fbpx

Pare sering kita temukan dalam campuran olahan siomay. Buah sayur ini terkenal karena rasanya yang pahit dan bentuk uniknya dengan totol-totol di sekujur buahnya. Namun, banyaknya manfaat buah pare jadi alasan lainnya kenapa ia tak jarang konsumsi.

Kandungan Gizi Buah Pare

Buah pare mengandung vitamin C yang luar biasa banyak, selain itu juga terdapat vitamin A, folat, dan beragam mineral lainnya. Semua nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan jumlah kalori yang sedikit.

Dalam satu takaran mangkuk sekitar 94 gram, pare mengandung:

    • Energi: 20 kalori
    • Karbohidrat: 4 gram
    • Serat: 2 gram
    • Vitamin C: 93% dari asupan kecukupan gizi (AKG)
    • Vitamin A: 44% dari AKG
    • Folat: 17% dari AKG
    • Kalium: 8% dari AKG

Manfaat Buah Pare yang Baik untuk Kesehatan

  • Pengobatan Terkait Diabetes

Berkat khasiat kesehatannya yang hebat, pare sering digunakan sebagai sumber obat tradisional untuk perawatan terkait diabetes.

Pada beberapa tahun belakangan, banyak studi yang membuktikan peran pare dalam mengontrol gula darah. Salah satu tes dengan sampel orang dewasa pengidap diabetes menunjukkan 2.000 mg pare per hari bisa mengurangi gula darah dan hemoglobin A1c yang merupakan tes pengukuran kontrol gula darah selama 3 bulan.

Riset lainnya yang diujikan pada pengidap diabetes menemukan adanya penurunan sedang pada tingkat gula darah ketika mengonsumsi takaran pare yang sama selama 4 minggu.

Pare juga diyakini dapat meningkatkan cara gula diaplikasikan dalam jaringan dan mendukung pelepasan insulin. Insulin merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur tingkat gula darah.

Pare juga menekan serapan glukosa di dalam usus dan meningkatkan penggunaannya di otot. Ekstrak pare pun dapat melindungi sel pankreas dari sel serta senyawa pemicu inflamasi.

Bulir buah, biji, dan ekstrak dari semua bagian pare diketahui memiliki efek mirip insulin. Bahkan, beberapa senyawa seperit saponin, alkaloid, dan polifenol di dalam pare memiliki peran penting dalam peningkatan toleransi insulin dan penyerapan glukosa.

  • Memiliki Sifat Anti-Kanker

Pare mengandung senyawa tertentu yang menyimpan ciri melawan kanker. Seperti yang ditunjukkan pada riset ekstrak pare. Dari riset tersebut, ekstrak pare dinilai efektif dalam membunuh sel kanker perut, usus, paru-paru, dan nasofaring, bagian di belakang hidung dan belakang tenggorokan.

Studi lainnya menunjukkan temuan yang sama. Hasil studi itu melaporkan kalau estrak pare bisa menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara sekaligus terlibat dalam pembasmian sel kanker.

  • Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan plak lemak yang berkumpul di pembuluh arteri. Kondisi ini akan memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras. Hal ini berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit jantung.

Beberapa penelitian menemukan kalau pare dapat menurunkan tingkat kolesterol dan mendukung kesehatan jantung secara menyeluruh.

Penelitian lainnya pada sampel tikus dengan pola makan tinggi kolesterol mengalami penurunan signifikan pada total kolesterol jahat LDL dan trigliserida setelah diberikan ekstrak pare. Studi lainnya juga menunjukkan kalau sampel tikus yang diberi ekstrak pare memperoleh penurunan tingkat kolesterol.

  • Mendukung Penurunan Berat Badan

Pare merupakan makanan yang bagus untuk dijadikan menu penurun berat badan. Hal ini berkat kalorinya yang rendah dan serat yang tinggi. Nutrisi serat masuk melalui saluran pencernaan secara perlahan.

Ciri serat di atas bisa membuat kenyang dalam waktu lama dan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. Karenanya, pare menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Beberapa riset juga menunjukkan kalau pare memiliki efek yang menguntungkan untuk pembakaran lemak selain hubungannya dengan berat yang turun.

Hal tersebut didukung sebuah studi yang menyatakan kalau konsumsi kapsul ekstrak pare sebesar 4,8 gram per hari dapat mengecilkan lemak perut secara signifikan. Para partisipan mengalami penurunan berat 0,5 inci dari lingkar pinggang mereka selama tujuh minggu.

  • Melindungi Fungsi Penglihatan

Jumlah vitamin A yang besar di dalam pare dapat membantu mencegah penyakit mata, seperti age-related macular degeneration (AMD). Kondisi ini terjadi saat bagian tengah mata menjadi buram dan menyulitkan aktivitas seperti membaca dan mengemudi.

Pare juga menyimpan lutein dan zeaxanthin yang berkumpul di retina mata. Tipe vitamin ini pun akan menyediakan perlindungan terarah melawan kerusakan oksidatif. Tambahan vitamin E dan vitamin C juga berhubungan dengan pencegahan penyakit AMD.

  • Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat buah pare lainnya terletak pada potensi peranannya terhadap kesehatan di bagian kardiovaskular. Tak sedikit studi yang menyebutkan kalau ekstrak pare memiliki kemampuan dalam menekan tingkat kolesterol dengan menaikkan pengeluaran kolesterol melalui asam empedu.

