fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Buah Bidara: Buah dengan Efek Menenangkan

Buah bidara atau Indian jujube merupakan buah kecil seukuran duku dan bentuknya sekilas mirip apel atau pir. Buah yang berasal dari Asia tengah ini memiliki rasa asam manis dan kandungan nutrisinya cukup beragam. Berkat kandungan di dalamnya, manfaat buah bidara pun lebih dikenal dalam pengobatan tradisional.

manfaat-buah-bidara

Kandungan Gizi Buah Bidara

Buah ini digunakan dalam berbagai olahan makanan, mulai dari pasta, jus, sirup, hingga alkohol. Di Indonesia, daun buah bidara biasanya dimasak sebagai sayuran. Ia cukup memiliki nama di Cina karena banyaknya nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan badan yang sehat.

Kandungan nutrisi buah bidara dan buah dengan cenderung tinggi pada komponen vitamin C, vitamin A, dan mineral. Buah ini juga rendah kalori dan lemak. Selain itu, bidara juga ditemukan menyimpan karoten serta minyak lemak.

Berikut beberapa kandungan nutrisi dari buah bidara segar dengan takaran 100 gram:

  • Energi: 79 kalori
  • Karbohidrat: 20, 53 gram
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin A: 40 IU
  • Vitamin C: 60 mg
  • Sodium: 3 mg
  • Kalium: 250 mg
  • Kalsium: 21 mg
  • Magnesium: 10 mg

Manfaat Buah Bidara yang Baik untuk Kesehatan

1. Membantu Memperlancar Aliran Darah

Buah bidara mengandung bermacam-macam mineral. Di antaranya adalah kalium, fosfor, mangan, zat besi, dan zinc. Berbagai mineral tersebut sangat diperlukan untuk memelihara kebaikan aliran darah dan kesehatan jantung.

Salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh adalah zat besi. Zat besi berperan dalam membantu meningkatkan tingkat hemoglobin. Jenis protein darah ini membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mengembalikan karbon dioksida kembali ke paru-paru. Kekurangan hemoglobin dapat berdampak pada kemungkinan terkena anemia.

2. Merawat Kulit

Manfaat buah bidara yang lain berasal dari kandungan vitamin C yang punya ciri antioksidan. Ciri ini dikenal sebagai musuh radikal bebas. Bila keberadaannya berlebih, radikal bebas dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

Dari situlah peran penting vitamin C. Ia juga dapat membalikkan efek penuaan di kulit. Tak sampai di situ, vitamin C juga menawarkan keuntungan untuk wajah dengan merawat kulit agar sehat dan berkilau serta menekan datangnya jerawat.

3. Bagus untuk Tulang

Buah kecil ini juga jadi sumber yang baik bagi kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut sangat membantu dalam perkembangan dan perlindungan kepadatan tulang. Karenanya, buah ini cocok dikonsumsi mereka yang menderita peradangan.

Kelebihannya dalam memulihkan peradangan berasal dari sifat anti-inflamasinya yang meredakan dan mengurangi radang pada sendi.

4. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Buah bidara juga kaya akan kandungan serat dan karbohidrat. Kandungan nutrisi ini dapat memberikan energi yang berguna dalam metabolisme yang baik serta tubuh kuat.

Berbagai nutrisi vitamin dan mineral mudah dicerna tubuh lewat serat pangan. Hal ini pula yang membuatnya dapat mengobati sembelit. Permasalahan kronis gastrointestinal terkait perut atau pencernaan dapat pula diredakan buah bidara sebagai pemulihan untuk jangka panjang.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Buah bidara sudah tak asing lagi bagi tradisi Cina kuno, khususnya dalam pengobatan insomnia atau susah tidur. Hal ini berkat seluruh bagian buah bidara dan bijinya yang mengandung zat dengan efek penenang.

Zat-zat seperti fitokimia, polisakarida, flavonoid, hingga saponin membantu mendorong proses tidur dengan menenangkan saraf. Berbagai zat tersebut dapat memulihkan kegelisahan selain berperan dalam memperbaiki tidur alami dengan merelaksasi pikiran dan badan.

6. Dapat Menekan Stres dan Kegelisahan

Aplikasi buah bidara dalam pengobatan tradisional juga terdapat dalam pemulihan gejala mental, seperti stres, gelisah, dan depresi, berkat efek penenang yang ada di dalamnya.

Sebuah studi menerangkan efektivitas efek tersebut lewat sampel tikus yang diberikan buah bidara. Hasilnya, buah tersebut memperlihatkan adanya penurunan kegelisahan saat diberikan pada dosis rendah. Sebaliknya, dosis tinggi buah bidara mengeluarkan efek penenang pada sampel tersebut..

7. Menurunkan Demam

Menurut sebuah studi, daun buah bidara menyimpan sifat antipiretik. Istilah ini mengarah ke golongan obat yang digunakan untuk menurunkan suhu tubuh ketika seseorang mengidap demam.

