fbpx

Mungkin kata “jamblang” masih terdengar asing di telinga sebagian orang karena buah ini tidak dijual luas di pasaran. Padahal, bila dikonsumsi, buah yang sekilas mirip anggur ini dapat memberi banyak khasiat seperti mendukung kesehatan mulut. Penasaran dengan manfaat buah jamblang lainnya? Simak lebih jauh di artikel kali ini.

Kandungan Gizi Buah Jamblang

Buah jamblang memiliki paduan rasa yang manis, asam, dan sepat. Buah ini memiliki biji yang keras dan sebaiknya tidak ikut dimakan. Kekhasan buah ini cukup dikenal di negara aslinya, India. Di sini pula jamblang digunakan sebagai pengobatan Ayurveda untuk mengatasi beragam penyakit.

Kandungan nutrisi buah jamblang cukup bervariasi. Buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C, asam folat, kalium, zinc, dan masih banyak lagi. Dalam sajian 140 gram buah jamblang menawarkan beragam nutrisi berikut:

  • Energi:
80 kalori
  • Karbohidrat:
14 gram
  • Lemak: 
0 gram
1 gram
  • Serat:
1 gram
  • Kalium: 
79 gram
  • Vitamin C
45% dari angka kecukupan gizi (AKG)

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

1. Untuk Kesehatan Jantung

Buah jamblang menyimpan banyak kadar kalium. Hal ini juga yang membuatnya sangat menguntungkan untuk menghindarkan jantung dari berbagai penyakit. Konsumsi jamblang secara rutin dapat mencegah pengerasan di pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebabkan aterosklerosis (penyempitan pembuluh arteri karena adanya lemak).

Kegunaan jamblang lainnya ialah dapat menurunkan berbagai gejala tekanan darah tinggi. Dengan menyeimbangkan tekanan darah, jamblang dapat mengontrol hipertensi dan mencegah stroke serta gagal jantung. Sajian 100 gram jamblang mengandung 79 mg kalium. Ini membuat buah ini layak dijadikan makanan untuk melawan tekanan darah tinggi.

2. Berguna untuk Menurunkan Berat Badan

Dengan rendahnya kalori dan tingginya serat, buah jamblang jadi buah yang ideal guna mendukung penurunan berat badan. Buah ini dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan meminimalkan air berlebih sekaligus menaikkan metabolisme tubuh. Jadi, buah ini akan memuaskan rasa lapar dan meredakan rasa lapar sekaligus.

3. Merawat Kebersihan Mulut

Daun kering dan bubuk dari buah jamblang banyak digunakan sebagai bahan anti-bakteri. Bagian ini diaplikasikan sebagai bubuk gigi yang ditujukan untuk memperkuat gigi dan gusi.

Buah dan daun jamblang menyimpan sifat astringent. Ini membuatnya sangat efektif melawan masalah tenggorokan serta menyingkirkan bau tak sedap di mulut. Selain itu, rebusan dari kulit pohonnya dapat digunakan untuk obat kumur yang bila digunakan secara rutin akan menghindarkan dari sariawan dan radang gigi.

4. Memungkinkan Dalam Pencegahan Kanker

Manfaat buah jamblang lainnya terletak pada kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini pula yang membuatnya dikenal sebagai herba anti-kanker. Antioksidan pada buah jamblang ini dapat mencegah kanker dengan mengikat sel radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker. Polifenol dan antosianin merupakan beberapa antioksidan kuat yang berada di dalam buah jamblang.

5. Berkhasiat untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah jamblang segar menyimpan banyak nutrisi yang diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Mineral berupa kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi merupakan beberapa nutrisi yang berguna bagi tulang. Mereka menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang.

Bila seseorang rendah asupan kalsiumnya, ia bisa lebih rentan terkena penyakit tulang yang juga sering menyerang orang lanjut usia. Penyakit tulang tersebut di antaranya adalah radang sendi dan osteoporosis.

Selain lansia yang rentan dengan kondisi tulang, para wanita pun disarankan mengonsumsi buah jamblang. Sebab, wanita lebih berpotensi mengalami penyakit kerapuhan tulang. Sebab, bentuk tulang mereka yang lebih kecil rentan mengalami kerusakan fondasi.

6. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Buah jamblang mengandung kadar zat besi dan vitamin C yang memadai untuk meningkatkan jumlah hemoglobin di pembuluh darah. Protein ini berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam darah dan membawanya ke seluruh tubuh.

Zat besi pada buah jamblang juga berperan sebagai agen pembersih darah. Karena fungsi ini pula, buah jamblang berkhasiat untuk kulit dan kecantikan. Selain itu, komponen zat besi bisa digunakan juga untuk wanita yang mengalami kehilangan darah akibat menstruasi. Para penderita anemia dan penyakit kuning bisa mengambil keuntungan dari zat besi dengan mengonsumsi buah jamblang.

7. Meredakan Sakit Kepala

manfaat-buah-jamblang

Selain dikenal sebagai herba anti-kanker, buah jamblang juga dapat dipakai untuk mengobati sakit kepala. Zat astringent yang terdapat di buah jamblang memiliki kemampuan untuk memulihkan sakit kepala dengan tingkat rasa sakit yang beragam. Karena ini pula, buah jamblang sering direkomendasikan untuk disantap para pengidap sakit kepala.

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah jamblang tergolong sebagai buah yang banyak kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya. Kelebihan buah jamblang ini dapat membantu stimulasi produksi sel darah putih di tubuh. Seperti yang kita ketahui, sel darah putih berguna untuk meningkatkan sistem imun.

Berdasarkan jurnal Food Research International, buah jamblang aktif bekerja lewat sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus yang dimilikinya. Berbagai sifat tersebut dapat memelihara tubuh dari berbagai penyakit.

9. Baik untuk Perawatan Kulit

Menurut data jurnal Food Chemistry, makanan yang level antioksidannya tinggi dapat membantu merawat kulit dari berbagai penyakit. Antioksidan buah jamblang juga dilengkapi vitamin A dan vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi reaksi stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas yang tidak terkontrol.

Selain itu, berbagai nutrisi di atas juga dapat menurunkan tingkat peradangan yang bisa menimbulkan beberapa masalah pada kulit.

10. Mengobati Maag dan Diare

Daun buah jamblang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah terkait pencernaan. Dengan mengunyah dan memakan daun jamblang, kondisi pencernaan seperti diare dan maag dapat diredakan. Tradisi pengobatan Ayurveda pun menggunakannya untuk mencegah penyakit liver, seperti nekrosis (matinya jaringan akibat sedikitnya darah yang mengalir) dan fibrosis (banyaknya luka di jaringan liver).

Adanya zat biokimia dan fitokimia seperti polifenol membuat buah jamblang memiliki sifat anti-kanker. Buah ini pun dapat mengatasi kondisi keasaman di pencernaan dengan memadukannya bersama bubuk jintan panggang dan garam hitam.

11. Mengobati Sakit Tenggorokan dan Batuk

Vitamin C pada buah jamblang memang memiliki banyak manfaat. Keunggulan lainnya dari nutrisi ini adalah untuk merawat sakit tenggorokan dan mencegah batuk dan demam yang berat. Vitamin C juga membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka dan mencegah infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk. Nutrisi ini juga berperan sebagai anti-histamin yang dikenal dapat memulihkan reaksi alergi yang menghindarkan tubuh dari demam.

12. Mengontrol Diabetes

Karena kandungan gula yang rendah, buah jamblang memiliki indeks glikemik yang rendah pula. Indeks ini mengindikasikan sedikitnya pengaruh buah jamblang terhadap gula darah di tubuh. Dengan kata lain, buah ini jadi makanan yang ramah bagi penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Buah jamblang yang rendah indeks glikemiknya ini akan mempertahankan kadar gula darah sembari memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat ini juga ada karena keberadaan asam oleat di buah jamblang yang dikenal memiliki sifat anti-diabetes.

Asam oleat dapat meningkatkan respon insulin dan berbagai reaksi lain yang berguna untuk menurunkan gula darah lewat proses pengubahan glukosa ke bentuk energi. Buah ini juga mencegah komplikasi diabetes dengan mengurangi proses penumpukan gula dan lemak di dalam darah. Asupan buah jamblang yang rutin juga dipercaya dapat mengurangi gejala diabetes seperti kelebihan buang air kecil.

Itulah berbagai manfaat buah jamblang yang perlu kamu ketahui. Buah jamblang yang menyimpan banyak nutrisi tentunya bisa menjadi opsi cemilan atau tambahan menu makan harian yang baik untuk kesehatan kamu.

Baca juga:

11 Cara Alami yang Ampuh Mengobati Sariawan

Rahasia Sendi Kuat Sampai Kakek-Nenek

Bisa Menimbulkan Komplikasi, Cegah Anemia Sekarang Juga!

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen lainnya sesuai kebutuhan personalmu.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Specialty Produce. n.d. Jamun.

Myfitnesspal. n.d. Jamun – Fruit.

Sowmya B. 2020. Atherosclerosis – Causes, Symptoms And Treatment.

Soumita B. 2020. Jamun: Medicinal Uses, Therapeutic Benefits For Skin, Diabetes And Supplements.

Pramod K. 2018. 20 Amazing Health Benefits of Java Plum or Jamun.

Ego S. 2002. Pathogenesis of bone fragility in women and men.

John S. 2020. 6 Best Benefits Of Jamun.

Narendro D. 2014. Amazing Health Benefits and Uses of Jamun Fruit (Black Plum).

MedlinePlus. n.d. Necrosis.

Jesse M.C. 2019. Fibrosis of the Liver.

DrHealthBenefits. n.d. 17 Proven Health Benefits of Jamun Fruit (No.2 Super).

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan Sehat   26/02/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

Makanan Sehat   24/02/2021
obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup Sehat   24/02/2021
7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Makanan Sehat   22/02/2021

Brands