banyak perempuan yang mengalami kram perut serta rasa tidak nyaman saat mengalami haid. Usia juga perlu dijadikan faktor penentu. Jika Anda sudah mengalami menopause sebaiknya hindari olahraga dengan intensitas yang berat. Nah, kalau Anda tetap ingin berolahraga sebaiknya disertai dengan pelatih yang memang sudah berpengalaman dalam olahraga.

2. Atur makanan

Diet merupakan hal yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan oleh sebagian besar perempuan. Namun, sebaiknya Anda lebih memperhatikan pola konsumsi makanan dibandingkan melakukan diet ekstrem yang berbahaya.

Anda sebaiknya perbanyak konsumsi makanan segar seperti sayur, buah, daging serta sumber protein lain dibandingkan dengan makanan cepat saji atau makanan olahan yang banyak mengandung pengawet. Akan tetapi, jika Anda mengalami gangguan makan seperti anoreksia, jangan ragu untuk meminta saran dari ahli gizi untuk program diet yang sehat.

Salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan menjaga kesehatan pencernaan. Untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dapat mengonsumsi Natres Plus Acidophilus (Rp336.000). Nature Plus Acidophilus adalah suplemen probiotik yang mengandung bakteri baik untuk menjaga kesehatan pencernaan

3. Menghindari kebiasaan makan yang buruk

berat-badan-ideal-wanita

Cara makan juga jadi nilai yang penting jika Anda ingin mempertahankan berat badan. Hal-hal ini bisa dengan mudah dilakukan seseorang tanpa ia sadari. Dilansir dari PeaceHealth, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu terjadinya nafsu makan berlebihan:

  • Makan terlalu cepat
  • Tidak sarapan dan/atau makan siang sehingga malamnya makan terlalu banyak
  • Makan di depan TV atau gadget
  • Makan karena alasan selain lapar (marah, stres, gelisah, atau bosan)
  • Terlalu banyak makan fast food atau makanan olahan yang rendah serat, protein, dan lemak sehat

4. Berkonsultasi dengan ahlinya

berat-badan-ideal-wanita

Terkadang dalam usaha memelihara berat badannya, wanita bisa melakukan hal-hal keliru yang bisa berdampak negatif pada kesehatannya. Karenanya, peran ahli yang berpengalaman dalam manajemen berat badan akan sangat membantu.

Meski begitu, memilih ahli mana yang cocok akan cukup membingungkan. Tugas Anda untuk mengetahui terlebih dulu akan perbedaan ahli dalam penanganan berat badan ini. Berdasarkan Rochester Medical Weight Loss, ada beberapa profesional yang bisa membantu dalam masalah berat badan, di antaranya:

  • Dokter umum atau dokter penyakit dalam dapat membantu dari sudut pandang kesehatan seluruh tubuh dan memberi nasihat berdasarkan pendekatan holistik.
  • Ahli diet dan nutrisionis telah mengenal strategi kesehatan dan manajemen berat badan guna menawarkan pilihan non-medis untuk mendukung kesehatan. Kebanyakan akan memberi nasihat cara mengatur dan mempersiapkan makanan sehat.
  • Dokter bariatrik berfokus pada perawatan obesitas dan peningkatan kesehatan melalui perubahan gaya hidup positif. Mereka memberikan program manajamen berat badan yang mudah dipahami dengan memadukan diet, olahraga, dan terapi perilaku tanpa harus menjalankan operasi.

5. Dukungan orang terdekat

berat-badan-ideal-wanita

Tidak ada hal yang lebih baik dibandingkan dengan dukungan orang terdekat. Dukungan orang-orang terdekat tentu akan mempengaruhi keadaan psikologis Anda serta memberikan sugesti dan suasana positif yang membuat pikiran Anda lebih tenang.

Berat badan wanita yang ideal sebetulnya dipengaruhi oleh berbagai hal. Menghitung berat badan ideal untuk wanita jangan karena didasari masalah penampilan saja, tapi juga dilakukan untuk mendalami status kesehatannya.

Kesehatan menjadi permasalahan yang sangat penting karena kekurangan ataupun kelebihan berat badan bisa memicu timbulnya beraneka penyakit serius yang berbahaya.

Oleh sebab itu, perhatikan berat badan Anda bukan semata-mata karena takut dicap gendut melainkan untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022
6 Cara Penyembuhan Herpes Secara Alami Cukup dengan 3 Hari

6 Cara Menyembuhkan Herpes Secara Alami dan Aman dengan 3 Hari

Kesehatan Lainnya   01/11/2022
cara-pakai-highlighter

Beginner Friendly, Ini Tips dan Cara Menggunakan Highlighter

Kesehatan Lainnya   27/10/2022