fbpx

Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan

by | Apr 22, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Magnesium oxide merupakan garam oksida dari magnesium yang memiliki sifat antasida, laksatif dan juga menenangkan jaringan otot di dalam tubuh. Sementara magnesium sendiri merupakan material yang terbentuk secara alami. Apa saja fungsi magnesium untuk kesehatan? Keberadaan mineral magnesium di dalam tubuh sangat penting terutama untuk mempertahankan fungsi otot, sel, tulang, jantung dan juga sistem saraf agar dapat bekerja dengan normal.

Untuk menjaga kadar magnesium agar tetap ideal di dalam tubuh, maka seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi magnesium oxide agar darah tidak kekurangan kadar magnesium atau disebut juga dengan hipomagnesemia. Untuk dapat menjaga jumlah mineral magnesium di dalam tubuh, sebenarnya seseorang dapat mengkonsumsi sejumlah makanan yang memang mengandung material ini.

Fungsi Magnesium Oxide Terhadap Kondisi Tubuh

Magnesium oksida sendiri merupakan obat atau suplemen tambahan yang dapat dikonsumsi oleh mereka yang mengalami kondisi hipomagnesemia. Hipomagnesemia merupakan kondisi kekurangan mineral magnesium di dalam tubuh. 

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami hipomagnesemia seperti dikarenakan kurangnya asupan makanan tinggi magnesium seperti produk kacang-kacangan, susu, sayuran berdaun hijau hingga biji gandum utuh. Selain kekurangan asupan magnesium, hipomagnesemia juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak mampu mineral magnesium di usus sehingga lebih banyak magnesium terbuang. 

Selain itu, ekskresi dengan kandungan magnesium berlebihan di dalam urine juga dapat menyebabkan hal tersebut. Untuk itu, konsumsi magnesium oxide selain untuk memenuhi kekurangan magnesium di dalam darah juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi berikut ini:

  • Asam Lambung Tinggi

Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh asam lambung tinggi seperti heartburn yang merupakan munculnya rasa terbakar pada dada maupun maag dapat dikurangi gejalanya dengan mengkonsumsi obat yang berperan sebagai antasida. Obat yang berperan sebagai antasida ini dapat menurunkan gejala seperti mual, muntah, kembung yang muncul saat seseorang mengalami maag ataupun heartburn.

  • Sebagai Obat Pencahar

Obat dengan kandungan magnesium oksida dapat bekerja sebagai pencahar untuk mereka yang tengah mengalami sembelit. Manfaat mengkonsumsi magnesium oksida sendiri sebagai obat pencahar dapat melancarkan buang air besar dengan mudah agar tidak mengalami sembelit. 

Selain untuk tujuan tersebut, magnesium oksida dapat dimanfaatkan untuk kegunaan lainnya yang sesuai dengan anjuran dokter. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika gejala Anda tidak membaik meski telah mengkonsumsi obat dengan kandungan magnesium oksida setelah 7 hari.

Perhatian Sebelum Mengkonsumsi Magnesium Oxide

Mengingat suplemen magnesium oxide tidak dapat dikonsumsi oleh sembarang orang, oleh karenanya sangat penting sebelum Anda mengkonsumsi obat ini untuk memberitahukan kondisi Anda kepada dokter. Beritahu dokter apabila Anda memiliki riwayat alergi dengan obat mengandung magnesium atau Anda sedang menjalani pengobatan lainnya.

Hal ini karena dikhawatirkan akan timbul suatu aktivitas yang tidak diinginkan ketika suplemen dengan kandungan magnesium oksida berinteraksi dengan obat lainnya di dalam tubuh Anda. Selain itu, seseorang dengan kondisi medis tertentu seperti di bawah ini disarankan untuk bertanya kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi magnesium oksida:

  • Penyakit Jantung

Sebaiknya informasikan dokter apabila Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau memang tengah menjalani pengobatan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan belum diketahui dengan pasti bagaimana efek samping mengkonsumsi magnesium oksida terhadap kinerja jantung.

  • Kadar Kalsium Terlalu Rendah

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan cermat terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi magnesium oksida apabila Anda memiliki kadar kalsium rendah pada darah. Hal ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan terhadap tubuh.

  • Mual dan Muntah

Meski terlihat tidak terlalu parah, nyatanya kondisi mual dan muntah pada seseorang mungkin menghalanginya untuk mengkonsumsi magnesium oksida. Agar lebih aman dalam mengkonsumsi suplemen ini, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai dosis ataupun keamanan konsumsi magnesium oksida dengan kondisi mual serta muntah.

  • Penutupan Saluran Usus

Usus bisa saja mengalami gangguan dengan adanya blockage atau penutupan yang menyebabkan sistem pencernaan tubuh menjadi sangat terganggu. Apabila Anda mengalami hal ini, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi magnesium oksida.

  • Ibu Hamil dan Menyusui

Meski belum dilakukan penelitian lebih lanjut terkait efek samping konsumsi magnesium oksida terhadap ibu hamil serta menyusui, namun sangat disarankan agar menghindari atau setidaknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin mengkonsumsi obat magnesium oksida.

Jovee Sebagai Asisten Pribadi Kesehatan Anda

Anda mungkin bingung bagaimana untuk memulai hidup sehat. Mengkonsumsi tambahan asupan nutrisi dari suplemen mungkin bisa jadi langkah yang terbaik, namun tidak memahami jenis suplemen yang harus dikonsumsi bisa menjadi kebingungan tersendiri. Untuk itu Jovee bisa diandalkan sebagai asisten kesehatan pribadi yang dapat memberikan rekomendasi gaya hidup sehat disertai suplemen yang tepat seperti misalnya suplemen mengandung magnesium oxide. Anda bisa membeli suplemen langsung melalui aplikasi Jovee dengan harga terbaik.

Referensi: 

Magnesium Oxide Oral : Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing

Magnesium oxide Uses, Side Effects & Warnings

Magnesium oxide | MgO

Brands