fbpx
BerandaKesehatan LainnyaLumbal Pungsi: Gambaran & Manfaat Lengkap

Lumbal pungsi adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengambil cairan tulang belakang dan otak. Pengambilan cairan ini dilakukan untuk mengetahui adanya tanda-tanda kondisi medis dan infeksi tertentu, misalnya meningitis atau kanker.

lumbal-pungsi

Selain untuk mengetahui penyakit tulang belakang atau otak, prosedur lumbal pungsi juga bisa dilakukan untuk memasukkan obat secara langsung ke tulang belakang. Misalnya, cara ini digunakan untuk memasukkan obat kemoterapi pada pasien kanker.

Manfaat & tujuan lumbal pungsi

Prosedur lumbal pungsi dapat membantu dokter untuk mendapatkan diagnosis akurat dari kondisi medis pasien, termasuk mengetahui sejumlah penyakit berbahaya. Semakin dini penyakit ditemukan, maka semakin cepat pula penanganan dapat diberikan.

Pada sejumlah kondisi seperti infeksi bakteri meningitis, perawatan perlu dilakukan segera bila tidak ingin berakibat fatal. Selain itu, lumbal pungsi juga membantu dokter untuk memberikan beberapa jenis obat dalam satu prosedur.

Efek samping dan risiko lumbal pungsi

Prosedur pengambilan cairan tulang belakang dan otak ini umumnya tergolong aman, namun tetap miliki sejumlah risiko. Sekitar 10 persen dari pasien yang telah menjalani prosedur melaporkan alami sakit kepala selama beberapa beberapa jam hingga hari.

Dalam penelitian tahun 2020, 13 dari 117 pasien lumbal pungsi mengalami sakit kepala setelah prosedur dilakukan. Gejala ini muncul pada pasien usia muda, karena memiliki jumlah cairan serebrospinal (CSF) yang lebih rendah.

Efek samping lainnya yang timbul juga meliputi sakit pinggang dan pendarahan di area tusukan. Rasa sakit dan mati rasa yang timbul juga bisa menjalar hingga ke kaki.

Hal yang harus diperhatikan

Sebelum menjalankan prosedur, pastikan untuk memberitahu semua obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. Misalnya, dokter mungkin akan meminta untuk menghentikan konsumsi obat pengencer darah seperti warfarin dan aspirin.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan CT-scan sebelum melakukan prosedur lumbal pungsi, untuk memeriksa tanda-tanda pembengkakan di sekitar otak atau gangguan lainnya. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur lumbal pungsi.

  • Perbanyak konsumsi air putih beberapa hari sebelum prosedur dilakukan
  • Beritahu dokter jika punya alergi terhadap obat-obatan tertentu
  • Pastikan untuk membawa pendamping, karena pasien dilarang untuk mengemudi kendaraan ataupun menggunakan transportasi umum seorang diri selama 24 jam setelah prosedur dilakukan

Langkah prosedur lumbal pungsi

Prosedur lumbal pungsi dilakukan dengan menusukkan jarum ke celah tulang belakang di punggung bawah. Biasanya prosedur ini akan memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit dengan langkah sebagai berikut:

  • Pasien akan diminta untuk berbaring menyamping atau duduk dengan tubuh membungkuk. Posisi ini akan membuat ruang di tulang belakang menjadi lebih besar.
  • Area punggung bawah yang akan disuntik akan dibersihkan dengan antiseptik, lalu dokter akan menyuntikkan obat bius lokal (anestesi) untuk mematikan rasa di area tersebut
  • Dokter akan memasukkan jarum tipis berongga di celah tulang belakang bagian bawah, kemudian mengambil sampel cairan atau menyuntikkan obat
  • Setelah selesai, suntikan akan dicabut dan bekas suntikan akan ditutupi dengan perban

Cairan yang didapatkan kemudian akan diuji di laboratorium untuk dianalisis. Mungkin diperlukan waktu beberapa jam hingga hari untuk menganalisis sampel cairan yang diambil. Biasanya, prosedur lumbal pungsi tidak terasa sakit. Prosedur ini juga sering dilakukan, dan efek samping serius jarang ditemukan.

Dilansir dari Mayo Clinic, beberapa hal dari cairan CSF yang diperiksa meliputi:

  • Penampilan umum. Cairan tulang belakang umumnya jernih dan tidak berwarna. Jika terlihat oranye atau merah muda, itu menandakan adanya pendarahan yang tidak normal. Selain itu, warna hijau menunjukkan adanya infeksi.
  • Protein. Peningkatan kadar protein total dapat mengindikasikan infeksi atau peradangan lainnya.
  • Sel darah putih. Cairan tulang belakang umumnya mengandung 5 sel darah putih per mikroliter. Peningkatan kadar sel darah putih dapat mengindikasikan adanya infeksi atau kondisi lain.
  • Gula (glukosa). Tingkat glukosa yang rendah dalam cairan tulang belakang mengindikasikan adanya infeksi, tumor, atau kondisi lain.
  • Adanya bakteri, virus, jamur, atau mikroorganisme lain yang mengindikasikan adanya infeksi
  • Sel kanker. Kehadiran sel-sel abnormal dalam cairan tulang belakang dapat mengindikasikan jenis kanker tertentu

Hasil laboratorium nantinya akan digabungkan dengan informasi yang diperoleh selama tes, seperti tekanan cairan tulang belakang untuk membantu membuat diagnosis yang tepat.

Perawatan setelah lumbal pungsi

Setelah menjalani prosedur, pasien dilarang untuk melakukan aktivitas berat 24 jam setelah tindakan. Disarankan untuk minum banyak air putih dan istirahat yang cukup. Sakit kepala merupakan efek samping yang sering muncul setelah lumbal pungsi, pasien dapat konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.

Jika sakit kepala yang dirasakan bertambah parah atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai prosedur lumbal pungsi. Simak informasi seputar penyakit dan kesehatan lainnya hanya di Jovee. Temukan juga berbagai suplemen kesehatan terbaik seperti Blackmores, Wellness, dan lainnya, lebih hemat dan gratis ongkir se-Indonesia hanya di Jovee, pusat suplemen dan vitamin personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022