Dalam studi tersebut, kelompok sampel tikus yang telah diberi pepton atau inducer demam mengalami penurunan setelah diberi ekstrak daun bidara dengan dosis tertentu. Hal ini juga menyimpulkan adanya aktivitas antipiretik pada sampel yang telah diberi ekstrak tersebut.

8. Dapat Mempertahankan Berat Badan

Keuntungan dari mengonsumsi buah bidara adalah kemampuannya yang tidak memengaruhi berat badan. Hal ini berkat angka kalorinya yang sedikit serta lemak yang mendekati nol. Buah ini juga kaya akan protein dan serat.

Kekayaan kedua nutrisi tersebut menjadikan bidara dapat meningkatkan rasa kenyang dan menjaga berat badan. Proses buah bidara membuat perut kenyang juga terasa cepat. Hal ini sangat baik untuk menahan kebiasaan makan cemilan yang tidak sehat di antara jam makan utama. Selain dari buah, Anda juga dapat mengonsumsi Flimty Original Fiber Raspberry (Rp395.000) yang mampu memperlancar BAB dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

9. Melindungi dari Kerusakan Otak

Usia yang bertambah akan berdampak pula pada sel otak yang mulai mengalami penurunan. Kondisi ini pun bisa meningkatkan berbagai risiko gangguan neurologis. Efek penenang dari buah bidara juga bisa dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran.

Beberapa penelitian mengemukakan kalau buah bidara punya potensi dalam perawatan penyakit neurologis. Buah ini juga dapat meningkatkan fungsi astrosit yang berperan dalam melindungi saraf-saraf.

10. Berguna Bagi Fungsi Kognitif

Lewat riset yang dilakukan terhadap sampel tikus, diketahui bahwa buah bidara dapat memperkuat daya ingat. Ekstrak buah ini terutama bisa meningkatkan pertumbuhan sel saraf dan perkembangan dentate gyrus pada sampel. Dentate gyrus merupakan salah satu dari dua bagian di otak yang menjadi tempat sel saraf baru berkembang.

11. Dipercaya Dapat Melindungi dari Kejang

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada sampel tikus yang diinduksikan dengan gejala kejang memperlihatkan efek menjanjikan dari pemberian ekstrak bidara.

Dalam prosesnya, sampel tikus diberikan ekstrak buah bidara terlebih dulu sebelum diinduksikan gejala kejang. Hasilnya, kelompok sampel tikus yang diberi ekstrak buah bidara mengalami peningkatan kemampuan mengenal dan mengingat.

Sampel tersebut juga memperlihatkan adanya penurunan stres oksidatif. Ini merupakan reaksi ketika jumlah radikal bebas yang merusak sel dapat seimbang dengan antioksidan yang berperan melawannya. Dari studi ini juga disimpulkan bahwa ekstrak buah bidara dapat mengurangi kerusakan otak akibat kejang.

12. Mempunyai Sifat Anti-mikroba

Buah bidara diyakini pula dapat melawan infeksi. Kemampuan buah yang satu ini berangkat dari kandungan fitokimianya yang besar. Zat ini terlibat dalam peningkatan sistem imun.

Salah satu zat fitokimia bernama flavonoid pada buah bidara pernah dibuktikan memiliki kapasitas sebagai agen antimikroba. Ada pula temuan lain yang menunjukkan kemampuan ekstrak etanol pada buah bidara dalam memulihkan infeksi pada anak-anak.

Selain itu, buah bidara yang menyimpan asam betulinat juga pernah dilaporkan mampu melawan virus influenza pada beberapa penelitian eksperimen.

13. Membantu Menurunkan Toksin di Dalam ASI

Pada sebuah studi yang dilakukan di Iran, ditemukan bahwa sekelompok ibu yang mengonsumsi 15 gram buah bidara segar per harinya pada masa menyusui mendapatkan efek yang menguntungkan bagi kualitas ASI mereka.

Hasil studi tersebut menunjukkan adanya pengurangan level unsur-unsur racun seperti timbal dan kadmium di dalam ASI ibu yang rutin mengonsumsi buah bidara daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Itu dia berbagai manfaat buah bidara yang patut Anda ketahui. Meski buah ini tidak banyak dikenal dan ukurannya yang tergolong mungil, khasiat yang dimiliki buah ini cukuplah melimpah. Terlebih pada zat fitokimia yang mampu menjadikan buah ini sebagai obat penenang dan anti-mikroba.

Baca juga:

Susah Tidur? Atasi Insomnia dengan Memenuhi Asupan Vitamin Ini

Pernah Mengalami Dejavu? Inilah yang Sebenarnya Terjadi

Benarkah Tanaman Ginkgo Biloba Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, Anda juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal Anda.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022