fbpx

Kesemek, buah seperti tomat dengan warna jingga cerah ini memiliki rasa yang manis namun begitu pahit saat masih belum matang. Buah asli Tiongkok ini pun menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah kesemek yang perlu kamu ketahui.

Kandungan Gizi Buah Kesemek

Rasa pahit yang muncul saat buah kesemek belum matang berasal dari kandungan tanin yang ternyata juga menyimpan banyak manfaat. Selain itu, buah kesemek juga memiliki jumlah vitamin yang besar, khususnya vitamin A dan vitamin C

Dilansir dari Healthline, dalam satu buah kesemek dengan berat 168 gram, terkandung sebagian nutrisi berikut:

              • Energi: 118 kalori
  • Karbohidrat: 31 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Serat: 6 gram
  • Vitamin A: 55% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin C: 22% dari AKG
  • Vitamin E: 6% dari AKG

Manfaat Buah Kesemek yang Baik Bagi Kesehatan

1. Sumber Antioksidan yang Besar

Buah kesemek mengandung beberapa senyawa tanaman bermanfaat dengan sifat antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan cara menangkal stres oksidatif. 

Stres oksidatif merupakan sebuah reaksi yang muncul akibat molekul berbahaya bernama radikal bebas yang tidak stabil. Ia juga dihubungkan dengan penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan kondisi neurologis seperti Alzheimer. Karenanya, konsumsi buah kesemek sangat baik karena besarnya antioksidan di dalamnya.

Kulit dan daging kesemek begitu tinggi kadar flavonoidnya. Antioksidan yang kuat ini sering dikaitkan dengan penurunan tingkat penyakit jantung, penurunan fungsi mental karena usia, dan kanker paru-paru. 

Selain itu ada pula antioksidan karotenoid seperti beta karoten yang umum ditemukan pada buah dan sayur berwarna cerah. Studi menyebutkan bila pola makan yang mengandung beta karoten dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker usus, dan penyakit metabolisme.

Studi lainnya juga menerangkan pengujian kelompok orang yang mengonsumsi asupan beta karoten. Hasil dari studi tersebut menunjukkan adanya penurunan yang signifikan terhadap risiko berkembangnya diabetes tipe 2.

2. Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi karena pola makan yang kurang benar dan minimnya perhatian seseorang dalam mengontrol makanan apa yang masuk ke tubuhnya. Untuk itu, Anda bisa mulai memerhatikan dan memilah nutrisi apa yang terdapat di menu makanan Anda. Buah kesemek pun jadi salah satu pangan yang bisa mencegah banyak jenis penyakit jantung. 

Kandungan nutrisi di dalam buah kesemek tidaklah main-main. Ia menyimpan beberapa antioksidan flavonoid, termasuk di antaranya quercetin dan kaempferol. Menutrisi tubuh melalui makanan kaya flavonoid akan mengurangi risiko penyakit jantung, berdasarkan beberapa studi.

Salah satu studi memperlihatkannya pada kelompok orang dengan asupan flavonoid. Mereka yang diberi flavonoid memperoleh angka kematian 18% lebih sedikit terkait masalah jantung dibandingkan mereka yang tidak diberi flavonoid.

Menu santapan yang disisipi makanan dengan flavonoid yang tinggi seperti kesemek juga bisa mendukung kesehatan jantung. Dalam hal ini, flavonoid bekerja dengan memperkecil tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat LDL, dan menurunkan peradangan.

Tanin yang menimbulkan rasa pahit yang pada kesemek yang belum matang juga punya peran dalam menyehatkan jantung. Zat ini juga punya kemampuan dalam menurunkan tekanan darah.

Studi akan manfaat tanin juga pernah dilakukan pada beberapa sampel hewan. Sebagian sampel diberi bentuk spesifik dari tanin, yaitu asam tanat, dan senyawa lainnya, asam galat. Keduanya dapat ditemukan di buah kesemek. Dari studi tersebut diketahui bahwa senyawa-senyawa tersebut efektif dalam mengurangi tekanan darah yang jadi faktor pemicu serangan jantung.

3. Menunjang Kesehatan Mata

Manfaat buah kesemek lainnya bisa ditemui lewat kandungan vitamin A dan antioksidan di dalamnya yang penting dalam mendukung kesehatan mata. Nyatanya, satu buah kesemek dengan berat 168 gram sudah bisa memenuhi setengah kebutuhan vitamin A harian.

Vitamin A berperan dalam memperkuat membran konjungtiva (membran pelindung permukaan depan dan dalam kelopak mata). Selain itu, vitamin A juga merupakan komponen penting dari rhodopsin. Protein ini diperlukan untuk membantu penglihatan bekerja dengan semestinya.

Buah kesemek juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan antioksidan karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Zat-zat tersebut juga terdapat di tingkat atas retina. Tingkat tersebut adalah lapisan jaringan yang sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang mata.

Dengan kandungan nutrisi zat di atas, kesemek jadi buah yang dapat mencegah mata dari beberapa penyakit, termasuk age-related macular degeneration (AMD). Penyakit mata tersebut berdampak pada penurunan fungsi retina dan bisa berujung pada kebutaan.

4. Dapat Mengurangi Risiko Osteoporosis

Selain buahnya, daun kesemek juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Senyawa tanaman di dalamnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sebuah penelitian pernah mempelajari khasiat daun tersebut pada kesehatan tulang. 

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa polisakarida di daun kesemek menghambat ekspresi genetik dari osteoklas sebagai sel yang bertanggung jawab saat tulang mengalami kerusakan. 

Penelitian ini juga menyimpulkan adanya potensi daun kesemek dalam mencegah osteoporosis pasca-menopause serta periodontitis (penyakit gusi) dan artritis reumatoid (kelainan peradangan yang efeknya lebih dari sekedar nyeri sendi).

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah kesemek mengandung senyawa alami bernama fisetin. Senyawa ini merupakan antioksidan yang memiliki beberapa manfaat bagi otak. Fisetin dapat menaikkan kemampuan menyimpan memori jangka panjang, mencegah disfungsi saraf, dan melindungi otak dari penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. 

Ada pula temuan yang menyebutkan bila fisetin dapat menurunkan kerusakan otak yang disebabkan stroke iskemik. Ini merupakan salah satu tipe stroke yang dipicu sumbatan di pembuluh arteri yang mensuplai oksigen ke otak. Alhasil, otak yang kekurangan oksigen bisa membuat sel otak rusak atau mati.

Selain itu, fisetin juga dapat meningkatkan kadar serotonin (senyawa kebahagiaan) di otak. Dengan kata lain, fisetin dapat menimbulkan efek anti-depresan.

6. Memiliki Sifat Anti-bakteri

manfaat-buah-kesemek

Tanin yang terdapat di buah kesemek memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus. Sifat tanin pada buah kesemek ini terbilang lebih kuat dibandingkan tanin yang ada di tanaman akasia dan teh hijau. 

Ada pula senyawa organik katekol di dalam buah kesemek. senyawa tersebut memiliki efek melawan bakteri E. coli dan C. difficile. Selain itu, kesemek juga bisa menghambat perkembangan bakteri di mulut dan mencegah kerusakan gigi. Kesemek juga berfungsi dalam meningkatkan kesehatan dan kebersihan mulut secara menyeluruh.

7. Membantu Penanganan Diabetes

Buah kesemek telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi tingkat glukosa darah. Kesemek juga berperan dalam mengurangi masalah komplikasi diabetes lewat peran antioksidan yang banyak terdapat di dalamnya.

Zat tanaman fitokimia pada buah dan daun kesemek dapat menghambat enzim yang mengubah karbohidrat menjadi gula. Dengan demikian, masukan gula sederhana dalam darah bisa ditekan sehingga membantu pengaturan tingkat gula darah. 

8. Sifat Anti-kanker

Beberapa studi juga menerangkan bila buah kesemek merupakan agen terapis alami yang sangat efektif melawan sel kanker. Ini disebabkan banyaknya fitokimia di buahnya. Zat inilah yang memperlambat perkembangan kanker, membunuh sel penyebab kanker, dan mencegah penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya. 

9. Baik untuk Ibu Hamil

Buah kesemek memiliki beberapa keuntungan yang bagus untuk ibu hamil. Kalsium dan fosfor yang dimiliki kesemek dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi yang belum lahir. Buah ini juga memperlancar fungsi sistem saraf pusat bayi dan kardiovaskular ibu semasa hamil.

Selain itu, kesemek juga efektif dalam mengatasi hipertensi selama kehamilan. Magnesium yang berada di dalamnya dapat menurunkan tekanan darah. Vitamin C pada buah kesemek pun bisa melawan insomnia dan meredakan rasa stres, depresi, dan gelisah.

10. Dapat Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Kandungan beta karoten pada kesemek terlihat dari warna buahnya yang terang. Beta karoten yang melimpah tersebut memiliki keterkaitan dengan rendahnya risiko kanker prostat sehingga buah ini sangat bagus untuk pria.  

Menurut laporan riset Boston di jurnal Cancer. Pria dengan tingkat darah yang rendah beta karoten mengalami penurunan risiko kanker prostat setelah mengonsumsi suplemen beta karoten. Kemungkinan tersebut meningkat hingga 32 persen. 

Meski begitu penelitian antara hubungan buah kesemek dan kanker prostat masih perlu diteliti lebih jauh lagi.

Setelah mengetahui apa saja manfaat buah kesemek, kamu pun bisa memasukkan buah manis ini sebagai alternatif makanan sehat untuk pemenuhan nutrisi harian yang penting. Apalagi kamu bisa memperoleh banyak manfaat vitamin dari buah yang mungil tersebut.

Baca juga:

Ini Dia 6 Macam Buah yang Baik untuk Jantung Anda

12 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

10 Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Kesehatan Mata

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Jillian K. 2018. Top 7 Health and Nutrition Benefits of Persimmon.

Mayo Clinic. 2020. Periodontitis.

Mayo Clinic. 2019. Rheumatoid arthritis.

Seunggu H. 2018. Everything You Should Know About Ischemic Stroke.

Malia F. 2020. Persimmon Nutrition Facts and Health Benefits.

Sneha S.S. 2017. Health Benefits of Persimmon Fruit.

Manjiri K. 2019. Is It Safe To Eat Persimmons During Pregnancy?

Berkeley Wellness. 2015. Persimmons: Rich, Spicy, and Sweet.

McKeown L.A. 1999. Beta-Carotene Can Cut Risk of Prostate Cancer.

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan Sehat   26/02/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

Makanan Sehat   24/02/2021
obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup Sehat   24/02/2021
7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Makanan Sehat   22/02/2021

Brands