  • Menurunkan Obesitas Perut

Meski tak banyak studi pare dengan sampel manusia, terdapat bukti menjanjikan yang menyimpulkan kemampuan pare dalam menurunkan penyimpanan lemak visceral (lemak yang tersimpan di rongga perut).

Suplemen pare juga menunjukkan penurunan pada pada proliferasi sel lemak. Ini berarti pare dapat mengatur gen yang terkait dengan munculnya sel-sel adiposa (sel lemak).

  • Merawat Kesehatan Hati

Buah pare menyimpan ciri hepatoprotective yang menghindari organ hati dari kerusakan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan pare terlibat sebagai penawar obesitas, diabetes, makanan dengan lemak tinggi, hingga alkohol.

Masalah kesehatan tersebut bisa mengarah pada perkembangan hati berlemak. Selain itu, pare juga dapat menekan inflamasi dan radikal bebas yang dapat memperburuk kerusakan hati.

Konsumsi pare tentunya dapat mengontrol kerusakan oksidatif. Ini dikarenakan kelebihan pare dalam memblokade penimbunan lemak dan mekanisme peroksidasi lipid. Reaksi ini memperlambat matinya sel penyebab inflamasi yang merugikan hati.

  • Meredakan Sembelit dan Wasir

Pare memiliki keunggulan lainnya dalam menenangkan pergerakan usus. Ia telah terbukti efektif dalam bekerja sebagai pencahar dan stimulus pencernaan. Pengidap wasir menunjukkan tanda peningkatan setelah diberi ekstrak daun pare.

Buah sayuran tropis yang satu ini juga dapat merangsang sel usus untuk mengeluarkan lebih banyak jus pencernaan. Rangsangan ini dapat mempermudah usus dalam mencerna makanan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Pencernaan yang efektif akan menghasilkan pergerakan usus yang teratur. Dengan mencegah sembelit, pare meredakan tekanan pada pembuluh darah di dalam wasir.

  • Merawat Permasalahan Kulit

Tanaman keluarga labu ini punya sifat anti-inflamasi yang baik. Ia dapat mengobati berbagai masalah kulit, seperti eksim, ruam, kusta, psoriasis (bercak merah), luka, dan borok.

Khasiat pare untuk menyembuhkan luka bahkan telah diaplikasikan pribumi Afrika dan Asia. Mereka menggunakan pasta oles yang terbuat dari tumbuhan pare untuk mengobati lecet dan luka.

Sebuah pengujian juga menunjukkan adanya efek penyembuhan krim kulit dengan ekstrak pare di luka sampel hewan. Sampel tersebut mengalami peningkatan dan percepatan dari pemulihan luka yang dimilikinya. Kulit pare juga punya potensi yang besar dalam mencegah kanker kulit.

  • Mencegah Infeksi Cacing

Infeksi cacing dapat mempengaruhi kesehatan manusia maupun hewan. Untungnya, ekstrak dari berbagai bagian pare menyimpan aktivitas antelmintik yang membunuh parasit cacing tersebut. Penelitian lainnya mengklaim adanya kandungan fitokimia yang terlibat dalam aktivitas tersebut.

Keberadaan senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan oligoglikosida sangat efektif dalam membasmi nematoda atau cacing. Senyawa tersebut dapat melumpuhkan dan mengganggu sistem saraf vaskular parasit pengganggu hingga membatasi hidup larva nematoda muda.

Banyak sekali bukan kelebihan yang dimiliki pare yang rasanya pahit ini? Setelah mengetahui manfaat buah pare, Anda mungkin bakal berpikir lagi untuk tidak menolak ketika disuguhkan makanan yang sarat nutrisi ini.

 

Baca juga:

4 Makanan Sehat yang Ramah Jantung dan Lambung

5 Makanan Camilan untuk Penderita Diabetes

5 Macam Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

 

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, Anda juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal Anda. Atau Anda dapat konsultasi dengan dokter online melalui aplikasi Lifepack.

 

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Rachael L. 2019. 6 Benefits of Bitter Melon (Bitter Gourd) and Its Extract.

Malia F. 2020. Bitter Melon Nutrition Facts and Health Benefits.

National Eye Insitute. 2020. Age-Related Macular Degeneration.

Kara R. n.d. Adipose cell.

Swathi H. 2019. What Are The Health Benefits of Bitter Melon (Bitter Gourd)?

Irma L. 2020. Psoriasis, Penyakit Pada Kulit yang Perlu Anda Waspadai.

Drugs.com. n.d. Anthelmintics.

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

obat-anemia

5 Obat Anemia Alami Untuk Cegah Kekurangan Darah

makanan-penyebab-pengentalan-darah

Makanan Penyebab Pengentalan Darah Yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Sehat   16/04/2021
Manfaat-mahkota-dewa

Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

makanan-penyebab-kembung

5 Makanan Penyebab Kembung di Perut

manfaat-mengkudu

Kenali Resiko Mengonsumsi Mengkudu Bagi Tubuh

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

obat-anemia

5 Obat Anemia Alami Untuk Cegah Kekurangan Darah

Makanan Sehat   21/04/2021
makanan-penyebab-pengentalan-darah

Makanan Penyebab Pengentalan Darah Yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Sehat   16/04/2021
Manfaat-mahkota-dewa

Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Makanan Sehat   16/04/2021
makanan-penyebab-kembung

5 Makanan Penyebab Kembung di Perut

Makanan Sehat   16/04/2021
manfaat-mengkudu

Kenali Resiko Mengonsumsi Mengkudu Bagi Tubuh

Makanan Sehat   12/04/2021

Brands