fbpx

Macam-macam Jus Buah Lezat untuk Ibu Hamil

by | Oct 5, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Hampir seluruh tubuh manusia mengandung air. Karenanya, air merupakan komponen penting di kehidupan Anda. Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting, terutama saat hamil. Anda bisa mendapatkan asupan cairan dari berbagai sumber. Tapi, pilihlah minuman yang mengandung nutrisi esensial bagi kesehatan Anda serta janin dalam kandungan. Konsumsi jus sayuran dan buah-buahan, bersama dengan susu serta air putih akan membantu memenuhi vitamin dan mineral untuk ibu hamil serta calon bayi.

 

Daftar buah sehat yang bisa dijadikan jus untuk ibu hamil

vitamin-c-aman-untuk-ibu-hamil

1. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan asam folat terbanyak. Dalam 1 buah jeruk, terdapat 30 – 60 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9. Sedangkan dalam sekitar 180 ml jus jeruk kemasan yang telah difortifikasi biasanya mengandung 50 – 60 mcg asam folat.

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang penting bagi perkembangan serta pertumbuhan otak bayi. Folat akan membantu mencegah kecacatan pada janin, seperti spina bifida dan ensefalopati. 

Buah ini pun kaya akan vitamin, mineral, dan air. Vitamin C pada jeruk merupakan sumber antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Bukan hanya itu, vitamin C akan membantu tubuh menyerap zat besi, khususnya dari makanan nabati, secara lebih optimal.

Selain itu, rasa asam dari jeruk bisa membantu meredakan gejala morning sickness pada trimester awal.  Oleh karena itu, jeruk bisa dijadikan jus untuk ibu hamil muda yang mengalami mual. 

 

2. Mangga

Jus buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah mangga. Tinggi akan vitamin A, C, dan B6, satu buah mangga dapat memberikan tambahan energi bagi ibu hamil sebanyak lebih dari 50 kalori. Mangga pun bisa memenuhi kebutuhan dan asam folat ibu hamil. Karena seratnya, risiko sembelit yang biasa terjadi pada ibu hamil bisa dikurangi.

Vitamin C dan vitamin A pada mangga juga sangat dibutuhkan dalam pembentukan sistem imun ibu maupun janin. Adapun vitamin B6-nya diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang otak dan sistem saraf janin.

Tapi, Anda tidak sebaiknya mengonsumsi jus mangga berlebihan karena buah satu ini mengandung gula yang cukup tinggi. Kebanyakan mengonsumsi mangga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional. Saat membuat jus, usahakan tidak menambahkan gula lagi.

 

3. Pisang

Satu buah pisang berukuran besar mencukupi 27 mcg asupan asam folat. Pisang merupakan salah satu sumber kalium tinggi. Selain itu, buah satu ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Karena seratnya ini, pisang dapat mengatasi sembelit yang umum terjadi saat trimester kedua. Plus, vitamin B6 pada pisang akan meredakan rasa mual dan gejala muntah pada ibu hamil. Jus pisang bisa dibuat jus untuk ibu hamil pada trimester pertama, kedua, maupun ketiga. Namun ingat, pilihlah buah yang matang dan kulitnya masih bagus.

 

4. Alpukat

Secangkir buah alpukat memiliki 90 mcg asam folat, serat, vitamin B, C, K, kolin, magnesium, kalium serta iron. Disamping itu, alpukat pun mengandung asam lemak esensial. Setengah buah alpukat berukuran 60 gram dapat memberikan energi sebesar 50 kalori dan mengandung 5 gram lemak tidak jenuh.

Mineral kalium alpukat bisa membantu mengurangi kram kaki yang umum pada terjadi pada ibu hamil. Kolin juga sangat penting untuk perkembangan saraf bayi. Maka dari itu, alpukat cocok dikonsumsi sebagai jus untuk ibu hamil muda maupun tua.

 

5. Apel

Jus lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil pada trimester pertama, kedua dan ketiga adalah apel. Buah apel secara alami mengandung vitamin C, kalium, vitamin A dan serat. Suatu studi menunjukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi apel secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk melahirkan anak dengan asma dan alergi. Kandungan gizi apel juga sangat baik untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Selain 5 buah di atas, Anda pun dapat membuat jus untuk ibu hamil dari buah-buahan kaya asam folat berikut ini, meliputi:

  • Pepaya. Dalam sekitar ½ buah pepaya ada 27 – 54 mcg asam folat. Selain asam folat, buah pepaya juga mengandung vitamin C. Selain asam folat, buah pepaya juga mengandung vitamin C serat, asam lemak sehat, dan vitamin K.
  • Stroberi. Secangkir penuh buah stroberi, atau sekitar 8 buah berukuran besar, mengandung 25 mcg asam folat.
  • Raspberry. Meskipun kandungannya lebih rendah daripada stroberi, rasberi tetap menjadi salah satu sumber asam folat. Secangkir penuh buah ini terdapat 14 mcg asam folat.
  • Bit. Buah tinggi antioksidan ini mengandung 136 mcg asam folat.
  • Peach. Satu buah peach mengandung 7 mcg asam folat. 
  • Delima. Tidak hanya mengandung antioksidan, 1 buah delima bisa memenuhi sekitar 27% kebutuhan asam folat harian. 
  • Jambu biji. 1 buahnya dapat memenuhi 7% kebutuhan asam folat harian. Buah ini juga mengandung vitamin C.
  • Kiwi. Satu buahnya dapat memenuhi 7% kebutuhan asam folat.

Baca juga:

Beragam Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Bolehkah Pepaya Dikonsumsi oleh Ibu Hamil?

Diet Sehat dan Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil

 

Tips memilih buah dan produk jus untuk ibu hamil

Jus yang aman untuk ibu hamil adalah jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran segar. Anda wajib memilih buah dan sayuran yang matang. Selalu cuci terlebih dulu buah dan sayuran sebelum Anda konsumsi. Untuk buah-buahan, kupas juga kulitnya sebelum dimakan.

Bila memang Anda ingin meminum jus kemasan, sebaiknya hindari produk dengan pemanis buatan yang terlalu banyak. Gula justru bisa menyumbang kenaikan berat badan yang berlebihan. Cek kandungan nutrisi yang ada di dalam produk jus sebelum Anda membelinya.

Ibu hamil juga hendaknya tidak mengonsumsi jus yang belum dipasteurisasi. Jus pasteurisasi adalah produk jus yang telah melewati proses pemanasan dengan tujuan membunuh organisme berbahaya, misalnya bakteri. Proses ini juga memperlambat pertumbuhan bakteri pada makanan dan minuman. Ibu hamil sangat rentan untuk mengalami penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dalam makanan dan minuman (foodborne disease).

Itulah sederet buah yang dapat Anda jadikan jus untuk ibu hamil trimester pertama, kedua dan ketiga. Konsumsi pula berbagai kelompok makanan lain serta air putih guna melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Annette M. (Healthline). 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Becky B. (Livestrong). 2018. 3 Types of Juices to Drink During Pregnancy for Maximum Health.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional