fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, Suplemen Lengkap Ibu Hamil dan Menyusui
Bagi ibu yang baru hamil, masa-masa awal kehamilan sangat menentukan perkembangan buah hati di dalam rahim. Pada saat ini, semua organ mulai terbentuk. Dan, hal ini sangat dipengaruhi oleh makanan apa yang dikonsumsi oleh ibu. Sehingga, ibu tak boleh salah memilih dan harus meninggalkan kebiasaan pola makan dan hidup yang tak sehat. Kebutuhan nutrisi ibu hamil hingga menyusui bisa didapatkan lewat manfaat Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold.

manfaat blackmores pregnancy

Pemenuhan akan kebutuhan nutrisi bagi kandungan sangatlah penting. Namun, tak sedikit ibu yang masih bingung makanan apa yang sebaiknya dikonsumsinya. Terlebih, banyak suplemen di pasaran yang belum tentu menjawab semua kebutuhan ibu. Sekarang, ibu tak perlu khawatir karena manfaat blackmores pregnancy dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Beberapa Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Berikut beberapa nutrisi penting yang diperlukan oleh ibu hamil dan menyusui:

Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin sintesis dari folat atau lebih dikenal vitamin B9. Folat sendiri berperan dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Konsumsi asam folat bagi ibu hamil, terlebih pada masa awal kehamilan sangat dianjurkan.

Hal ini dapat membantu perkembangan organ janin yang belum terbentuk. Otak, tulang, dan sumsum tulang belakang terbentuk secara benar karena adanya asam folat. Sebaliknya, bila nutrisi ini tidak dipenuhi oleh tubuh, kemungkinan perkembangan bayi bisa terhambat. Ia pun bisa terkena cacat spina bifida.

Kondisi ini terjadi saat tabung saraf di dalam kandungan tidak terbentuk dengan baik. Padahal tabung saraf merupakan struktur pembentukan otak dan sumsum tulang belakang. Keadaan ini mengarah pada cacat lahir dan kebanyakan kasus mengarah pada kelumpuhan.

Bagi yang ingin memiliki momongan atau mulai menjalani masa kehamilan, asupan asam folat sebaiknya dilakukan hingga 12 minggu kehamilan. Asupan yang dianjurkan National Health Service (NHS) adalah 400 mkg per hari. Asupan ekstra dari saran yang dianjurkan tercatat tidak menimbulkan efek samping. Namun, sebaiknya ibu tetap menjaga total asam folat harian pada angka yang dianjurkan.

Asupan asam folat juga diperlukan setelah kelahiran. Terlebih karena bayi memerlukan asam folat untuk perkembangan otaknya dan sel yang sehat bagi tubuh. Nutrisi tersebut didapatkannya langsung dari ASI. Jadi, pastikan ibu mengonsumsinya juga agar kalian berdua sama-sama mendapat kebaikan asam folat. Takaran pasca melahirkan ialah 500 mkg, dilansir dari Healthy Pregnancy.

Yodium

Yodium punya andil yang penting dalam pembentukan hormon tiroid. Hormon ini mengontrol perkembangan otak janin dan sistem sarafnya. Asupan yodium bagi ibu melahirkan pun meningkat untuk memasok nutrisi tersebut.

Menurut jurnal WHO, kurangnya yodium yang masuk ke tubuh dapat meningkatkan risiko negatif saat melahirkan. Hasilnya bisa berujung pada kematian perinatal dan bayi. Gangguan kecerdasan juga bisa terjadi. Dan, yang terburuk, anak bisa terkena kretinisme.

Penyakit ini menimbulkan pertumbuhan fisik dan mental anak terhalang dari kurangnya hormon tiroid yang didapatkan. Pada beberapa bulan pertama kehamilan, kandungan yang berkembang hanya mengandalkan pasokan hormon tersebut dari ibunya.

Pada fase berikutnya, fungsi yang memproduksi hormon tiroid telah aktif pada kandungan. Meski begitu, ia masih mendapat asupan hormon tiroid utama dari ibunya. Saat inilah yodium yang punya peran membantu pembentukan hormon ini perlu dicukupi. Perlu diketahui pula kalau kretinisme bisa muncul karena cacat di kelenjar tiroid anak. Dan, bila anak kekurangan hormon tiroid, ia bisa mengalami berbagai masalah kelainan fisik.

Yodium juga diperlukan untuk produksi hormon tiroid yang diberikan ke anak selama masa menyusui. Asupan yang dibutuhkan ibu menyusui pun meningkat dari masa kehamilan. The Institute of Medicine menetapkan takaran yodium masa kehamilan sebesar 220 mkg per hari dan 290 mkg untuk masa menyusui.

Bila takaran tersebut masih sulit untuk dicukupi, ibu sebaiknya menambahkannya dari suplemen, seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold.

Zat Besi

Zat besi diperlukan bagi ibu dan buah hatinya untuk pembentukan sel darah merah. Nutrisi ini juga semakin dibutuhkan saat masa kehamilan. Kurangnya zat besi bisa berakibat pada pertumbuhan bayi dan bisa berisiko bayi lahir lebih awal.

Kebutuhan akan zat besi juga semakin penting pada 10 minggu terakhir. Hal ini disebabkan kandungan mulai menyimpan cadangannya untuk 6 bulan pertama hidupnya.

Pada masa menyusui, ASI tidak memberikan cukup zat besi pada bayi. Ia butuh tambahan asupan dari luar, seperti suplemen atau susu formula. Asupan yang dibutuhkan ibu hamil sebesar 27 mg dan tidak boleh melebihi 45 mg per hari, dilansir dari Queensland Government. Bayi yang baru lahir, perlu mendapatkan asupan harian sebesar 1 miligram zat besi tiap kilogram berat tubuhnya, dilansir dari CDC.

Asam Lemak Omega-3

Konsumsi Omega-3 pada masa kehamilan sangatlah penting. Omega-3 yang didapatkan dari makanan atau dari suplemen dapat menurunkan kemungkinan bayi lahir prematur. Selain itu, ibu yang punya asupan omega-3 yang cukup kecil risikonya bayinya lahir dengan berat badan yang sedikit.

Ibu yang mengambil asupan DHA omega-3 saat masa menyusui bisa memengaruhi perkembangan otak bayi hingga usia 2 tahun. FDA menganjurkan mengonsumsi 8 hingga 12 ons makanan ikan dengan tingkat merkuri rendah selama dalam seminggu. Ini dilakukan baik pada masa kehamilan atau menyusui.

Vitamin

Berbagai macam jenis vitamin memiliki manfaatnya sendiri bagi ibu dan bayi. Vitamin A Sangat baik untuk tumbuh dan kembang serta kesehatan mata. vitamin B punya peran penting dalam fungsi sistem saraf, pembentukan sel darah merah, hingga menghindari bayi dari lahir prematur.

Ada pula vitamin C dan E yang punya sifat antioksidan. Kedua vitamin ini dipercaya mencegah preeklamsia. Hal ini merupakan kondisi tekanan darah tinggi saat trimester ketiga kehamilan. Bahkan, vitamin D punya beberapa peran dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

Masing-masing vitamin memiliki tingkat takaran yang berbeda. Berdasarkan data Institute of Medicine, rekomendasi asupan harian bagi ibu hamil dan menyusui bisa dilihat di bawah ini.

  • Vitamin A: hamil 770 mkg, menyusui 1300 mkg
  • Vitamin D: hamil 15 mkg, menyusui 15 mkg
  • Vitamin E: hamil 5 mkg, menyusui 15 mkg
  • Vitamin C: hamil 85 mkg, menyusui 120 mkg
  • Vitamin B6: hamil 1,9 mkg, menyusui 2 mkg
  • Vitamin B12: hamil 2,6 mkg, menyusui 2,8 mkg

Baca juga: Diet Sehat dan Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil

Itu dia berbagai manfaat Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang baik untuk ibu hamil dan menyusui. Sejatinya, kebutuhan nutrisi dan takaran yang tepat perlu diketahui ibu agar buah hatinya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Setelah mengetahui manfaat Blackmores Pregnancy, Anda bisa mendapatkannya disini.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Kamu dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu di sini. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

(NHS). 2020. Overview: Spina bifida.

(NHS). 2019. n.d. Folic acid.

(Healthy Pregnancy). n.d. The Importance of Folic Acid While Breastfeeding.

(CDC). 2019. Breastfeeding: Iodine.

Ian D. 2017. Iodine in pregnancy and lactation.

(Health Engine). 2003. Congenital hypothyroidism (cretinism)

(CDC). 2020. Do infants get enough iron from breast milk?

(Queensland Government). 2020. Iron for Pregnant Women.

Middleton P, dkk. 2018. Omega-3 fatty acid addition during pregnancy.

OmegaQuant. 2020. Here’s What You Need to Know About Omega-3 While Breastfeeding.

Kominiarek, Michelle A, dan Priya Rajan. 2016. Nutrition Recommendations in Pregnancy and Lactation.

Tersedia di Jovee shop

BLACKMORES PREGNANCY & BREASTFEEDING GOLD – VITAMIN IBU HAMIL & MENYUSUI- 180 KAPLET

Sale!

BLACKMORES PREGNANCY AND BREASTFEEDING GOLD

Sale!

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores-glucosamine1

Blackmores Glucosamine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   17/05/2021
becom-c-manfaat-efek-samping-dan-dosis

Becom-C: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/05/2021
cavit-d3-manfaat-aturan-penggunaan-dan-dosis

Cavit D3: Manfaat, Aturan Penggunaan, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/05/2021
manfaat-neuriobion

Neurobion: Manfaat, Dosis, dan Anjuran Pakai

Vitamin & Suplemen   21/04/2021
manfaat-Blackmores-Executive-B

Blackmores Executive B: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/04/2021